10 Aplikasi Kamera Mirip DSLR Untuk Android, Atur Exposure Sendiri

Fotografi merupakan salah satu bidang dengan banyak penggemar. Apakah kamu salah satunya? Sayangnya, hobi ini identik dengan biaya yang mahal. Gambaran tersebut muncul karena harga kamera Digital Single Lens Reflect (DSLR) harganya mencapai jutaan rupiah. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena saat ini smartphone yang kita gunakan sehari-hari bisa kita pakai seolah DSLR. Kamu hanya perlu menginstal aplikasi kamera mirip DSLR. Banyak aplikasi mirip DSLR di Android.

Kamera DSLR sendiri ialah kamera digital yang dalam menangkap suatu objek menggunakan sistem pencerminan. Kamera ini merupakan salah satu senjata fotografer profesional saat untuk menjepret sebuah foto yang apik. Mulai saat ini, kamu bisa mulai belajar fotografi. Berikut 10 rekomendasi aplikasinya.

Jika HP Anda android dan ingin memiliki hasil Foto kamera Blur, silahkan baca artikel ini 10 Aplikasi Kamera Blur Terbaik di Android, Hasil Mirip DSLR

1. Salah satu aplikasi kamera mirip DSLR terbaik: Camera Zoom FX

Camera Zoom FX

Aplikasi mirip DSLR di Android. pertama adalah Camera Zoom FX. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menghasilkan foto fokus meskipun mengambil foto dari objek bergerak. Tentu saja hal ini bisa terjadi karena Camera Zoom FX memiliki fitur shutter speed. Kamu tidak akan menghasilkan gambar blur meskipun sedang mengambil foto temanmu yang sedang melompat. Menarik bukan?

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga lengkap dengan fitur burst mode. Artinya kamu bisa mengambil banyak foto sekaligus dalam sekali tekan. Ini akan mempermudah pekerjaanmu. Hanya dengan sekali jepret, kamu bisa langsung menyeleksi mana hasil yang bagus dan sebaliknya. Apakah kamu tertarik dengan aplikasi ini?

2. ProCam X-Lite

ProCam X-Lite

Aplikasi selanjutnya adalah ProCam X-Lite. Dengan ini, kamu dapat mengatur berbagai hal secara manual seperti fokus, white balance, hingga shutter speed. Tentu ini akan menjadi pelajaran menarik untuk yang ingin belajar menjadi fotografer profesional. Terlebih tampilan antar muka yang sederhana akan membuatmu mudah beradaptasi dengan berbagai pengaturan terdapat di dalamnya.

Selain foto, ProCam X-Lite juga memberikan fasilitas untuk yang ingin merekam video dengan hasil maksimal. Melalui aplikasi kamera mirip DSLR ini, kamu bisa menghasilkan sebuah video dengan pilihan tiga resolusi, yaitu HD, FHD, dan UHD. Meskipun objek yang direkam merupakan gambar yang bergerak cepat, Procam X-Lite akan membantu menangkapnya dengan apik.

3. HD Camera Ultra

HD Camera Ultra

Rekomendasi ketiga adalah HD Camera Ultra. Meskipun tidak memiliki fitur sebanyak dua sebelumnya, aplikasi ini tetap bisa diandalkan. Tampilan antarmukanya sangat sederhana namun menghasilkan foto yang luar biasa apik dan mirip dengan hasil jepretan DSLR. Hasil fotonya merupakan foto dengan resolusi tinggi.

Salah satu fitur yang membanggakan dari HD Camera Ultra adalah macro lens. Sehingga dengan ini, kamu bisa mengambil foto sebuah objek dari jarak yang sangat dekat. Tentu saja dengan hasil yang detail dan jernih. Keberhasilan HD Camera Ultra dalam mengembangkan fitur ini telah mendapatkan pengakuan dari para penggunanya, kamu bisa mengeceknya langsung di PlayStore.

4. Cameringo

Cameringo

Cameringo juga harus kamu pertimbangkan ketika mencari aplikasi kamera mirip DSLR. Cameringo menawarkan sangat banyak fitur yang bisa dipakai saat mengambil gambar. Kamu bahkan bisa mengedit secara manual hasil foto yang baru saja diambil menggunakan aplikasi ini. Exposure, brightness, contrast, dan banyak lainnya bisa kamu atur sesuka mu.

Kamu pun tidak perlu khawatir dengan ketajaman hasil jepretanmu. Foto dengan resolusi tinggi akan kamu dapatkan saat menggunakan Cameringo. Tidak hanya foto, kamu juga bisa merekam video dengan berbagai filter dan efek menggunakan aplikasi ini. Cameringo memiliki dua versi, yaitu berbayar dan gratis. Perbedaannya hanya terletak pada jumlah efek dan filter yang bisa kamu pakai.

5. ProCapture

ProCapture

Aplikasi mirip DSLR di Android selanjutnya ialah ProCapture. Aplikasi yang sangat ringan ini, yaitu hanya 3.9 MB, memiliki berbagai fitur yang bisa diandalkan. Salah satunya adalah reduced noise yang akan membuat foto bersih dari segala distorsi visual seperti bercak atau butiran. Dengan aplikasi kamera mirip DSLR ini kamu juga bisa menggunakan burst mode dan panorama mode.

