Ini Dia Cara Menginstal Printer Epson L120 Dengan Atau Tanpa CD Drive

Bagaimana cara menginstal printer epson l120? Untuk Anda yang terbiasa melakukan instal printer baru secara mandiri. Mungkin Anda sudah tidak asing dan dapat melakukannya dengan mudah.

Hal ini jelas berbeda bagi mereka yang termasuk orang awam. Sekalipun dalam printer tersebut telah disediakan buku panduan untuk memudahkan Anda dalam melakukan instalasi. Namun masih saja ada yang membutuhkan bantuan, karena kurang paham dengan penjelasan yang tersedia di dalamnya.

Untuk Anda yang merasakan hal tersebut. Tidak perlu khawatir, karena kali ini penulis akan sajikan beberapa tahapan langkah yang dapat Anda ikuti. Sehingga proses instal printer pun dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Pemasangan printer Epson L120 untuk pertama kali

Untuk Anda yang baru saja membeli jenis printer yang satu ini. Ada beberapa petunjuk sebaiknya Anda ikuti, di antaranya :

  • Buka setiap bagian dari isolasi yang mengikat beberapa area, sehingga printer dapat dipisahkan dan terurai dengan leluasa.
  • Buka terlebih dahulu botol tinta dan masukkan ke setiap botol sesuai dengan warnanya masing-masing.
  • Apabila semua botol tinta telah terisi dengan baik dan benar. Hal selanjutnya dapat Anda lakukan adalah menghubungkan kabel power pada colokan listrik, sehingga ia dapat berfungsi.
  • Setelah itu, nyalakan printer dengan menekan tombol power. Lakukan hal tersebut hingga lampu indikator menyala.
  • Kemudian tunggu hingga lampu indikator berhenti berkedip.
  • Lakukan pengisian tinta cartridge dengan menekan tombol tanda panah ke bagian bawah. Lakukan hal ini selama kurang lebih tiga detik. Setelah itu lepaskan.
  • Untuk mengisi cartridge tersebut, umumnya dibutuhkan waktu sekitar 20 menit. Hal ini umumnya ditandai dengan kondisi lampu indikator yang berhenti menyala dan juga berhenti bersuara.

Dengan mengikuti tahapan di atas, tentunya Anda telah mengikuti persiapan pertama dari cara menginstal printer epson l120 ke laptop. Karena itulah hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menginstal driver dari printer tersebut. Sehingga keberadaannya dapat dikenali oleh perangkat laptop atau komputer yang digunakan.

Cara Menginstal driver printer Epson L120

Apabila printer Epson yang Anda beli adalah produk baru. Tentunya di dalam paket printer tersebut akan disertai dengan cd pendukung. Cd tersebut berisi driver dan juga software pendukung lainnya untuk meningkatkan kinerja printer.

Akan tetapi, jika laptop atau bahkan komputer Anda miliki tidak disertai dengan perangkat cd room. Tentunya Anda pun bisa mendapatkannya dengan cara download driver printer epson l120 pada situs resminya.

Fungsi driver pada printer itu sendiri berkaitan dengan sistem pengenalan. Dalam hal ini keberadaannya ditujukan agar printer yang dihubungkan melalui kabel USB pada laptop atau komputer dapat saling terhubung. Sehingga setiap perintah yang diberikan dapat dibaca dengan baik olehnya.

Untuk Anda yang tidak memiliki cd room seperti yang telah disebutkan pada bagian di atas tadi. Tentunya Anda pun akan membutuhkan panduan atau cara menginstal printer epson l120 tanpa cd. Karena itulah, penulis akan mempermudahnya dengan menyajikan beberapa tahapan langkah yang dapat Anda ikuti berikut ini :

  • Masuklah pada bagian situs resmi dari printer Epson terlebih dahulu.
  • Setelah itu klik tab bagian unduh
  • Kemudian temukan sistem operasi windows yang sesuai dengan jenis komputer Anda gunakan.
  • Apabila telah selesai, lanjutkan dengan mengklik bagian atau tanda (+) yang tersedia pada driver.
  • Kemudian lanjutkan kembali dengan mengklik tombol unduh yang umumnya muncul di sebelah bagian kanan.

Setelah beberapa tahapan langkah tadi Anda ikuti, maka secara otomatis driver pun akan tersimpan pada laptop/ komputer Anda. Jika proses unduh telah selesai, hal selanjutnya dapat dilakukan adalah proses instalasi.

Proses instalasi driver printer Epson L120

Proses instalasi driver printer Epson L120

Untuk tahapan selanjutnya, hal yang perlu Anda lakukan adalah proses instalasi. Dalam hal ini, ada dua cara dapat dilakukan untuk memulainya.

Pertama yaitu cara menginstal printer epson l120 dengan cd dan yang kedua tentunya dilakukan tanpa cd. Perbedaan tersebut hanya terdapat pada ketersediaan driver printer saja. Karena itulah, jika Anda tidak menggunakan cd room, maka Anda dapat mengikuti cara download driver di atas.

