Kenapa Aplikasi Tidak Bisa Diinstall? Ini Dia Solusinya, Work 100%

Semenjak adanya pandemi, hampir semua kegiatan dialihkan secara daring dan melalui media aplikasi. Mulai dari belajar, absen masuk kantor, melamar pekerjaan, vaksin, dan masih banyak lagi. Bahkan, untuk pembelian makanan secara langsung pun pembeli diharuskan membayar melalui aplikasi.

Walaupun praktis, tetapi cara ini akan sangat bergantung dengan internet, dan pastinya menyebalkan jika tiba-tiba terjadi error saat tengah melakukan penginstalan apk. Peringatan yang muncul pun bermacam-macam, seperti “Not enough space on device”, “Application cannot be installed in the default installation location”, “Insufficient storage available”, “Out of space”, dan pesan-pesan penghambat lainnya.

Lalu kenapa aplikasi tidak bisa diinstall di Android? Ulasan ini akan menjawab secara lengkap mengapa hal itu bisa terjadi dan bagaimana langkah tepat menanganinya. Simak hingga akhir sampai Anda berhasil menginstall kembali.

Kenapa Aplikasi Tidak Bisa Diinstall?

aplikasi tidak bisa diinstall

Sebelum mencari tahu solusinya, tentu Anda harus paham penyebab kenapa aplikasi tidak bisa diinstall pada perangkat. Berikut ini beberapa alasannya.

1. Memori Internal Penuh

Penyebab pertama yang menyebabkan Android tidak bisa menginstall adalah karena penyimpanan internal HP Anda penuh alias tidak memiliki kapasitas yang cukup. Jika memori ponsel penuh maka notifikasi yang muncul adalah tanda seru dengan keterangan “Out of space!”

Cara lain untuk mengetahui apakah permasalahan terjadi pada ruang penyimpanan yaitu dengan mengecek File Manager.

2. File Corrupt

Selain memori penuh, file corrupt juga bisa menjadi penyebab aplikasi tidak bisa dipasang pada HP. File tersebut rusak atau tidak terdownload secara sempurna sehingga menjadi terjadi error ketika diinstall. File aplikasi yang error bisa Anda cek melalui aplikasi pengolahan file. Jika file yang diunduh berlogo kertas sobek berarti file tersebut rusak.

3. Android Tidak Kompatibel

Penyebab lain yang membuat Android gagal menginstall aplikasi yaitu karena sistem Android belum memenuhi kriteria.

Cobalah untuk menjawab pertanyaan ini, apakah Anda sedang menginstall aplikasi yang baru saja diupdate? Tahun berapa Anda membeli HP? Apa Operating Sistem (OS) yang digunakan oleh perangkat yang Anda gunakan sekarang?

Perlu Anda ketahui, aplikasi yang baru rilis baru-baru ini pasti sudah dilengkapi dengan sistem terbaru. Maka dari itu, sistem OS Anda juga harus menyesuaikan. Namun, Anda tidak perlu sampai mengganti HP baru, ikuti ulasan ini sampai akhir untuk mengetahui solusi lain yang lebih ekonomis!

4. Sistem Sedang Error

Berbeda dengan masalah sebelumnya, error ini terjadi di dalam sistem aplikasi. Dengan kata lain, perusahaan atau lembaga pemilik aplikasi sedang melakukan pengecekan. Hal ini sering terjadi demi meningkatkan performa fungsi aplikasi dan juga menjaga keamanan data pengguna.

5. HP Belum Lepas dari Otorisasi

Penyebab ini terjadi ketika Anda menginstall aplikasi di luar Play Store. Error yang muncul justru dimaksudkan untuk menjaga ponsel Android Anda terhindar dari virus dan malware yang mungkin saja terbawa dari luar sistem ponsel. Namun, jika ingin tetap menginstallnya, nanti akan dijelaskan solusinya.

6. Aplikasi Tidak Tersedia

Penyebab terakhir kenapa aplikasi tidak bisa diinstall yaitu karena aplikasi sudah tidak lagi tersedia. Dengan kata lain, sudah ditutup atau diganti ke dalam bentuk aplikasi lain.

Dari keenam penyebab di atas, manakah kira-kira yang menyebabkan HP Anda tidak bisa lagi menginstall aplikasi? Jika sudah mengetahuinya, sekarang lanjut ke untuk mencari solusinya.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diiinstall di Android

cara mengatasi aplikasi tidak bisa diinstall di android

Cobalah satu persatu cara-cara berikut ini sesuai dengan penyebab yang dialami oleh smartphone Android Anda.

