Ini Cara Menginstal Printer Epson L360 Mudah Dan Cepat

Printer menjadi salah satu jenis hardware yang bisa dengan mudah ditemukan dalam ruangan kerja. Perangkat ini memiliki fungsi utama untuk mencetak dokumen. Ada juga beberapa jenis dari printer yang dapat digunakan untuk memindai dokumen.

Tidak semua printer memiliki fungsi scan, namun Epson L360 memiliki kriteria untuk mencetak maupun memindai dokumen. Informasi berikut akan membahas mengenai cara menginstal printer Epson L360.

Spesifikasi Epson L360

Spesifikasi Epson L360

Epson dikenal sebagai produsen printer yang populer karena memiliki kualitas yang sangat baik, dan dikenal tahan lama dalam penggunaan. Epson L360 sendiri merupakan seri dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau, sesuai digunakan bagi yang memiliki budget terbatas.

Maka, bagi Anda yang sedang mencari printer multifungsi untuk menyelesaikan urusan pekerjaan, Anda bisa mempertimbangkan Epson L360, sebagai salah satu keluaran Epson yang direkomendasikan.

  1. Desain fisik

Printer Epson L360 dapat diletakkan pada ruangan yang cukup kecil karena bentuknya yang tidak terlalu besar dan memakan banyak tempat. Berat L360 ini adalah sekitar 4.4 Kg. Sementara ukurannya yaitu panjang 48 cm, tinggi 14.5 cm dan lebar 30 cm. Anda bisa meletakkannya di mana saja yang penting tempat tersebut cukup aman.

L360 sendiri memiliki warna hitam dan membuatnya cukup netral jika diletakkan pada jenis ruangan apa saja. Cover printer bagian atas cukup sederhana dengan sisi depan printer memiliki beberapa tombol perintah untuk menjalankan berbagai tugas utamanya.

Keempat tombol tersebut di antaranya adalah tombol power untuk menyalakan dan mematikan printer, tombol copy (hitam putih), tombol copy (warna), dan tombol stop untuk menghentikan proses operasi. Tombol keempat ini juga dapat digunakan untuk head cleaning pada printer dengan menekannya selama 3 detik.

Ada pula lampu pada bagian bawah tombol untuk melihat  status tinta. Pada bagian kanan printer terdapat tabung tinta dengan ukuran cukup besar untuk 4 jenis tinta (CMYK).

  1. Kinerja Print, Scan dan copy

Epson L360 ini memiliki standar kertas A4 dengan jumlah maksimal kertas yang bisa ditumpuk pada tray sekitar 80 lembar (80 gsm) dan 100 lembar (70 gsm) dalam sekali print. Untuk kertas foto, jumlah maksimal yang bisa ditumpuk adalah 20 lbr.

Tipe L360 ini menggunakan metode printing On-demand inkjet, yaitu hanya meneteskan tinta yang dikeluarkan dari kepala cetak jika diperlukan saja. Adapun printer juga bekerja dengan menggunakan bi-directional printing dan uni-directional printing.

Hasil cetakannya dikenal tajam dan jelas sehingga banyak orang menjatuhkan pilihan pada printer ini. Untuk resolusinya sekitar 5760 x 1440 dpi. Meskipun demikian, printer ini dikenal cukup hemat dalam urusan penggantian tinta, karena tidak cepat habis. Anda yang biasa bekerja mencetak dokumen dalam jumlah banyak tidak perlu khawatir urusan boros tinta.

Untuk urusan fotokopi dokumen, printer ini tidak hanya menyediakan hasil kopian hitam putih, namun juga yang berwarna. Sementara dokumen scan yang dihasilkan dapat menggunakan beberapa format, di antaranya adalah JPEG, TIFF, BMP, dan PDF.

Epson L360 memiliki scanner dengan area pindai maksimal adalah 216 x 297 mm. Area ini juga bisa digunakan untuk menyalin dokumen. Sensor pada scanner merupakan tipe scanner Flatbed Colour Image Scanner (CIS). Anda bisa dengan mudah memindai dokumen dengan media warna apa saja. Ketajaman scanner dapat mencapai 1200 dpi, dan scan dokumen warna berlangsung sekitar 33 detik. Sementara dokumen hitam putih memiliki kecepatan hingga 11 detik.

Pada proses copying, dokumen hitam putih memerlukan watu sekitar 5 detik saja, sedangkan dokumen warna bisa mencapai waktu 10 detik. Kelemahannya hanya dokumen copy hanya bisa dilakukan secara manual karena tingkat copy otomatis hanya 20 copy-an.

Cara menginstal printer Epson L360

Epson L360 dapat bekerja dalam perangkat yang memiliki sistem operasi Windows 7 hingga Windows 10. Sementara untuk sistem operasi di luar Windows adalah Mac, dengan seri Mac OS X keluaran terbaru. Tidak perlu khawatir soal urusan kompabilitas dengan sistem tertentu.

Setelah tahu spesifikasi dan fungsi dari printer L360. Anda kemudian perlu menginstalnya sebelum dapat digunakan. Bagaimana cara menginstal printer Epson L360?

