9 Cara Agar Kamera Laptop Jernih Waktu Zoom Meeting

Mungkin beberapa tahun lalu kamera laptop sangat jarang digunakan, namun sejak pandemi menyerang, maka hampir semua kegiatan dilakukan secara daring. Oleh sebab itu, kini hampir setiap hari kamera laptop digunakan untuk aktivitas meeting virtual.

Karena fungsinya yang menjadi sangat krusial, kamera yang jernih menjadi salah satu penunjang kenyamanan dan penampilan Anda ketika meeting online. Jangan sampai muka terlihat buram dan kabur ketika Anda melakukan screen recorder.

Lantas bagaimana cara agar kamera laptop jernih? Berikut ini tipsnya.

Cara Agar Kamera Laptop Jernih dan Tidak Buram Saat Meeting Online

Tidak Buram Saat Meeting Online

Kamera laptop yang jelas dan bening akan membuat semua orang dalam grup obrolan menjadi nyaman karena bisa melihat Anda dengan jelas. Sayangnya, tidak semua perangkat laptop dibekali dengan spesifikasi kamera terbaik.

Perawatan yang tidak tepat juga sering kali membuat kamera laptop tampak buram. Nah, berikut ini cara agar kamera laptop jernih dan tidak buram ketika digunakan untuk meeting online.

1. Bersihkan Lensa Kamera Laptop

Sebelum memulai meeting virtual, pastikan terlebih dahulu bahwa lensa pada kamera laptop Anda dalam keadaan bersih dan bebas debu maupun kotoran.

Biasanya kamera tersebut tersemat pada frame atas layar. Mungkin secara tidak sengaja tersentuh oleh kita ketika membuka ataupun menutup laptop dan meninggalkan sidik jari yang sangat mengganggu. Anda hanya perlu membersihkannya dengan cairan pembersih lensa atau proyektor dan diusap dengan kain yang sangat lembut. Khusus lensa atau kain microfiber.

Hindari penggunaan tisu kering ya, karena bahan pemuat tisu adalah kayu, maka tidak menutup kemungkinan terdapat bagian tisu yang tajam dan mungkin bisa menggores permukaan lensa.

2. Upgrade Driver Kamera Web

Kasus driver yang tidak update biasanya menimpa laptop keluaran lama alias jadul. Bahkan, beberapa komponen perangkatnya juga sudah tidak memperoleh software update dari produsen terkait, misalnya driver webcam.

Nah, cara agar kamera laptop jernih, bisa dengan mengecek terlebih dahulu kondisi driver pada Windows Update, atau Anda juga bisa mencarinya secara manual dan mengunduhnya di bagian support situs resmi produsen laptop tersebut. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan model laptop yang Anda miliki.

3. Pilih Lokasi dengan Cahaya Terang

Jika kondisi kamera laptop sudah oke, sekarang Anda perlu mencari tempat atau sudut ruangan dengan pencahayaan cukup atau terang. Salah satu penyebab hasil rekaman video pada kamera laptop kurang jelas dan agak buram adalah karena pencahayaan sekitar lokasi yang kurang memadai bahkan cenderung redup.

Jadi, cara sederhana yang bisa Anda lakukan adalah, berpindah ke lokasi yang terang agar hasil rekaman video jernih dan peserta lain bisa dengan mudah melihat Anda.

Bagi Anda yang memiliki teras rumah atau balkon semi outdoor, juga bisa memanfaatkan lokasi tersebut.

4. Setting Brightness Layar Laptop Secara Maksimal

Tips berikutnya adalah dengan memanfaatkan pencahayaan dari layar laptop Anda sendiri untuk menyinari area wajah Anda. Kalau perlu, setting brightness layar laptop secara maksimal hingga 100%, dengan begitu wajah akan terlihat lebih terang dan jelas.

Terapkan tips ini ketika Anda sedang ditunjuk untuk presentasi atau menjawab pertanyaan dalam beberapa kasus. Setelah itu, redupkan kembali pencahayaan layar laptop supaya mata Anda tetap nyaman menatap layar dan juga tidak cepat lelah.

5. Gunakan Background atau Latar Berwarna Cerah

Alternatif lain ketika Anda tidak menemukan ruangan dengan pencahayaan terang, maka gunakannya background atau latar dengan warna yang cerah. Misalnya Anda akan melakukan zoom meeting di rumah, sementara cat ruangan cenderung gelap, maka Anda bisa menggunakan background buatan sebagai alternatif.

