Apa Pengertian Google Chrome? Pelajari Selengkapnya Disini!

Di era teknologi seperti saat ini, tidak menutup kemungkinan semua lapisan masyarakat memperoleh informasi secara cepat dan mudah.

Untuk menyebarkan ataupun mencari sumber informasi terkait, tentu saja harus melalui perantara bantuan yaitu perangkat. Smartphone adalah perangkat yang saat ini paling umum digunakan, meskipun tidak jarang juga yang menggunakan PC atau laptop.

Sementara itu, web browser merupakan hal yang sangat berperan penting dan memudahkan pengguna untuk memperoleh informasi. Saat ini pun sudah ada beberapa web browser yang bisa digunakan untuk menggali informasi digital, salah satu yang paling populer adalah Google Chrome.

Lantas apa pengertian Google Chrome sebenarnya? Simak jawabannya berikut ini.

Pengertian Google Chrome

google chrome

Google Chrome merupakan salah satu web browser besutan Google yang berguna untuk berselancar di dunia maya. Hampir semua informasi bisa Anda peroleh di sini. Pengguna hanya perlu memasukkan keyword atau kata kunci dari informasi yang ingin dicari kemudian system akan menampilkan informasi yang tengah Anda cari.

Web aplikasi yang bersifat open source ini juga menggunakan rendering webkit. Jadi, tidak heran jika Google Chrome memiliki performa yang kencang namun tetap ringan digunakan.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, web browser dari Google ini bisa digunakan untuk mengakses semua informasi dengan cepat melalui berbagai perangkat baik itu laptop, smartphone maupun PC.

Selain itu, Google Chrome juga dapat digunakan pada banyak OS antara lain MacOS, Windows, Android, Chrome OS, Linux dan juga iOS.

Perkembangan Google Chrome

perkembangan google chrome

Google Chrome versi beta pertama lahir pada September tahun 2008, yang mana pada versi newbie ini masih tersedia untuk perangkat Windows Xp dan menggunakan mesin rendering Webkit.

Setelah beberapa bulan ke depan, tepatnya pada 11 Desember di tahun yang sama Chrome resmi dirilis oleh Google untuk go public. Karena kemampuannya, Google Chrome tidak membutuhkan waktu lama dan dalam sekejap saja mengambil alih perhatian publik.

Di awal tahun 2019 Google mulai mengembangkan versi OS X setelah sukses di Windows. Kemudian di pertengahan tahun yang sama, Google mengembangkan versi previewnya. Setelah itu, di akhir tahun 2019 Google Chrome versi OS X beralih ke versi bera begitu juga untuk versi Linux.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak detail perkembangan versi Chrome di bawah ini:

  • Versi 0.2 sampai versi 1.0 pada tahun 2008.
  • Versi 2.0 sampai versi 8.0 pada tahun 2009 dan 2010.
  • Versi 9.0 sampai versi 23.0 pada tahun 2011 dan 2012.
  • Versi 24.0 sampai versi 39.0 pada tahun 2013 dan 2014.
  • Versi 40.0 sampai versi 55.0 pada tahun 2015 dan 2016.
  • Versi 56.0 sampai versi 71.0 pada tahun 2017 dan 2018.
  • Versi 72.0 sampai versi 80.0 pada tahun 2019. Versi terakhir inilah yang digunakan hingga saat ini.

Fitur Utama Google Chrome

fitur utama google chrome

Sebagai aplikasi berbasis web lintas platform, Google Chrome menyuguhkan sederet fitur unggulan yang bisa digunakan oleh pengguna untuk menggali berbagai informasi yang diinginkan.

Sejumlah fitur andalan seperti private mode, pilihan bahasa yang kompleks, multi tab dan banyak lagi fitur utama lainnya yang menjadi daya tarik tersendiri untuk Google Chrome ini.

Adapun beberapa fitur yang akan Anda dapatkan jika menggunakan web browser yang satu ini adalah sebagai berikut:

Jaminan Keamanan

Sebagai salah satu proyek dari perusahaan teknologi terbesar di dunia, Google Chrome tentu saja memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Sehingga Chrome disenjatai dengan fitur kata sandi utama yang akan melindungi semua kata sandi yang tersimpan.

Misalnya password email, Internet Banking, akun media sosial, akun marketplace serta berbagai layanan berbasis online lainnya.

