Mau Tau Cara Mengunci Aplikasi Android Pada Smartphone Samsung. 100% Work!

Sebagian dari kita pasti pernah merasakan ada seorang teman yang suka membuka dan memainkan hp kita dengan seenaknya. Seringkali merasa tidak nyaman karena ada beberapa aplikasi yang mengandung privasi yang tidak untuk diketahui oleh orang lain. Inilah yang membuat pentingnya mengetahui bagaimana cara mengunci aplikasi android yang bisa 100% berhasil. Dalam pembahasan kali ini, kita akan berfokus untuk membahas cara untuk mengunci aplikasi android pada smartphone samsung.

Penguncian semacam ini penting untuk mengamankan aplikasi milik kita sehingga privasi bisa lebih terjaga. Dengan mengunci seperti ini bisa membuat kita lebih tenang ketika smartphone sedang dipinjam oleh orang lain. Kita bisa memilih aplikasi mana saja yang ingin di kunci karena merupakan privasi.

Terdapat dua cara yang bisa di gunakan untuk mengunci aplikasi android pada smartphone samsung. Bisa menggunakan bawaan dari Samsung itu sendiri dan juga pihak ketiga yang bisa di install melalui playstore untuk mengamankan aplikasi. Untuk mengetahui caranya, langsung saja mari simak pembahasannya berikut ini. Simak selengkapnya!

Mengunci Aplikasi Android Samsung Dengan Aplikasi Bawaan

Cara untuk mengamankan aplikasi android pada smartphone samsung yang pertama adalah dengan menggunakan fitur bawaan. Biasanya sudah terinstal pada setiap smartphone Samsung. Namanya adalah Secure Folder atau dalam bahasa Indonesia nya memiliki nama Folder Aman.

Folder Aman ini bekerja dengan cara menciptakan ruang penyimpanan baru yang tidak berhubungan dengan aplikasi utama. Jadi, Secure Folder akan menduplikasikan aplikasi utama dan menambahkan pengamanan setiap kali kita ingin mengakses. Ia memiliki cara kerja yang mirip dengan aplikasi untuk melakukan kloning namun dilengkapi dengan tambahan fitur pengamanan.

Hal ini memang tidak sepenuhnya mengunci aplikasi utama. Namun, kita tetap bisa menggunakan fitur yang satu ini untuk mengamankan yang lainnya sekiranya benar-benar tidak ingin orang-orang mengetahuinya. Langsung saja, berikut caranya!

1. Mengaktifkan Fitur Secure Folder

Mengaktifkan Fitur Secure

Cara pertama untuk mengunci aplikasi android pada samsung dengan Secure Folder adalah mengaktifkan fitur tersebut. Karena merupakan bawaan, maka kita bisa mengaksesnya melalui menu bar pada Samsung. Perhatikan pada bagian Folder Aman pada gambar di atas. Melalui fitur tersebutlah kita bisa mengaktifkan fitur yang satu ini.

Langsung saja menekan icon Folder Aman tersebut. Setelah itu, kita sudah berhasil mengaktifkan fitur tersebut.

Mengaktifkan Fitur Secure Folder

Setelah fitur tersebut aktif, maka icon Folder Aman akan terlihat pada daftar menu di smartphone Samsung. Icon tersebut biasanya berwarna biru dengan tulisan Folder Aman atau Secure Folder di bawahnya.

Sebelum masuk ke Folder Aman tersebut, kita perlu masuk ke settingan dari Folder Aman ini. Caranya cukup tekan dan tahan pada icon Folder Aman yang ada pada bar menu di gambar yang sebelum dari gambar di atas ini.

2. Mengatur Settingan Folder Aman

Mengatur Settingan Secure Folder

Setelah menekan dan tahan pada ikon folder aman di bar menu, kita akan melihat tampilan seperti pada gambar di atas. Pada tampilan tersebut, terdapat beberapa menu yang bisa di pilih. Nah, cara berikutnya adalah mengatur pengaturan yang ada di menu itu.

Pertama untuk menu tipe kunci, kita bisa memilih tipe kunci apa yang ingin di gunakan untuk mengamankan aplikasi tersebut. Jadi, nantinya kita harus memasukkan kunci tersebut ketika ingin mengakses Secure Folder sebelum menggunakan aplikasi yang ada di dalamnya.

Di bawahnya terdapat pengaturan untuk menentukan apakah Secure Folder milik kita akan terkunci setiap kali kondisi seperti apa. Terdapat opsi untuk mengunci Folder Aman segera setelah kita tutup, ada juga saat layar di matikan, saat melakukan mulai ulang, dan juga ada pilihan mengunci setelah beberapa menit. Ini membuat Secure Folder akan terkunci dengan sendirinya sesuai dengan pilihan yang kita inginkan.