Solusi lain yaitu, gunakan background image cerah supaya rekan Anda bisa dengan mudah melihat dan membedakan Anda dengan objek lain disekitar.

Hindari penggunaan background yang gelap jika pencahayaan sekitar memang belum cukup memadai. Pasalnya, warna background image akan memberikan banyak pengaruh terhadap hasil tangkapan video kamera laptop Anda.

Jadi, jangan buat kamera laptop Anda bekerja lebih keras dengan penggunaan background berwarna gelap.

6. Gunakan Lampu Belajar

Gunakan Lampu Belajar

Cara agar kamera agar kamera laptop jernih yang berikutnya adalah dengan menggunakan lampu belajar. Namun Anda juga perlu memperhatikan arah pencahayaan lampu belajar tersebut.

Tidak perlu langsung mengarahkannya tepat ke wajah Anda, cukup mengarahkannya ke langit-langit saja dan pantulan cahaya lampu tersebut akan memperbaiki hasil tangkapan video pada kamera laptop.

Penambahan cahaya dengan lampu ini akan cukup membantu Anda tampil dengan wajah yang jelas namun tidak terlalu mencolok dan berlebihan. Jika tidak memilikinya, Anda bisa memanfaatkan lampu ruangan dengan watt yang cukupĀ  tinggi.

7. Gunakan Kamera Smartphone

Kamera smartphone pada dasarnya memiliki kecanggihan teknologi jauh di atas kamera laptop. Hal ini menyebabkan resolusi dan hasil dari kamera smartphone juga jauh lebih jernih dan jelas.

Untuk Anda yang ingin tampil prima saat presentasi atau saat online class, menyambungkan kamera smartphone ke laptop bisa menjadi alternatif yang paling tepat.

Caranya juga cukup sederhana, Anda hanya perlu menghubungan laptop atau desktop dengan smartphone menggunakan kabel USB. Setelah itu, aktifkan kamera smartphone sebagai sumber pengambilan gambar. Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga jika sistem operasi smartphone kurang mendukung.

Salah satu software yang paling banyak digunakan adalah DroidCam Wireless yang bisa Anda unduh secara gratis melalui PlayStore.

8. Gunakan WebCam Eksternal

Gunakan WebCam Eksternal

Tips ini cocok bagi Anda yang memiliki anggaran lebih. Anda bisa memasang kamera webcam eksternal dengan resolusi dan frame rate yang lebih bagus dari webcam asli laptop. Dengan begitu, hasil rekaman video akan menjadi lebih jelas dan membuat tampilan Anda saat presentasi jadi lebih keren.

Terdapat banyak sekali kamera eksternal yang bisa Anda jumpai di toko online maupun offline. Pilih perangkat kamera eksternal sesuai dengan budget yang dimiliki. Pada umumnya, kamera web dibanderol dengan harga 200 hingga 1 juta rupiah. Cukup terjangkau, bukan?

Beberapa rekomendasi kamera eksternal yang cukup terjangkau yakni:

  • Genius FACECAM 1000×7200 HD WebCam
  • Logitech WebCam C310 HD
  • NYK Nemesiss Night Hawk A80 WebCam, dan lain sebagainya.

9. Gunakan Software Kamera Laptop Pihak Ketiga

Software Kamera Laptop Pihak Ketiga

Apabila menyambungkan kamera smartphone dirasa cukup merepotkan, sementara Anda tidak memiliki cukup anggaran untuk membeli webcam eksternal. Maka cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan aplikasi kamera laptop pihak ketiga.

Kini sudah tersedia banyak sekali software atau aplikasi yang bermanfaat untuk menjernihkan video hasil tangkapan kamera laptop. Selain hasilnya yang lebih jelas dan enak dipandang, aplikasi tersebut juga bisa membuat hasilnya lebih tajam serta terdapat berbagai fitur menarik, sebut saja fitur menambahkan efek saat pengambilan gambar atau video.

Beberapa rekomendasi aplikasi kamera laptop yang sering digunakan yakni seperti Free ScreenCast, YouCam dan juga ManyCam.

Itu dia beberapa cara agar kamera laptop jernih yang bisa Anda terapkan. Silahkan coba mulai dari cara yang paling sederhana terlebih dahulu dengan mempertimbangan kebutuhan Anda. Jika beberapa cara sederhana di atas tidak memberi efek signifikan, Anda bisa membeli webcam eksternal sebagai solusi terbaik.

Leave a Comment