  1. Siapkan printer driver

Setiap pembelian baru biasanya memiliki printer driver bawaan yang berbentuk CD. Cara install printer Epson L360 dengan CD hanyalah tinggal memasukkan ke dalam CD player pada laptop atau komputer dan membuka file driver.

Namun demikian, ada beberapa orang yang kehilangan printer driver mereka. Maka, cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengunduh printer driver pada situs web yang menyediakan printer driver untuk Epson L360.

Printer driver tersebut berbentuk software yang bisa Anda jalankan. Anda juga bisa mendapatkan Epson printer driver download pada situs resmi Epson. Cara ini tentu akan lebih menjamin keamanan perangkat Anda.

  1. Buka printer driver

Setelah Anda menyiapkan printer driver, langkah selanjutnya adalah dengan menjalankan driver tersebut pada komputer, laptop ataupun gawai yang ingin Anda sambungkan dengan printer Epson L360.

Buka software printer driver untuk Epson L360 dan pilih pengaturan default ataupun tidak. Pengaturan default adalah pengaturan bawaan dari manufakturnya. Sementara jika tidak, Anda bisa menyesuaikan berdasarkan keinginan Anda.

Centang pilihan tersebut dan lanjutkan pada tahap proses  instalasi.

  1. Pilih bahasa

Selanjutnya akan muncul pilihan Select Language, dimana Anda bisa memilih pengaturan bahasa yang diinginkan pada software tersebut. Biasanya tersedia berbagai macam bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Intinya, pilih bahasa yang Anda pahami dan sesuai dengan keinginan Anda. Jika sudah dipilih, kemudian klik OK.

  1. Setujui lisensi

Kemudian, pada jendela perangkat akan muncul License Agreement. License Agreement ini merupakan suatu lisensi produk sebagai dasar persetujuan dari pengguna bahwa software tersebut kemudian akan terinstal pada perangkat Anda.

Sebelum melakukan persetujuan Anda juga bisa membaca License Agreement tersebut untuk dapat mengetahui akses apa saja yang diperlukan untuk menjalankan printer.

Anda perlu menyetujuinya jika ingin menjalankan proses instalasi. Caranya adalah mengklik centang pada pilihan Agree. Setelahnya Anda perlu mengklik OK.

  1. Tunggu proses instalasi selesai

Anda perlu menunggu proses instalasi hingga selesai. Waktu tunggu proses instalasi biasanya adalah sekitar 15 menitan, bisa jadi lebih tergantung juga pada jenis dan memori perangkat yang Anda gunakan.

Setelah proses instalasi selesai, biasanya akan terdapat software driver pada halaman desktop ataupun home perangkat Anda.

  1. Sambungkan perangkat dengan printer

Selanjutnya, Anda dapat mengecek konektivitas perangkat dengan printer Epson L360 dengan menggunakan kabel USB printer yang tersedia. Nyalakan printer dan cek konfigurasi. Biasanya, akan terdapat message box yang menunjukkan kesuksesan proses konfigurasi.

  1. Lakukan pengetesan kerja printer

Lakukan pengetesan kerja printer

Setelah mengetahui cara menginstal printer Epson L360, Anda sudah dapat melakukan berbagai kegiatan menggunakan printer. Namun, sebelumnya Anda dianjurkan untuk melakukan uji coba kinerjanya, seperti mencetak, memfotokopi, atau memindai.

Anda bisa mencoba lakukan uji tersebut dan melihat apakah terdapat masalah pada printer dan juga sudah dapat digunakan dengan baik.

Perawatan Epson L360

Perawatan Epson L360

Perlu diperhatikan supaya printer Epson L360 Anda dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang, Anda perlu selalu menjaga kebersihannya juga. Anda bisa melakukan clean head supaya hasil cetak dokumen lebih jelas tanpa adanya smudge.

Anda juga perlu menggunakannya secara rutin, supaya kinerja mesin optimal. Printer yang jarang digunakan akan lebih mudah mengalami kerusakan karena tinta akan cepat kering.

Penggunaan printer untuk mencetak dokumen secara bulky juga akan merusak mesin cartridge. Oleh karena itu, usahakan batasi penggunaan setiap harinya, di bawah 200 lembar. Mencetak dokumen yang harus bertahap, misal per 20 lembar sekali print.

Sebelum habis, tinta perlu diganti, jika tidak, maka printer akan lebih mudah mengalami error dan menyebabkan kondisi cartridge tidak normal. Pilih tinta original yang sesuai standar Epson. Penggunaan tinta diluar rekomendasi hanya akan memperpendek usia cartridge. Tinta yang tercampur juga akan menyebabkan kinerja mesin menjadi kurang optimal.

Jika terdapat permasalahan, segera tanyakan kepada tempat dimana Anda membeli printer dan menggunakan kartu garansi apabila terdapat kerusakan. Anda juga bisa mendatangi printer service yang tersedia di daerah Anda dan mendapatkan solusi yang tepat jika terjadi masalah.

Leave a Comment