Kemudian pada baris ketiga terdapat pengaturan untuk mengatur notifikasi. Bisa diatur apakah ingin menampilkan semua notifikasi yang muncul dari Secure Folder atau tidak. Jika iya, maka notifikasi dari Secure Folder ini akan tampil pada notifikasi bar dari HP Samsung. Selain notifikasi, kita juga bisa mengatur data untuk ditampilkan melalui menu pengaturan yang satu ini.

Kita cukup memperhatikan ketiga pengaturan itu saja. Setelah itu, silahkan kembali ke menu di mana terdapat Folder Aman. Silahkan masuk ke Folder Aman tersebut dengan langsung mengklik saja layaknya membuka aplikasi seperti biasanya.

3. Membuka Folder Aman dan Menambahkan Aplikasi

Membuka Secure Folder

Setelah mengklik Folder Aman tersebut, akan terlihat tampilan seperti pada gambar di atas. Di sinilah kita akan menambahkan aplikasi yang kita inginkan. Perhatikan bagian atas di tampilan gambar di atas. Terdapat icon untuk Tambah. Nah, langkah yang berikutnya adalah dengan langsung masuk ke menu Tambah tersebut.

Menambahkan Aplikasi

Setelah menekan icon itu, kita akan mendapatkan tampilan seperti pada gambar di atas ini. Di sini, kita bisa menambahkan apa saja yang ingin kita tambahkan di Secure Folder. Dengan menambahkannya, maka aplikasi tersebut akan aman di dalam Secure Folder sehingga perlu memasukkan kunci yang sudah kita atur sebelumnya sebelum mengaksesnya.

Hal yang perlu kita perhatikan adalah sistem duplikasi atau kloning pada Secure Folder ini. Dengan sistem ini, maka aplikasi yang berada di Secure Folder akan terpisah dengan aplikasi utama. Ini juga membuat aplikasi utama tidak terkunci dan tetap bisa kita akses seperti biasanya. Namun, apapun yang ada di Secure Folder, akan membutuhkan kunci sebelum mengakses Secure Folder tersebut.

4. Menonaktifkan Secure Folder

Menonaktifkan Secure Folder

Terakhir, ini sebenarnya bukan termasuk cara mengunci aplikasi android di HP Samsung yang kita bahas pada artikel kali ini. Namun, cara ini berguna untuk menyembunyikan Folder Aman sehingga orang-orang tidak bisa melihat maupun mengaksesnya.

Untuk melakukannya, kita bisa langsung menuju ke bar menu tempat kita mengaktifkan Secure Folder sebelumnya. Pada bagian ini, kita tinggal menekan kembali saja ikon Folder Aman. Dengan begitu, ikon tersebut akan menjadi non aktif dan Folder Aman tidak bisa diakses baik oleh kita maupun orang lain.

Kunci Aplikasi Android Dengan Pihak Ketiga

Selain menggunakan bawaan, kita bisa juga mengamankannya dengan pihak ketiga. Kita bisa mendapatkannya melalui playstore. Dengan pihak ketiga ini, kita akan benar-benar memberikan kunci untuk aplikasi utama. Ini berbeda dengan cara kerja pada Secure Folder sebelumnya.

Beberapa contohnya adalah S Secure, DoMobile Lab, dan IVYMobile. Penggunaannya juga cukup sederhana, kita hanya perlu menginstall melalui playstore, kemudian memilih aplikasi yang ingin kita amankan. Selain itu, kita juga perlu mengatur kunci yang kita ingin gunakan untuk mengamankannya.

Sayangnya, penggunaan pihak ketiga ini terkadang tidak bisa berjalan di latar belakang dalam waktu yang lama. Ketika kita menggunakan smartphone dengan RAM yang pas-pas an, maka pihak ketiga semacam ini biasanya akan tertutup secara otomatis oleh sistem untuk meringankan beban kerja RAM.

Itulah Dia Cara Mengunci Aplikasi Android Di HP Samsung

Setelah mengetahuinya, sekarang tidak perlu khawatir lagi akan ada orang yang membuka aplikasi kita secara sembarangan. Kita bisa merasa lebih tenang ketika orang-orang memainkan HP kita. Selama mereka tidak mengetahui passwordnya, maka orang-orang itu tidak akan bisa membukanya.

Maka dari itu, penting untuk tetap menjaga dan tidak menyebarkan kunci yang kamu gunakan untuk mengamankan Smartphone mu. Dengan begitu, keamanan dari aplikasi mu bisa tetap terjaga sehingga bisa merasa aman dan tenang meskipun HP kita dimainkan oleh orang lain.

Leave a Comment