Mengenal Sejarah AutoCAD, Fitur dan Ragam Kelebihannya

Ketika membahas tentang dunia teknik, maka peran penting AutoCAD tidak bisa dilupakan. Ya, kebanyakan orang yang berkecimpung di dalam dunia teknik akan menggunakan AutoCAD sebagai salah satu software penunjang, terutama untuk membuat gambar perencanaan.

Adanya banyak fitur yang tersedia memang menjadi salah satu daya tarik dari software yang satu ini. Tidak hanya itu, AutoCAD pun cenderung cukup mudah untuk dioperasikan dan ada beragam kelebihan di dalamnya yang membuat software ini lebih dipilih daripada software serupa lainnya.

Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal terkait AutoCAD, mulai dari sejarah AutoCAD, fitur dan ragam kelebihan yang dimiliki. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Sekilas Sejarah AutoCAD

AutoCAD merupakan software desain CAD yang bisa diandalkan untuk membuat gambar 2 dan 3 dimensi. Awalnya, software ini dirilis pada bulan Desember 1982 yang lalu oleh perusahaan Autodesk.inc yang bermarkas di California, Amerika Serikat.

Software ini dikembangkan untuk kemudian dimanfaatkan sebagai sarana membantu proses pembuatan, modifikasi, analisis ataupun juga mengoptimalkan desain. Dengan menggunakan software ini, desainer nantinya akan lebih produktif dan memiliki akses yang lebih luas untuk meningkatkan kualitas desain yang dibuat.

Sebelum dirilis, program AutoCAD sudah dibuat pada tahun 1977 silam. Setelah dirilis 1982, pada 1986, AutoCAD berhasil menjadi software CAD paling populer di dunia untuk sistem operasi Windows. Ini adalah awal mula popularitas AutoCAD melejit.

Memasuki tahun 2000an, software AutoCAD telah tersedia secara open source dan gratis. Ketersediaan ini memberikan akses pengembangan software yang lebih cepat dan signifikan. Oleh karenanya, hingga kini ada cukup banyak versi AutoCAD yang tersedia.

Fitur Penting Software AutoCAD

Ada beragam fitur yang begitu penting di dalam software AutoCAD yang bisa menunjang keperluan desainer untuk menyelesaikan desain yang dibuat. Adapun beberapa fitur yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Architecture Toolset

architecture toolset

Fitur pertama yang tersedia di dalam AutoCAD adalah architecture toolset. Ini adalah fitur yang cukup mengesankan untuk menunjang keperluan menggambar arsitektur. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna bisa membuat sketch atau denah bangunan dengan lebih baik.

Tidak hanya itu, ada beragam alat khusus yang ada di dalamnya untuk mengoptimalkan hasil desain yang dilakukan. Juga, ada beberapa objek arsitek yang menarik untuk digunakan, seperti dinding, pintu, jendela dan lainnya.

2. Electrical Toolset

electrical toolset

Electrical toolset merupakan desain listrik yang bisa diandalkan untuk melakukan modifikasi, dokumentasi dan hal lainnya pada kontrol listrik. Dengan adanya fitur ini, pengguna akan mendapatkan kemudahan untuk membuat layout pada panel, membuat diagram skema dan membuat beragam gambar listrik lainnya.

3. Man 3D Toolset

man 3d toolset

Fitur lain yang tersedia di dalam software AutoCAD adalah Man 3D toolset. Fungsi utama dari fitur ini adalah menggabungkan topologi GIS dengan AutoCAD. Berbekal fitur yang didapatkan di dalamnya, Anda bisa menggunakan serta memelihara data CAD dan GIS secara bersamaan untuk menyusun manajemen data ataupun membuat desain dengan lebih optimal.

4. MEP toolset

mep toolset

MEP toolset adalah futur yang digunakan untuk melakukan penyusunan ataupun membuat desain terkait sistem bangunan MEP yang ada di lingkungan AutoCAD. Dengan menggunakan fitur ini, maka desain yang dibuat akan memiliki tingkat akurasi yang cenderung lebih maksimal dan baik.

5. Plant 3D toolset

plant 3d toolset

Plant 3D toolset adalah fitur yang bisa dimaksimalkan untuk menghasilkan P&ID. Melalui fitur ini, Anda akan mendapatkan akses integrasi dengan model berbasis 3D dan membuat beragam output sesuai dengan keperluan desain yang dibuat.

