Fungsi Adobe Premiere Dan Beragam Fitur Perlu Anda Ketahui

Ketika membahas tentang editing video, Anda akan menemukan beragam software yang bisa diandalkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Salah satu software terbaik untuk mengedit video adalah Adobe Premiere. Software keluaran Adobe Systems ini memang dikenal sebagai salah satu software yang bisa diandalkan untuk mengedit video berbekal fiturnya yang lengkap.

Hal menarik lainnya dari software ini adalah fitur yang up to date. Anda yang menggunakan software ini akan menemukan beragam pembaruan fitur yang tentu bisa memaksimalkan hasil editing video sesuai dengan tren video yang sedang berkembang.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang fungsi Adobe Premiere dan beragam fitur yang perlu Anda ketahui. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Ragam Fitur Adobe Premier

Sebagaimana disinggung di awal bahwa Adobe Premiere hadir dengan beragam fitur yang begitu mengesankan. Tentu, dengan adanya fitur yang lengkap tersebut nantinya Anda bisa melakukan proses editing video dengan lebih mudah dan hasilnya pun lebih berkelas.

Adapun beberapa fitur menarik yang ada di dalam software Adobe Premiere adalah sebagai berikut:

1. Color grading

Color grading

Bisa dikatakan jika color grading adalah salah satu fitur istimewa dari Adobe Premiere. Bagaimana tidak, dengan adanya fitur ini, maka Anda bisa melakukan manipulasi dari warna sebuah video yang menjadi objek editing.

Dengan manipulasi yang dilakukan ini, maka ada kesan visual yang akan didapatkan. Tidak hanya itu, Anda pun memiliki akses yang lebih luas untuk membuat tampilan video sesuai dengan proyek yang dikerjakan.

2. Scene edit detection

Scene edit detection

Scene edit detection adalah fitur menarik dari Adobe Premiere yang bisa diandalkan untuk mengedit cuplikan video secara otomatis. Fitur ini pun sangat mudah untuk digunakan karena Anda bisa menemukannya secara langsung di laman depan Adobe Premiere. Nah, untuk editing yang lebih cepat dan hasil yang maksimal, scene edit detection adalah solusi yang pas.

3. Audio asset

Audio asset

Adobe Premiere memiliki fitur audio asset atau Adobe Stock Studio yang bisa dimanfaatkan. Ini adalah fitur yang begitu mengesankan karena memiliki perpustakaan musik yang sangat lengkap. Dengan adanya fitur ini, maka Anda tidak perlu kebingungan mencari musik atau back sound yang hendak digunakan untuk menunjang latar video yang diedit.

Tidak hanya menyediakan lagu yang lengkap, fitur ini memiliki beberapa alat untuk melakukan editing pada lagu. Anda bisa memilih lagu berdasarkan mood, mengatur durasi dan mengubah tempo dari lagu yang akan digunakan.

4. Adobe Premiere Pro production

adobe premiere pro productions

Fitur menarik lain dari Adobe Premiere yang tersedia adalah Adobe Premiere Pro production. Nah, fitur ini bisa dikatakan sebagai sebuah hub untuk melakukan kolaborasi. Dengan menggunakan fitur ini, Anda akan mendapatkan workflow yang cenderung lebih enak dan lebih mudah.

Dikarenakan menjadi sebuah hub, fitur Adobe Premiere ini akan membantu Anda menggunakan beragam file untuk digunakan. Bahkan, Anda pun akan memiliki akses melakukan kombinasi penggunaan software Adobe yang berbeda.

Beragam Fungsi Adobe Premiere

Adobe Premiere hadir sebagai salah satu software editing video yang sangat lengkap dan menarik berkat ragam fitur yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, software ini memiliki fungsi yang cukup beragam dan tentu bisa dijadikan alasan kenapa Anda memilih Adobe Premiere dibandingkan dengan software lainnya.