Berbagai mode pengambilan gambar tersebut di atas akan membuat pengalaman berbeda saat mengambil gambar. ProCapture juga memberikan beberapa efek warna bisa dengan bebas kamu pilih. Meskipun fiturnya terbilang sederhana, dengan kombinasi yang apik, maka kamu juga bisa menghasilkan foto yang menarik.

6. Aimera

Aimera

Berikutnya ada Aimera. Aplikasi ini terbilang sukses dengan kualitas antarmuka nya, sebab terlihat sederhana dan elegan. Menggunakan Aimera akan membuat hasil fotomu benar-benar seperti hasil jepretan DSLR. Sayangnya kamu tidak bisa mengatur secara manual segitiga exposure seperti ketika menggunakan kamera DSLR.

Akan tetapi, kamu akan menemukan ratusan efek dan filter siap pakai pada Aimera. Memilih efek yang pas dan cocok juga membutuhkan keahlian, lho. Selain itu, ada pula pilihan banyak stiker lucu yang dapat menghiasi foto mu. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang suka mengambil swafoto dan ingin hasil swafoto mu terlihat menawan.

7. Aplikasi mirip kamera DSLR: Manual Camera

Manual Camera

Rekomendasi ketujuh adalah aplikasi Manual Camera. Sesuai dengan namanya, dengan ini kamu harus mengatur banyak hal secara manual untuk mendapatkan foto sesuai dengan yang diinginkan. Menggunakan Manual Camera rasanya seperti menjadi seorang fotografer handal. Kamu harus secara cerdas mengatur exposure dan fokus agar mendapatkan hasil foto yang apik.

Manual Camera juga memungkinkan kamu untuk mengontrol white balance dan efek warna. Lebih dari itu, aplikasi kamera mirip DSLR ini juga menawarkan fitur pengambilan video dengan hasil resolusi yang tinggi. Bahkan kamu bisa membuat slow motion menggunakan aplikasi keluaran Lenses Inc. ini.

8. Camera FV-5 Lite

Sama seperti Manual Camera, Camera FV-5 Lite juga akan membuatmu secara mandiri mengeksplorasi pengaturan pengambilan gambar. Kamu harus menjalankan mode manual pada tiga settingan dasar yaitu ISO, shutter speed, dan aperture. Dengan pengaturan yang baik, kamu bisa mendapatkan kecerahan yang sesuai untuk gambar yang akan diambil. Mau mengunduh aplikasi kamera mirip DSLR di Android yang satu ini?

9. One S20 Camera

One S20 Camera

Tidak kalah dari aplikasi lainnya, One S20 Camera merupakan aplikasi kamera mirip DSLR yang perlu dicoba. Saat menggunakan aplikasi ini, kamu akan menemukan berbagai fitur menarik seperti pengaturan vignette, night scene, dan noise reduction. Untuk yang suka melakukan swafoto, One S20 Camera juga menyediakan beberapa fitur khusus untuk membuat wajahmu semakin terlihat menawan.

Dari sekian banyak fitur, salah satu fitur yang menarik adalah kamu bisa mengambil fokus pada suatu objek dan membuat latar belakangnya blur. Benar-benar seperti kamera DSLR kan? Di samping itu, filter dan efek siap pakai akan membuat foto mu terlihat lebih hidup. One S20 Camera juga memfasilitasi kamu jika ingin mengedit hasil foto, lengkap banget kan fiturnya?

10. Ini aplikasi mirip DSLR yang unik: Foodie

Foodie

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menggunakan konsep makanan dalam penggunaannya. Di dalam Foodie tersedia berbagai macam efek yang disebut “Resep”. Pada setiap resep tersebut kamu akan tahu apa saja bahan dan unsur yang digunakan. Dalam hal ini, brightness, saturation, shadows, dan sebagainya adalah bahan dan unsur yang dimaksud.

Kamu bisa tahu secara detil berapa masing-masing bahan digunakan untuk membuat satu resep tertentu. Setiap resep menghasilkan efek unik dan menarik. Tinggal memilih ingin menggunakan resep mana untuk foto yang akan diambil. Selain resep, ada juga filter bisa kamu atur sendiri kecerahannya. Fitur yang unik dan tampilan antarmuka sederhana membuat aplikasi ini berhasil menarik 10 juta orang lebih untuk mengunduhnya, lho

Kesimpulan

Demikian 10 aplikasi kamera mirip DSLR yang bisa kamu andalkan. Setiap aplikasi memiliki keunggulannya masing-masing, kamu hanya perlu memilih fitur apa saja yang memang kamu butuhkan. Sepuluh aplikasi di atas membuktikan bahwa hobi fotografi tidak harus selalu mahal. Jadi untuk yang ingin mulai menekuni bidang fotografi, bisa mulai belajar menggunakan aplikasi di atas. Hasilnya tidak kalah keren jika kamu kreatif. Yuk share artikel ini ke teman-teman kamu, semoga bermanfaat!

Leave a Comment