Pengertian Adobe Illustrator, Fungsi dan Fitur Utamanya

Bagi Anda yang berkutat di dunia multimedia, tentu Anda sudah tidak asing dengan aplikasi Adobe Illustrator, bukan? Namun, bagi orang-orang yang sama sekali belum mengenal dunia grafis pasti akan merasa asing dengan software tersebut.

Karena pada dasarnya Adobe Illustrator memang digunakan sebagai software andalan oleh kalangan tertentu saja, maka tidak heran jika keberadaanya tidak sepopuler Photoshop, meskipun keduanya sama-sama dari pihak Adobe.

Sebagaimana yang diketahui, Adobe tidak pernah mengecewakan pengguna dengan berbagai fitur dan kecanggihan yang ditawarkan pada setiap software yang dibesutnya. Tidak terkecuali Adobe Illustrator, software pengolah desain grafis ini diklaim memiliki fitur yang cukup komplit untuk menciptakan projek unggulan.

Meskipun performanya telah diakui, namun tidak dapat dimungkiri jika masih banyak yang belum mengetahui apa itu sebenarnya Adobe Illustrator. Oleh karena itu, Anda bisa menyimak ulasan berikut untuk informasi yang lebih lengkap.

Pengertian Adobe Illustrator

Adobe Illustrator merupakan sebuah perangkat lunak atau software grafis yang berbasis vektor dan dikembangkan serta dipasarkan oleh perusahaan Adobe Systems. Sama seperti software pada umumnya, Adobe Illustrator juga mengalami perkembangan secara berkala dan hingga saat ini, Adobe Illustrator yang paling terbaru adalah Illustrator CC.

Vektor mempunyai banyak keunggulan bagi projek yang didesain karena memiliki tipe gambar yang tidak akan pecah meskipun saat diperbesar. Jadi sudah tidak dipertanyakan lagi bukan, kenapa Adobe Illustrator begitu disenangi oleh oada keator digital.

Beberapa karya yang bisa Anda hasilkan dari software tambahan ini adalah ikon, tipografi, logo, ilustrasi, desain produk, desain konten media, desain iklan billboard dan masih banyak lagi lainnya.

Adobe Illustrator juga dianggap sebagai software pendamping Adobe Photoshop dan pada umumnya software tersebut juga terinstall ketika Anda memasang Adobe Photoshop pada komputer. Jadi, Adobe Illustrator bisa Anda kombinasikan dengan Photoshop untuk menciptakan desain yang lebih keren dan juga menarik.

Manfaat dan Fungsi Adobe Illustrator

Jika berbicara tentang manfaat, tentu ada banyak sekali manfaat dari Adobe Illustrator dalam arti yang sangat luas pula. Nah, dari sudut pandang desainer grafis, Adobe Illustrator dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai ilustrasi ataupun gambar digital serta media cetak.

Sementara itu, fungsi utama dari Adobe Illustrator sendiri adalah mendesain atau menggambar ilustrasi berbentuk vektor, membuat desain multimedia dan memanipulasi teks. Pengguna juga didukung untuk merancang serta membuat desain mock-up untuk template icon maupun bentuk desain yang nantinya ditampilkan pada aplikasi maupun situs web.

Manfaat dan fungsi dari Adobe Illustrator ini cukup beragam, semuanya tergantung pada basic dan juga skill dalam mengeksplorasi gambar desain ingin dijadikan karya seperti apa. Adapun beberapa projek umum yang dapat diciptakan dari Adobe Illustrator yaitu:

  • Desain Kartun
  • Logo
  • Desain Ilustrasi
  • Desain Blog atau Website
  • Desain Konten Media
  • Watermark
  • Desain Aplikasi
  • Desain Icon
  • Desain Grafis, Table dan Diagram
  • Billboard, Banner dan Spanduk.