Kecepatan Akses Berkat V8 JavaScript

Kecepatan adalah salah satu yang diandalkan oleh Chrome, dan kecepatan inilah yang menjadikan Chrome berhasil menggeser posisi Internet Explorer meskipun web browser tersebut berumur lebih tua dari Chrome.

Google mempercayai V8 JavaScript yang terdiri atas dua fitur utama dan generasi kode dinamis yang membuat Chrome memiliki performa di atas rata-rata, namun tetap ringan digunakan pada perangkat apapun.

Anti Malware and Phishing

Sebagai upaya peningkatan keamanan, Chrome mengunduh berkas terbaru mengenai daftar malware serta phishing secara rutin dan berkala. Dengan fitur tersebut, Chrome akan memberikan peringatan kepada pengguna ketika mengakses salah satu situs yang memiliki potensi bahaya.

Extensions

Fitur selanjutnya yang dimiliki oleh Chrome adalah fitur Extensions yang memungkinkan pengguna untuk memodifikasi Google Chrome. Fitur tersebut dirancang dengan teknologi web seperti CSS, JavaScript dan juga HTML.

Pada fitur ini terdapat berbagai extensions yang dapat pengguna pilih sesuai kebutuhan. Setiap ekstensi tentu saja memiliki fungsi yang berbeda-beda, misalnya Google Calendar, Google Translate, Clean Master, Zoom Scheduler dan lain sebagainya.

Incognito Mode

Fitur mode penyamaran atau incognito sangat berguna untuk Anda yang memiliki kepentingan khusus dan ingin mengakses informasi pada perangkat lain. Pasalnya, fitur ini berfungsi untuk mencegah browser menyimpan informasi riwayat, data situs, cookie maupun masukan formulir permanen.

Tampilan

User interface pada sebuah aplikasi web menjadi hal yang sangat penting. Google Chrome memiliki tampilan user friendly sehingga sangat mudah digunakan meskipun bagi pengguna yang sama sekali belum pernah melihatnya.

Desainnya cukup sederhana, bersih, minimalis namun tetap modern. Pada halaman utamanya, Google Chrome akan menampilkan beberapa tools utama seperti refresh/batal, Tab, menu dan maju/mundur.

Bookmark

Sama halnya dengan web browser lain seperti Microsoft Edge, Firefox dan Safari, Chrome juga dibekali dengan fitur bookmark. Sehingga pengguna dapat dengan mudah menandai halaman untuk dibuka kembali di waktu mendatang.

Terjemahan Otomatis

Integrasi adalah salah satu keunggulan Google, yang mana Google memberikan kemampuan Google Translate yang aktif secara default dan bisa dimatikan kapan saja jika Anda merasa tidak memerlukannya.

Kelebihan Google Chrome

  • Performa cepat di atas rata-rata.
  • Tampilan user friendly dan modern.
  • Aman dan nyaman digunakan.
  • Memiliki banyak fitur inbuilt yang canggih.
  • Terintegrasi dengan Google Apps lainnya.
  • Memiliki ukuran yang ringan sehingga lebih hemat RAM.
  • Bisa menggunakan fitur tambahan.
  • Memiliki nilai pengguna tertinggi.

Rekomendasi Ekstensi pada Google Chrome

Similarweb

Dengan menggunakan ekstensi ini, Anda dapat mengetahui tingkat popularitas website kompetitor, selain itu Anda juga akan memperoleh pengetahuan statistik serta estimasinya yang berbentuk traffic.

LastPass

Untuk meningkatkan keamanan, Anda dapat menggunakan ekstensi LastPass guna menyimpan semua password. Sehingga ketika Anda ingin masuk pada situs tertentu, password serta username aka secara otomatis terisi.

Momentum

Ekstensi Momentum berguna untuk merancang dashboard sehingga dapat meningkatkan inspirasi, fokus serta produktivitas pengguna.

Apakah Google Chrome dapat digunakan pada semua sistem operasi?

Iya. Web browser ini dapat digunakan pada semua jenis OS seperti Windows, Linux, iOS, Android, macOS dan juga Chrome OS.

Apakah Google Chrome gratis?

Iya. Google Chrome adalah software berbasis web open source yang dapat Anda gunakan secara gratis pada website resminya.

Apakah Google Chrome aman?

Iya. Google Chrome adalah salah satu web browser yang teraman dengan segala fitur pendukung yang ada di dalamnya.

Leave a Comment