Apabila hal tersebut telah dilakukan, barulah Anda dapat melakukan proses instalasi seperti halnya proses instalasi dengan menggunakan cd. Untuk tahapan instalasi itu sendiri, Anda dapat mengikuti tahapan berikut :

  • Pastikan bahwa di dalam cd telah tersedia driver yang Anda butuhkan. Jika tidak Anda dapat mendownloadnya terlebih dahulu.
  • Apabila driver printer telah tersedia, maka hal selanjutnya adalah Anda tinggal mengklik sebanyak 2 kali pada driver printer tersebut.
  • Setelah itu, ikutilah setiap petunjuk instalasi yang muncul pada layar laptop atau komputer Anda. Dalam hal ini, umumnya Anda dapat mengklik tombol next secara terus menerus hingga tampillah tombol finish.
  • Kemudian tunggulah selama beberapa saat. Hal ini dilakukan agar komputer atau laptop Anda dapat mengenali printer yang disambungkan.
  • Lakukan hal tersebut hingga selesai.

Setelah proses instalasi driver dilakukan dengan baik dan benar. Umumnya Anda akan menemukan icon printer yang tersedia di bagian pojok kanan bawah. Sedangkan statusnya itu sendiri umumnya online atau ready, sehingga ia siap untuk Anda gunakan.

Proses setting printer sebagai default

Bagian penting selanjutnya tidak boleh Anda lewatkan adalah melakukan setting printer pada laptop atau komputer sebagai default. Dengan demikian, setiap jenis aplikasi yang Anda gunakan dan membutuhkan proses printing akan secara otomatis terhubung dengan jenis printer tersebut. Sehingga ketika hendak mencetak berbagai macam dokumen dan lainnya pun, tentunya akan lebih mudah.

Untuk mengatur hal tersebut, Anda dapat melakukannya dengan mengikuti beberapa tahapan pangkah di bagian bawah ini :

  • Klik tombol start pada bagian ujung kanan bawah atau kiri atas dari laptop Anda
  • Setelah itu, pilih bagian menu Device And Printers
  • Kemudian klik kanan pada Epson L120
  • Lanjutkan dengan pilih set as default printer
  • Tahapan pun selesai dilakukan.

Kelebihan printer Epson L120

Kelebihan printer Epson L120

Setelah mengetahui bagaimana cara menginstal printer epson l120 di bagian atas tadi. Hal lainnya yang juga tidak boleh Anda lewatkan dari printer satu ini adalah berbagai keunggulan yang dimilikinya. Ingin tahu apa saja keunggulannya tersebut? Berikut penjelasannya :

  • Ukuran yang ringkas

Termasuk dalam salah satu jenis printer untuk kebutuhan rumahan. Tentunya menjadikan printer yang satu ini hadir dengan desain yang sangat menarik. Bahkan ia pun hadir dengan ukuran ringkas.

Dalam hal ini, ia memiliki ukuran tidak terlalu besar dan juga kecil. Sehingga cocok untuk para pengusaha rumahan. Namun jika Anda ingin menggunakannya di area perkantoran, ia juga menghadirkan desain dengan ukuran yang tepat.

  • Kecepatan cetak terbilang tinggi

Meskipun ukuran yang dimilikinya terkesan biasa saja. Namun jika dilihat dari segi kecepatan proses cetak. Tentunya printer yang satu ini tidak kalah dengan printer lainnya.

Untuk tinta hitam ia memiliki kecepatan hingga 8,5 IPM. Sedangkan untuk tinta warna kecepatannya pun berada pada angka 4,5 IPM. Dengan tingkat kecepatan tersebut, tentunya produktivitas Anda pun akan berjalan dengan lebih cepat.

  • Lebih hemat dan mudah diisi ulang

Dalam beberapa kasus, banyak printer yang hadir dengan kualitas tinggi. Namun untuk penggunaan tinta yang dimilikinya terbilang boros. Bahkan beberapa di antaranya ada yang sulit untuk melakukan proses isi ulang tinta.

Berbeda dengan jenis printer lainnya. Printer Epson ini jauh lebih hemat, begitu pun dengan proses pengisian tintanya yang jauh lebih mudah untuk dilakukan.

  • Jaminan kualitas

Banyak orang mengira bahwa printer dengan harga terjangkau tidak memiliki kualitas yang baik. Namun hal tersebut tentunya tidak berlaku bagi Epson L120 karena sekalipun harga printer epson l120 terbilang murah atau terjangkau. Ia justru tetap menghadirkan jaminan dengan kualitas tinggi.

Hal tersebut dibuktikan melalui hasil cetakan dokumen yang dimilikinya. Selain tampil dengan bagus, pilihan warnanya pun lebih beragam. Bahkan ia juga disertai dengan garansi toko yang telah disediakan selama 2 tahun, sehingga jaminan keamanan lebih terjaga.

Demikianlah kiranya informasi mendasar mengenai cara menginstal printer epson l120 yang dapat penulis jelaskan kali ini.

Leave a Comment