Fitur Andalan Adobe Illustrator

Bagi desainer grafis pasti sudah sangat terbiasa mengotak-atik semua fitur yang ada. Namun bagi Anda yang masih terbilang newbie tidak perlu khawatir. Anda dapat menemukan fitur utama dari Adobe Illustrator di Panel Tools yakni bagian sisi kiri jendela Illustrator.

Pada bagian tersebut Anda akan menemukan berbagai icon tools yang berfungsi untuk membuat manipulasi objek pada Artboard atau dokumen, men-create hingga menyeleksi projek. Sebelum mencoba menggunakannya, tentu saja Anda perlu mengetahui terlebih dahulu icon apa tersebut dan apa fungsinya.

Toolbox (Panel Tools)

Toolbox merupakan bagian menu yang paling sering digunakan. Toolbox terletak di sebelah kiri jendela aplikasi dengan jumlah icon tools di atas 50 icon. Adapun beberapa diantaranya yang akan paling sering Anda gunakan adalah Magic Wand Tool (Y), Direct Selection Tool (A), Selection Tool (V), Lasso Tool (Q) dan masih ada banyak lagi tolls lainnya yang bisa Anda pelajari sembari menggunakannya.

Transparency Palette

Transparency Palette adalah bagian tools yang digunakan untuk menyesuaikan tingkat opacity pada objek yang diciptakan. Fitur ini termasuk fitur yang baru dari Adobe Illustrator yang terus ditingkatkan dengan menyediakan penggeser lapisan atau objek.

Selain itu, Palet Transparansi juga menawarkan control Opacity Mask baru yang dapat digunakan untuk membuat efek transparansi serta masking dengan pilihan warna yang lebih kompleks.

Color Palette

Sesuai namanya, Color Palette berfungsi untuk membuat pewarnaan dengan menyesuaikan garis (Stroke) dan isian warna atau Fill.

Dalam palet warna ini Anda akan menemukan berbagai parameter warna mulai dari tipe pewarnaan RGB hingga CMYK.

Gradient Palette

Gradient Palette akan membantu Anda dalam menyesuaikan posisi gradasi warna pada objek vektor yang telah dipilih. Warna default gradasinya yakni hitam dan putih, yang kemudian dapat disesuaikan dengan berbagai warna untuk pewarnaan objek.

Layers Palette

Layers Palette adalah sebuah fitur palet dasar yang akan selalu desainer grafis temukan. Pasalnya, layer tersebut selalu diterapkan pada software pengolah gambar besutan Adobe System, salah satunya adalah Adobe Photoshop.

Stroke Palette

Stroke Palette adalah bagian yang membantu pengguna dalam membuat outline atau garis luar pada objek. Tool ini menyediakan pengaturan untuk mengatur ketebalan garis pada objek vektor, yang mana ketebalannya dapat diatur sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna.

Jadi, pengertian Adobe Illustrator adalah sebuah software pengolah gambar besutan Adobe System yang menghasilkan objek vektor berkualitas. Di dalamnya terdapat begitu banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan grafis ataupun memanipulasi objek. Software tersebut dapat digunakan pada OS Windows ataupun MacOS.

Apa yang dimaksud dengan Adobe Illustrator?

Adobe Illustrator merupakan software besutan perusahaan Adobe yang bisa digunakan untuk membuat logo, ilustrasi, ikon, kemasan produk, iklan besar di billboard dan tipografi.

Apa perbedaan Adobe Illustrator dan Photoshop?

Adobe Illustrator umumnya digunakan untuk menciptakan gambar berbasis vector. Sementara Adoba Photoshop umumnya digunakan untuk editing gambar atau foto bitmap dengan basis pixel.

Berapa harga Adobe Illustrator?

Harga Adobe Illustrator for Teams Original Terbaru untuk 1 tahun yaitu Rp 6.995.000

Harga Adoba Illustrator Standar Edition Original Lifetime License yaitu Rp 6.192.000

Leave a Comment