1. Hapus Cache Sekaligus Uninstall Aplikasi yang Jarang Digunakan

Jika penyebabnya adalah masalah memori penuh, atasi dengan cara ini.

  • Buka pengaturan ponsel, lalu klik Installed Apps atau opsi pengolahan data aplikasi yang terinstall.
  • Setelah itu, cari aplikasi yang tidak begitu penting atau hanya dibuka sesekali.
  • Klik tombol Uninstall.
  • Jika sudah tidak ada lagi aplikasi yang akan dicopot, tetap pada bagian pengaturan ini lalu buka satu persatu aplikasi yang sering dibuka.
  • Selanjutnya, klik ikon Hapus Data atau Cache pada aplikasi lain yang sering dibuka karena ini akan menghapus data sampah aplikasi.

2. Seleksi Data di Memori HP Android

Selain cara di atas, Anda bisa mengumpulkan ruang memori lebih banyak dengan cara menyeleksi data-data di HP yang tidak perlu. Hapus secara manual file-file aplikasi dan unduhan yang tidak penting. Setelah itu, ketik “temp” pada kolom pencarian, lalu tekan Enter. Hapus semua file temp yang muncul.

3. Cek Koneksi Jaringan

Cara selanjutnya khusus untuk masalah file corrupt. File yang rusak ini sering terjadi karena internet yang terputus tiba-tiba saat proses download. Jadi, pastikan jaringan internet lancar, lalu ulang proses instalasi dari awal hingga selesai.

4. Cek Pengaturan Play Store

Menghapus data aplikasi saja tidak cukup. Error masih terjadi pada aplikasi Play Store karena salah pengaturan.

Cocokkan langkah-langkah ini pada Play Store untuk mengatasi masalah aplikasi tidak isa diinstal.

  • Buka aplikasi Play Store, lalu klik gambar foto profil di bagian kanan atas atau ikon garis tiga di sebelah kiri atas.
  • Klik Settings, lalu buka Network preferences.
  • Pilih App Download Preference, lalu klik Over any network.
  • Selanjutnya, cek bagian pengaturan waktu lalu cari Automatically Set Date & Time.
  • Gulir ke kanan untuk mengaktifkan fitur tersebut agar waktu dan tanggal ponsel Anda sama dengan waktu dan tanggal sebenarnya.

5. Mengunduh Aplikasi Mod

Apabila tidak bisa mengunduh aplikasi yang ada di Play Store, cobalah gunakan aplikasi modifikasi. Ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga dan disediakan untuk keperluan tertentu. Misalnya, HP tidak kompatibel atau aplikasi Play Store berbayar.

Banyak aplikasi mod yang memiliki fitur layaknya apk berbayar dan  bisa Anda gunakan secara gratis. Buka saja Google, lalu ketikkan nama aplikasi dengan ditambahkan kata “mod apk” di bagian belakang.

6. Aktifkan Perizinan Memasang Aplikasi dari Sumber Lain

Solusi selanjutnya untuk mengatasi aplikasi tidak bisa diinstall adalah dengan mengaktifkan izin pemasangan aplikasi dari luar Play Store. Caranya mudah yaitu:

  • Buka pengaturan ponsel atau Setting Android.
  • Karena pengaturan ini tidak spesifik, pergi ke bagian setelah tambahan yang biasanya berupa opsi Additional Settings.
  • Pilih Security and Privacy untuk mengaktifkan instalasi dan sumber aplikasi yang tidak dikenal.

7. Reset HP Android

Jika semua cara sebelumnya tidak work, artinya Anda harus melakukan reset pada ponsel. Meskipun bukan solusi tepat, cara ini sangat ampuh mengembalikan Android ke dalam kondisi default seperti pertama kali membeli HP.

Karena cukup berisiko, ikuti langkah-langkah reset Android berikut ini dengan benar.

  • Reset ada pada aplikasi Settings atau pengaturan.
  • Setelah pengaturan terbuka, cari Additional Settings atau opsi khusus untuk setelan tambahan.
  • Berikutnya, pilih General and Backup.
  • Kemudian, lanjutkan tap Reset device untuk mereset ulang ponsel.
  • Tunggu hingga proses reset selesai sampai HP menyala kembali dengan normal.

Sebelum melakukan langkah tersebut, pastikan Anda sudah mencadangkan semua data yang tersimpan dalam ponsel, karena semua data akan terhapus tanpa terkecuali.

Itulah tadi alasan kenapa aplikasi tidak bisa diinstall lengkap dengan cara mengatasinya. Jadi, kini Anda tidak perlu lagi bingung jika ponsel Anda tidak bisa menginstal aplikasi.

Leave a Comment