6 Cara Menyembunyikan Aplikasi Pada Android Lollipop, Tidak Perlu Ribet Untuk Menjaga Privasi

Setiap orang pastilah ingin menjaga privasinya masing-masing untuk selalu aman dan tak terlihat oleh banyak orang. Terkhususnya privasi smartphone yang sering sekali terabaikan. Selain foto, video atau dokumen pribadi, pastilah kita juga mempunyai beberapa aplikasi yang sifatnya privasi.

Walaupun pengguna android mempunyai opsi keamanan tinggi memungkinkan orang tidak mungkin mengotak-atik aplikasi kita. Ada beberapa aplikasi yang tentu saja ingin kita sembunyikan agar tidak kelihatan pada layar menu.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Pada Android

Lalu, bagaimana cara untuk menyembunyikan aplikasi pada android? Simak beberapa tips berikut ini!

1. Menyembunyikan Aplikasi pada HP Samsung

Ponsel android biasanya membawa pengaturan khusus untuk menyembunyikan aplikasi Anda. Pengaturan ini memungkinkan Anda untuk tidak perlu mendownload lagi aplikasi penyembunyi dari play store atau app store karena kita tidak tahu apakah membawa serta virus atau tidak.

Cara menyembunyikan aplikasi pada android seperti Samsung dan LG ini adalah sebagai berikut:

  • Pada halaman beranda depan (tidak masuk ke dalam menu), tekan lama dibagian yang kosong. Jika beranda dipenuhi oleh aplikasi, silahkan menggesernya pada halaman baru untuk menyisakan ruang kosong yang bisa Anda tekan.
  • Nantinya, akan muncul beberapa tombol di bagian bawah, klik tombol “pengaturan layar beranda”.
  • Tekan menu sembunyikan aplikasi.
  • Pada menu sembunyikan aplikasi, yang perlu dilakukan adalah mengklik aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.
  • Ketuk “Terapkan” atau “Oke”.
  • Aplikasi tersebut akan tersembunyi secara otomatis.
  • Lakukan hal yang sama jika Anda ingin menghidupkan kembali aplikasi tersebut.

2. Menyembunyikan Aplikasi Pada HP Xiaomi

Ada sedikit perbedaan bagi Anda si pengguna ponsel dari China seperti Xiaomi dan Redmi. Perbedaan tersebut terletak pada cara menyembunyikan aplikasinya yang berbeda. Jika Samsung meletakkan menu “Sembunyikan Aplikasi” sedikit tersembunyi, maka dari Xiaomi dan Redmi sendiri perlu mengambil “jalan panjang”. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi setting atau pengaturan yang ada pada ponsel anda
  • Pada keamanan, lalu klik ikon dan kunci aplikasi
  • Setelah itu, Anda dapat memilih aplikasi yang ingin disembunyikan
  • Tekan Oke atau Selesai.

3. Cara Menyembunyikan Aplikasi Pada Android Lollipop

Bagi Anda si pengguna ponsel android versi lama, khususnya android lollipop, ada perbedaan yang sangat signifikan. Android lollipop tidak memakai kata “menyembunyikan aplikasi” namun mereka menamakannya sebagai “menonaktifkan aplikasi”.

Tentu saja gunanya hampir mirip dengan menyembunyikan aplikasi di android biasa. Tapi, jika pada android biasa aplikasi tersembunyi tetap bisa kita akses, pada mode nonaktif di lollipop, aplikasi tersembunyi tersebut tidak bisa terakses.

Bagi yang bingung apakah androidnya versi lollipop atau bukan, Anda bisa mengeceknya pada menu “Tentang ponsel” atau menu “About phone”. Menu tersebut berada pada bagian bawah pengaturan.

Jika versi android tertulis 5.0.0 atau 5.1.1, artinya android Anda menggunakan versi android lollipop. Lalu bagaimana cara menyembunyikan apilkasi pada android lollipop (5.0.0 atau 5.0.1)?

  • Buka layar menu pada ponsel Anda. (Gambar contoh menggunakan ponsel Samsung J5).

Buka layar menu pada ponsel Anda

  • Pada menu, buka Pengaturan, lalu tekan tombol Aplikasi.

buka Pengaturan lalu tekan tombol Aplikasi

  • Pada menu aplikasi, klik tombol manager aplikasi dan Anda akan melihat daftar aplikasi seperti yang ada pada contoh berikut, geser ke kanan untuk menampilkan semua aplikasi yang ada pada ponsel.

melihat daftar aplikasi

 

  • Klik aplikasi yang ingin disembunyikan, pada contoh berikut aplikasi yang akan saya sembunyikan ada S Lime. Akan muncul tampilan seperti gambar diatas, setelah itu yang perlu dilakukan adalah menekan tombol “nonaktifkan”.

aplikasi yang ingin disembunyikan

  • Aplikasi Anda akan otomatis ternonaktif, dan terhapus dari layar menu utama. Setiap aplikasi yang ternonaktifkan, akan berada pada bagian “nonaktif” pada menu manager aplikasi, Anda hanya perlu menggeser kekanan. Untuk menghidupkan aplikasi Anda lagi, lakukan hal sebaliknya dan aplikasi akan aktif kembali.

menu manager aplikasi

4. Menyembunyikan Aplikasi Dari Play Store

Menyembunyikan Aplikasi Dari Play Store

Setiap aplikasi android pastilah memiliki yang namanya Play Store. Aplikasi bawaan setiap android ini bertujuan sebagai “toko” utama untuk menginstal aplikasi lain. Selain untuk menginstall aplikasi, ternyata play store juga dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi yang ada pada ponsel kita tanpa kita harus menghapusnya.

