Mengenal Google Drive: Fungsi dan Kelebihannya

Penyimpanan file tidak harus selalu dalam bentuk fisik seperti flashdisk. Selain mudah hilang, file rentan terkena virus karena harus berkontak dengan perangkat komputer lain saat proses pemindahan file berlangsung.

Dengan Google Drive, semua itu takkan terjadi lagi. Anda hanya perlu menyalakan internet, lalu membagikan file dalam sebuah link tanpa harus menyambungkan perangkat Anda dengan orang lain.

Sebenarnya aplikasi ini memiliki banyak sekali kegunaan. Mari mengenal Google Drive lebih banyak untuk kebutuhan penyimpanan data Anda.

Mengenal Google Drive?

Google Drive merupakan produk milik Google yang dapat digunakan untuk menyimpan segala jenis file secara online. Kapasitas penyimpanannya tersedia 15 GB untuk setiap pengguna dan bisa diupgrade hingga 2 TB.

Drive tidak hanya digunakan untuk menyimpan data saja. Sifatnya dinamis sehingga dapat digunakan untuk tempat backup file aplikasi atau perangkat secara otomatis. Semisal jika Anda kehilangan ponsel atau laptop, maka dokumen Anda tetap aman dalam cloud storage ini.

Anda juga dapat terhubung dengan produk Google lainnya, seperti Gmail, Google Documents, Google Sheets, dan Google Slides. Sistem integrasi tersebut sangat mempermudah Anda dan tim dalam menyelesaikan projek.

Fungsi dan Kelebihan

Sejak 2018 lalu, pengguna aktif Google Drive hampir mencapai 1 milyar. Dengan jumlah tersebut membuktikan jika media ini layak untuk dipertimbangkan sebagai penyimpanan data Anda. Berikut beberapa fungsi serta kelebihannya.

1. Cepat Mengakses Data

Sudah bukan rahasia lagi jika akses data melalui flashdisk selalu dibatasi tergantung merek dan tipe produk. Hal tersebut juga sangat berpengaruh pada kecepatan transfer fileCukup dengan Google Drive beserta dukungan jaringan internet, data dapat diakses dengan cepat.

2. Sinkronisasi Otomatis

Selain cepat, Google Drive juga bisa diakses di banyak perangkat. Hal ini dikarenakan Drive telah terintegrasi secara otomatis dengan produk Google lain, seperti Gmail misalnya. Jika Anda ingin mengakses data di perangkat lain, tinggal sambungkan email saja.

3. Dapat Membuat Dokumen

Dalam Drive juga sudah tersingkronisasi produk Google lain seperti Google Docs, Sheets, Forms, Drawings, dan Slides. Semua fungsi tersebut dapat digunakan untuk pembuatan file baru secara online. File akan tersimpan secara otomatis secara real-time setiap kali Anda mengeditnya.

4. Kolaborasi

Simpan dan backup data merupakan fungsi dasarnya saja. Yang membuat banyak orang terkesan dengan cloud storage Google ini adalah file dapat dibagikan secara bebas dan dapat diedit oleh siapa saja melalui sebuah link. Data lain yang tidak dibagikan akan tersimpan dengan aman.

Dengan begitu, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan bersama dengan rekan kerja lainnya meski dari jarak jauh.

5. Keamanan Terjamin

Tidak perlu ragu lagi memutuskan untuk menggunakan Google Drive sebagai wadah untuk mencadangkan semua data Anda. Google sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia akan menjaga keamanan data dari virus dan hacker.

Bagaimana cara mengupload file di Google Drive?

Buka drive.google.com di browser atau aplikasi Google Drive yang terpasang di perangkat. Pilih tanda tambah, lalu klik Upload dan cari file yang ingin diunggah. Akan muncul notifikasi setelah data berhasil terunggah.

Bagaimana membuat file baru di Google Drive?

Pada halaman drive.google.com, klik ikon Tambah di sebelah kiri atas. Pilih jenis file yang ingin dibuat, lalu pilih Dokumen Baru.

Bagaimana Cara Membuat Link Google Drive?

Masih pada halaman Google Drive di browser, cari file yang ingin dibagikan. Klik tanda titik tiga pada file, lalu pilih Dapatkan Link.

Setelah mengenal Google Drive beserta fungsi dan kelebihannya, login menggunakan Gmail Anda untuk mendapatkan storage 15 GB secara gratis yang sudah terjamin aman dan anti virus.

Leave a Comment