Cara Paksa Berhenti Aplikasi di PC atau Laptop

Dewasa ini, PC atau laptop seakan sudah menjadi perangkat wajib untuk menyelesaikan berbagai, baik pekerjaan kantor maupun tugas sekolah. Untuk menggunakan perangkat sesuai dengan kebutuhan, tentu saja pengguna akan membutuhkan suatu software atau aplikasi tertentu.

Di balik itu, masalah seperti freezing atau tidak merespon tidak bisa terelakkan dari pengguan PC. Untuk penyebabnya juga sangat beragam, tergantung dari kondisi software dan perangkat Anda saat itu.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mematikan paksa PC atau Anda juga bisa paksa berhenti program tersebut. Namun terlalu sering mematikan paksa PC akan berdampak buruk pada perangkat dan bisa memperpendek umur pemakaiannya. Jadi sebaiknya pelajari cara paksa berhenti aplikasi berikut ini.

Cara Paksa Berhenti Aplikasi di PC atau Laptop

Melalui Task Manager

Jika kondisi masih memungkinkan untuk Anda membuka Task Manager, maka sebaiknya Anda mencoba metode ini karena terbilang cukup ampuh. Adapun langkah-langkahnya yaitu:

  • Buka Tas Manager dengan klik kanan pada Taskbar.
  • Kemudian pada bagian Processes, cari aplikasi yang freeze dan ingin Anda tutup.
  • Klik kanan pada program tersebut lalu pilih End Task.

Melalui Tombol Kombinasi Alt + F4 pada Keyboard

Cara selanjutnya untuk menutup paksa program atau aplikasi yang sedang berjalan adalah dengan menekan tombol kombinasi pada keyboard yaitu Alt + F4.

Yang mana tombol kombinasi tersebut berfungsi untuk menutup aplikasi atau program yang sedang berjalan.

Melalui Command Prompt

Command prompt adalah suatu program Windows yang berfungsi sebagai interpreter perintah DOS. Salah satu fungsi dari Command Prompt itu sendiri adalah memberhentikan aplikasi secara paksa. Adapun caranya yaitu:

  • Pertama, buka Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R pada keyboard lalu ketik cmd dan klik OK.
  • Kemudian, Anda akan melihat tampilan utama Command Prompt. Maka ketik saja tasklist untuk melihat aplikasi atau program apa saja yang sedang berjalan.
  • Setelah itu, untuk menutup paksa aplikasi, maka ketik taskkill/im (nama program) lalu tekan Enter pada keyboard. Misalnya ketika Anda ingin menghentikan paksa Opera, maka perintah yang harus digunakan yaitu taskkill/im Opera.exe lalu pencet Enter.
  • Kemudian akan muncul pop up Succes jika Anda berhasil menutup paksa aplikasi tersebut.

Melalui PowerShell

Selain melalui Command Prompt, Anda juga dapat menggunakan Command Line dari Windows 10, yaitu PowerShell. Adapun cara memberhentikan paksa aplikasi yang sedang berjalan melalui menu tersebut, yaitu:

  • Pertama buka PowerShell melalui Search Bar.
  • Pada PowerShell Anda juga harus mengetahui nama file aplikasi yang sedang berjalan. Oleh karena itu masukkan perintah Get-process lalu tekan Enter.
  • Nah, untuk paksa berhenti aplikasi melalui PowerShell, gunakan perintah kill – processname opera.

Membuat Shortcut untuk Paksa Berhenti Aplikasi

Cara terakhir untuk menutup paksa aplikasi freeze adalah dengan membuat shortcut yang nantinya berfungsi untuk nenudahkab Anda dalam menutup program yang not responding atau error hang.

  • Pertama, buka home screen desktop lalu klik kanan dan pilih New kemudian pilih Shortcut.
  • Setelah itu pada jendela Create Shortcut, tuliskan perintah taskkill / f / fi “status eq not responding.
  • Kemudian klik Next lalu tentukan apa nama dari shortcut tersebut dan klik Finish.
  • Nah, untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan, maka Anda bisa langsung klik shortcut yang telah Anda buat tersebut.

Apakah penyebab aplikasi error atau freeze?

Itu bisa terjadi karena perangkat yang tidak kuat menjalankan aplikasi terlalu banyak atau memang karena ada kesalahan ketika mengunduh software tersebut.

Apa akibatnya terlalu sering mematikan paksa perangkat karena aplikasi freeze?

Berakibat kerusakan dan memperpendek umur perangkat.

Bagaimana cara tercepat untuk paksa berhenti aplikasi yang sedang berjalan?

Gunakan tombol kombinasi Alt + F4.

 

Leave a Comment