Beberapa poin di atas adalah ragam fitur utama yang ada dan tersedia di dalam software AutoCAD. Selain fitur di atas, AutoCAD masih memiliki lebih banyak fitur menarik lain untuk memudahkan Anda dalam membuat desain dan memaksimalkan hasil desain yang dibuat.

Fungsi AutoCAD

Software AutoCAD bisa digunakan untuk beragam keperluan. Adapun ragam fungsi dari software ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Membuat rancangan desain arsitektur
  • Membuat desain jembatan besar atau proyek jalan
  • Membuat desain tool atau peralatan mesin, otomotif dan beragan keperluan mekanik lainnya
  • Merancang desain bangunan dan gedung
  • Merancang desain pesawat terbang
  • Membuat desain mobil dalam industri
  • Membuat desain interior dan eksterior pada rancang bangunan
  • Membuat sketch untuk rumah, bangunan dan lainnya
  • Membuat beragam proyek dengan detail 2D ataupun 3D

Kelebihan AutoCAD

AutoCAD bukan satu-satunya software desain yang tersedia. Namun, ada beberapa kelebihan dari software ini yang bisa dijadikan alasan kenapa Anda memilihnya dibandingkan software lainnya.

Beberapa kelebihan AutoCAD diantaranya adalah:

  • Gambar yang dihasilkan dengan software AutoCAD memiliki hasil yang secara umum lebih baik dan lebih presisi dibandingkan dengan gambar secara manual.
  • Gambar yang dibuat dengan AutoCAD memiliki tingkat akurasi yang cenderung lebih tinggi dikarenakan software ini memiliki tingkat presisi hingga 13 digit.
  • AutoCAD memiliki bidang gambar yang tidak terbatas sehingga memungkinkan pengguna untuk membuat gambar dengan ukuran yang lebih luas terutama di bagian tertentu.
  • Skala yang dihasilkan oleh AutoCAD cenderung lebih fleksibel, sehingga gambar bisa dihasilkan dengan lebih bervariasi, terutama untuk memberikan penekanan pada bagian desain tertentu.
  • Gambar di AutoCAD lebih mudah untuk disimpan dan diedit nantinya tanpa memerlukan proses render yang terlalu lama dibandingkan dengan software editing lainnya.

Dilihat dari sejarah AutodCAD, fungsi dan kelebihannya, tidak mengherankan jika software ini menjadi andalan para professional.

Berapa spesifikasi RAM minimal untuk menjalankan software AutoCAD?

Agar software AutoCAD terbaru bisa berjalan dengan lancar, maka diperlukan RAM minimal 8 GB pada device yang digunakan. Device yang memiliki RAM 16 GB cenderung akan memberikan performa yang lebih baik. Hanya saja, kinerja AutoCAD juga dipengaruhi oleh komponen lainnya, seperti OS ataupun kartu grafis yang digunakan serta versi AutoCAD yang diinstal.

Apakah AutoCAD bayar?

Anda bisa menggunakan AutoCAD secara gratis dengan cara mengunduh di website resmi yang sudah disediakan. Karena bersifat open source, AutoCAD bisa digunakan tanpa biaya. Hanya saja, ada lisensi yang disediakan dan Anda harus membelinya jika hendak mendapatkannya. AutoCAD dengan lisensi umumnya memiliki fitur lebih lengkap.

Apakah Intel Core i3 bisa menjalankan AutoCAD?

Bisa. Intel Core i3 adalah prosesor minimal yang disarankan untuk menjalankan versi AutoCAD terbaru dengan lancar. Hanya saja, untuk kinerja software AutoCAD yang lebih baik dan lancar, maka Anda sebaiknya menggunakan prosesor yang lebih tinggi. Cek detail sistem yang disarankan untuk menjalankan aplikasi ini di website resmi yang sudah disediakan.

Apakah AutoCAD tersedia untuk smartphone?

Autodesk turut menyediakan software AutoCAD untuk digunakan pada smartphone. Hanya saja, fitur yang disediakan tidak selengkap fitur AutoCAD untuk device PC ataupun laptop. Selain itu, AutoCAD versi smartphone kurang cocok untuk mengerjakan beragam proyek yang cenderung rumit.

Leave a Comment