Pengertian Google Spreadsheet, Fungsi dan Tutorial Lengkap Disini!

Jika mendengar kata spreadsheet, mungkin yang akan terlintas di benak Anda adalah Microsoft Excel, bukan?

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa program spreadsheet besutan Microsoft memiliki kemampuan yang mumpuni dan bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan berbagai tugas maupun pekerjaan dengan mudah dan cepat.

Namun tahukah Anda bahwa salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia yaitu Google juga memiliki program spreadsheet yang tidak kalah canggihnya. Yang membedakan Google Spreadsheet dengan Ms Excel yakni Google Spreadsheet diakses secara online, sementara Ms Excel bisa digunakan secara offline. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Pengertian Google Spreadsheet

Google Spreadsheet adalah sebuah program spreadsheet berbasis web yang dimiliki oleh perusahaan Google. Yang mana Google Spreadsheet atau disebut juga dengan Google Sheet bersama jenis program G Suite lainnya seperti Google Slide, Google Docs maupun Google Forms, semuanya bisa diakses melalui berbagai browser yang tersedia seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Apple Safari, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan lain sebagainya.

Google Sheets tersebut berisi lembar kerja individu yang bisa Anda gunakan untuk menginput data, mengolah data serta menggunakan data tersebut untuk membuat perhitungan, menyelesaikan tugas maupun pekerjaan atau mengidentifikasi tren.

Apa Saja yang Ada pada Google Spreadsheet?

Secara keseluruhannya, Google Sheets tidak jauh berbeda seperti program spreadsheet offline dari Microsoft dan terdapat komponen atau bagian seperti:

  1. Sel

Ruang untuk memasukkan dan menyimpan titik data.

  1. Kolom

Sel spreadsheet yang membentuk kolom sel secara vertikal yang berupa huruf A-Z.

  1. Baris

Sel spreadsheet Google yang membentuk baris data secara horizontal dan berupa nomor 1 hingga 1000 serta dapat ditambah sebanyak mungkin sesuai yang Anda inginkan.

  1. Ranges

Grup sel yang telah Anda pilih, ranges tersebut dapat meliputi baris, kolom ataupun keduanya.

  1. Function

Operasi yang telah sudah dibangun sebelumnya pada spreadsheet Google. Anda bisa menggunakan berbagai jenis fungsi untuk menghitung nilai berdasarkan rentang, baris, kolom atau sel.

  1. Formulas

Rumus yang memberikan hasil pada data tertentu. Formulas menggunakan kombinasi fungsi antara sel, kolo, baris dan juga rentang.

Fungsi Google Spreadsheet

Jika membahas mengenai sheet, apa yang langsng terlintas di benak Anda? Pasti angka, bukan?

Hal tersebut juga berlaku pada Google Spreadsheet yang memiliki fungsi utama untuk mengolah data berbasis angka. Lantas apa saja fungsi lainnya?

  • Google Spreadsheet bisa digunakan untuk mengolah data secara online. Hanya dengan melakukan log in gmail maka Anda bisa mengolah data di mana saja dan kapan saja. Anda juga tidak perlu selalu membawa laptop maupun PC, pasalnya google Spreadsheet juga bisa diakses via smartphone.
  • Google Spreadsheet berfungsi untuk mengolah data, membuat grafik, membuat tabel, menyaring data, melakukan perhitungan sistematis dan lain sebagainya.
  • Google Spreadsheet dilengkapi dengan fitur yang mendukung adanya kolaborasi antar pengguna.

Cara Membuat Google Spreadsheet

Google Spreadsheet memiliki interface yang intuitif dan simple guna membantu pengguna dalam menginput, mengatur dan menganalisis data.

Nah, untuk menggunakan Google Spreadsheet maka Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, jika Anda belum memiliki aplikasi Google Spreadsheet maka Anda bisa mengaksesnya melalui link Google Sheets: Free Online Spreadsheets for Personal Use lalu pilih Go to Google Sheets.
  2. Setelah itu, pada halaman utama Google Spreadsheet silahkan klik Blank untuk membuka lembar kerja baru.
  3. Kemudian, masukkan data yang ingin Anda olah pada sel tertentu sesuai kebutuhan dan tekan Enter untuk menyimpan data. Gunakan kursor maupun tombol pada keyboard seperti tab, enter, panah ke atas, ke bawah, ke kanan maupun ke kiri untuk berpindah dari sel satu ke sel lain.
  4. Anda juga dapat menyalin kemudian menempel maupun mengimpor data dari sumber lain ke lembar kerja pada Google Sheet. Misalnya impor data yang ada pada file lain .xls, .csv dan .xlsx, atau Anda juga bisa copy paste informasi dari suatu situs web.
  5. Selain itu, Anda juga bisa menentukan format data dengan berbagai format seperti Mata Uang, Perentase, Nomor, Notasi Ilmiah, Keuangan, Tanggal dan lain sebagainya.
  6. Buatlah data yang akurat dan mudah dipahami dengan gaya sheet yang sesuai, gunakan format warna, font huruf, ukuran font dan lainnya supaya data lebih menarik.
  7. Setelah selesai membuat data, Google spreadsheet kemudian memungkinkan Anda untuk memilih pembagian spreadsheet apakah ingin dibagikan pada opsi di bawah “File” atau “Bagikan” yang ada di sebelah ID akun.
  8. Kemudian, unduh data yang telah berhasil dibuat. Terdapat beberapa jenis penyimpanan yang bisa Anda pilih, misalnya .ods, oxls atau .xlsx, .pdf, .zip dan lain sebagainya.

Bagaimana cara mengakses Google Spreadsheet?

Pengguna dapat mengaksesnya melalui berbagai browser yang tersedia atau mengunduhnya di Google Play Store maupun App Store.

Apakah Google Spreadsheet sudah memiliki versi desktopnya?

Google Spreadsheet belum memiliki versi desktop seperti Mac, Windows maupun Linux.

Apakah Google Spreadsheet bisa digunakan secara offline?

Ya, pengguna bisa menggunakannya secara offline setelah mengunduh ekstensi peramban Google dan memenuhi semua syarat dan petunjuknya.

Sumber:

dianisa.com

Leave a Comment