Beberapa fungsi menarik Adobe Premiere diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Membuat video promosi beragam produk, bisnis dan lainnya
  • Membuat proyek video pernikahan
  • Menunjang keperluan industri film dan dokumentasi
  • Pengerjaan proyek music video
  • Membuat konten vlog yang berkualitas
  • Beragam proyek multimedia lainnya

Dari beberapa poin di atas, tampak jika Adobe Premiere adalah software yang sangat lengkap. Software ini tentu bisa dijadikan opsi yang pas untuk Anda yang ingin mendapatkan hasil editing maksimal.

Kelebihan Adobe Premiere Dibandingkan Software Sejenis Lainnya

Adobe Premiere bukan hanya satu-satunya software editing video yang tersedia. Meski begitu, Adobe Premiere memiliki beberapa kelebihan yang tentu bisa dijadikan alasan untuk memilih.

Adapun beberapa kelebihan dari software ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bisa digunakan untuk melakukan capture secara langsung dari kamera lain yang terhubung dengan device. Hasil capture tersebut bisa langsung disimpan dengan beragam format file yang berbeda.
  • Memiliki tampilan yang cenderung nyaman dipandang. Semua menu Adobe Premiere tertata dengan sangat rapi dan memiliki workspace yang lengkap sehingga pengguna nantinya tidak akan kebingungan saat menggunakannya.
  • Adobe Premiere memiliki timeline yang cenderung lebih luas dengan kapasitas atau daya tampung video dan audio hingga 99 buah. Tentu, pengguna nantinya bisa melakukan proses editing dengan sangat mudah dan memuaskan.
  • Memiliki tingkat ketelitian yang sangat tinggi hingga 0,01 sehingga hasil editing akan cenderung lebih maksimal.
  • Terdapat banyak pilihan efek dan filter yang bisa digunakan secara bebas. Tidak hanya itu, ada pula fitur curve yang bisa diandalkan untuk menajamkan dan melakukan koreksi pada detail gambar yang diedit.
  • Memiliki beragam dukungan preset sehingga Adobe Premiere bisa memberikan tambahan kesan yang sangat apik.
  • Bisa dikombinasikan menggunakan beragam animasi yang dibuat dengan software lainnya, seperti Adobe After Effect sehingga pengguna memiliki keleluasaan lebih untuk berekspresi.

Tidak hanya beberapa hal di atas, Adobe Premiere juga masih memiliki beragam kelebihan lainnya. Namun, yang paling penting untuk digarisbawahi adalah software ini ramah untuk pemula.

Apakah Adobe Premiere gratis?

Tidak. Adobe Premiere merupakan software berbayar. Anda mungkin bisa mendapatkan software secara gratis untuk versi trial yang disediakan. Selain itu, beberapa kalangan menggunakan versi crack untuk menggunakan software Adobe Premiere. Namun, cara tersebut kurang disarankan.

Berapa biaya penggunaan Adobe Premiere tersebut?

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk menggunakan fitur software Adobe Premiere cenderung beragam dibedakan jenis pengguna. Untuk pengguna individu, maka biaya yang perlu dikeluarkan adalah 283.300 per bulan untuk single app dan 715.100 per bulan untuk all app.

Sedangkan untuk kalangan bisnis, biaya yang diperlukan guna menggunakan software ini adalah 504.600 per bulan untuk single app dan 1.187.000 per bulan untuk all app. Perbedaan biaya ini dikarenakan fitur yang disediakan untuk penggunaan individu dan bisnis cenderung berbeda.

Apakah ada watermark pada software Adobe Premiere?

Tidak ada. Ketika Anda melakukan editing video dengan Adobe Premiere, maka tulisan nama aplikasi ini tidak akan muncul pada video yang dikerjakan.

Bagaimana cara mendapatkan video yang diedit dengan Adobe Premiere?

Sama dengan software editing video pada umumnya, nantinya Anda harus melakukan proses rendering video. Dengan proses ini, pekerjaan editing video akan disatukan dan video yang diedit akan tersimpan. Lama proses rending beragam tergantung dari banyaknya item yang diedit menggunakan software tersebut.

 

Leave a Comment