Cara menyembunyikan aplikasi dari Play Store:

  • Pertama yang perlu dilakukan adalah membuka aplikasi Play Store, atau Google Play, setelah itu pada menu pertama aplikasi tersebut, klik tombol tiga garis yang ada di pojok atas kiri.
  • Gulirkan kebawah hingga mendapatkan opsi “Feed and Feedback”, klik.
  • Akan muncul menu pop up pada layar ponsel Anda. Pilih menu “Tap to go to app settings” dan akan ada halaman lain yang akan muncul.
  • Pilih aplikasi yang akan disembunyikan lalu tekan disable. Namun perlu diketahui bahwa menonaktifkan aplikasi akan menghapus semua update yang telah Anda download pada aplikasi tersebut.
  • Untuk menghidupkan kembali aplikasi yang telah Anda disable. Anda dapat langsung melakukan hal yang sebaliknya.

Menyembunyikan Aplikasi Pada Android dengan Aplikasi Tambahan

Jika Anda masih tidak puas dengan cara-cara tersebut, ada cara terakhir bisa menjadi solusi untuk Anda. Cara ini adalah dengan menginstall aplikasi yang khusus bertujuan untuk menyembunyikan aplikasi pada ponsel Anda. Aplikasi semacam ini banyak sekali terdapat dimenu App Store atau Google Play yang bebas Anda install secara gratis.

Namun tentunya Anda tetap harus hati-hati dengan bahaya lain yang mengikuti saat ingin menginstal aplikasi penyembunyi. Aplikasi-aplikasi gratis ini memang terlihat ringan dan bagus. Tetapi tidak menutup kemungkinan aplikasi ini juga pembawa virus untuk ponsel Anda. Tentunya kita tidak ingin bahwa hal itu terjadi.

Maka dari itu, kami telah memilih beberapa aplikasi yang sudah terbukti mampu menyembunyikan aplikasi dan tidak membawa virus. Aplikasi tersebut dapat kita lihat seperti berikut:

1. Memakai Apex Launcher

Memakai Apex Launcher

Apex launcher adalah aplikasi tambahan pada ponsel untuk menyembunyikan aplikasi. Aplikasi ini diketahui adalah sebuah aplikasi tanpa root yang pastilah akan memudahkan Anda.

Cara menyembunyikan aplikasi memakai Apex Launcher pun cukup mudah, yaitu:

  • Download aplikasi Apex Launcher pada App Store Anda.
  • Setelah selesai, Klik menu apex setting, lalu klik menu Drawer Settings.
  • Anda dapat langsung memilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.
  • Tekan selesai atau oke.

2. Memakai Microsoft Launcher

Memakai Microsoft Launcher

Microsoft launcher sudah dikenal luas dalam tugasnya untuk menyembunyikan aplikasi secara baik tanpa menyakiti ponsel. Aplikasi keluaran Microsoft ini sudah diminati oleh para pelancong internet dari sejak awal kelahirannya. Microsoft launcher juga bisa dibilang aplikasi ringan yang tentunya berguna demi menjaga performa ponsel.

Lalu bagaimana cara menyembunyikan aplikasi pada Microsoft launcher?

  • Pertama, Anda harus mendownload aplikasi berlogo biru ini pada playstore handphone Anda. Jika sudah selesai, tampilan UI antarmuka ponsel Anda akan berubah sesuai dengan logo Microsoft Launcher.
  • Setelah itu buka aplikasi drawer yang ada pada bagian bawah untuk memunculkan aplikasi-aplikasi yang telah terpasang pada ponsel Anda.
  • Buka menu Hidden Apps dengan cara menekan ikon tiga titik.
  • Selanjutnya pilih aplikasi yang akan disembunyikan pada Microsoft Launcher.
  • Pastikan setelah memilih aplikasi yang Anda ingin sembunyikan, sudah ada centang biru pada bagian ujung aplikasi sebagai pertanda bahwa aplikasi siap untuk tersembunyi.
  • Setelahnya Anda hanya perlu menekan tombol confirm.
  • Lakukan hal sebaliknya jika Anda ingin mengaktifkan kembali aplikasi tersembunyi Anda.

Itulah berbagai cara untuk dapat membantu menyembunyikan aplikasi yang ada pada ponsel Anda. Setiap cara pastilah memiliki keuntungan masing-masing sehingga Anda dapat memilih cara yang diinginkan.

Jika masih kurang puas juga, Anda dapat memilih aplikasi lain yang ada pada play store dan app store Anda. Ini membuktikan bahwa menjaga privasi ponsel tidak selalu ribet dan melelahkan.

Semoga cara-cara diatas dapat berguna untuk Anda. Selalu ingat untuk membagikan artikel ini pada orang yang membutuhkan bantuan untuk menyembunyikan aplikasi ponselnya. Selamat mencoba!

 

Leave a Comment