8 Pengganti Photoshop yang Bisa Diandalkan

Ketika berbincang tentang aplikasi edit foto, Photoshop masih menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak dipilih. Dukungan fitur yang lengkap serta fakta jika pengguna lebih familiar dengan software ini, membuat Photoshop banyak digunakan oleh semua kalangan.

Hanya saja, harga yang mahal serta pembelian dengan cara berlangganan membuat beberapa kalangan akhirnya beralih ke software serupa lainnya.

Nah, untuk Anda yang ingin melakukan editing foto dengan hasil terbaik, ada beberapa aplikasi pengganti Photoshop yang bisa dijadikan pilihan alternatif. Tentu saja, dengan adanya beragam aplikasi alternatif tersebut nantinya Anda bisa memilih mana aplikasi yang sekiranya cocok dan memiliki fitur lengkap untuk memberikan hasil editing yang maksimal.

Apa saja aplikasi pengganti Photoshop yang dimaksud tersebut? Simak ulasannya!

Pilihan Aplikasi Pengganti Photoshop

Sebagaimana disinggung di awal, ada cukup banyak aplikasi yang bisa dijadikan pengganti Photoshop untuk melakukan proses editing foto ataupun file lainnya. Adanya beragam aplikasi tersebut akan memudahkan Anda mendapatkan software editing yang tepat, baik untuk device smartphone ataupun desktop.

Nah, beberapa rekomendasi aplikasi Photoshop yang bisa dipilih dan cocok untuk mengerjakan editing foto dengan maksimal diantaranya adalah sebagai berikut:

1. KRITA 3

krita 3

KRITA 3 adalah salah satu aplikasi pengganti Photoshop yang cukup menarik untuk digunakan. Pasalnya, aplikasi ini memiliki tampilan muka yang sangat mirip dengan Photoshop sehingga Anda yang familiar dengan software Photoshop akan sangat mudah untuk menggunakannya.

Tidak hanya itu, KRITA 3 pun juga memiliki beragam tools yang serupa, seperti pen, erase, shape dan lainnya yang bisa diandalkan untuk mengedit foto dengan mudah. Memang, KRITA 3 tidak memiliki kompleksitas seperti Photoshop. Namun, aplikasi ini sudah lebih dari cukup untuk dijadikan alternatif yang tepat.

2. Photo Scape

photo scape

Photo Scape juga bisa dijadikan opsi menarik untuk pengganti Photoshop. Aplikasi yang satu ini menawarkan fungsi editing foto yang cukup lengkap untuk memberikan sentuhan tambahan dalam proses editing untuk menghasilkan foto yang lebih menarik.

Nah, beberapa fungsi yang tersedia diantaranya adalah face search, splitter, converter, animated gif, print, rename dan lainnya. Photo Scape juga memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan tersedia secara gratis. Selain itu, Photo Scape pun sudah support untuk device smartphone dan desktop.

3. FOTOR

fotor

Aplikasi lain yang bisa dijadikan opsi pengganti Photoshop adalah FOTOR. Aplikasi ini merupakan software berbasis cloud yang menawarkan beragam fitur dan menu editing yang bisa dikatakan cukup lengkap. Dengan menggunakan software ini, Anda bisa mengatur tingkat kecerahan, highlight, bayangan, noise dan lainnya.

Tidak hanya itu, FOTOR pun memiliki beragam fitur yang cukup mengesankan. Bahkan, terdapat fitur yang bisa digunakan untuk menyempurnakan hasil editing foto hanya dengan satu kali klik saja. Tidak hanya itu, ada opsi monetize karya yang tersedia untuk mendapatkan keuntungan dari karya yang dibuat.

4. Photo Director

photo director

Photo Director juga direkomendasikan sebagai salah satu alternatif pengganti Photoshop. Aplikasi ini cukup menarik untuk dicoba dan dijadikan opsi karena menawarkan fitur dasar yang cukup lengkap. Melalui aplikasi Photo Director, Anda bisa melakukan pengerjaan editing dan custom foto dengan lebih mudah.

Juga, Photo Director cocok untuk pengguna profesional. Hal ini dikarenakan dukungan tools di dalamnya yang sangat lengkap. Beberapa tools yang dimaksud diantaranya adalah animasi foto, red-eye remover dan lainnya.

5. GIMP

gimp

GIMP juga termasuk aplikasi yang bisa dijadikan opsi menarik untuk menggantikan peran software Photoshop. Pasalnya, aplikasi yang satu ini menawarkan cukup banyak fitur editing yang bisa dikatakan lengkap. Juga, ada cukup banyak komunitas GIMP di jejaring sosial dan bisa dijadikan sumber informasi sekaligus ruang diskusi.

Hanya saja, perlu diketahui bahwa GIMP memiliki tampilan antar muka yang cenderung kompleks dan tidak sesederhana Photoshop. Penggunaan aplikasi ini pun cenderung lebih rumit dibandingkan dengan Photoshop. Namun, jika Anda sudah mempelajarinya, tentu navigasi dan antar muka aplikasi bukan lagi permasalahan serius.

6. Affinity Photo

affinity photo

Aplikasi lain yang bisa dijadikan pengganti Photoshop adalah Affinity Photo. Tidak jauh berbeda dengan beberapa aplikasi sebelumnya, Affiniaty Photo juga hadir dengan beragam fitur menarik. Beberapa fitur yang tersedia diantaranya adalah multi-layer, 360 image editing, raw editing, dan lainnya.

Tidak hanya itu, Anda pun akan menemukan fitur lain yang tidak kalah mempesona untuk memberikan sentuhan yang lebih maksimal pada hasil editing foto. Sayangnya, Affinity Photo bukan aplikasi gratis. Artinya, Anda yang hendak menggunakan aplikasi ini harus melakukan pembayaran. Meskipun, harga aplikasi ini lebih terjangkau dibandingkan dengan Photoshop.

7. PIXLR

pixlr

PIXLR merupakan aplikasi edit foto yang juga masuk dalam rekomendasi pengganti Photoshop yang bisa Anda jadikan opsi. Perlu diketahui, PIXLR merupakan aplikasi berbasis cloud. Oleh karenanya, Anda yang menggunakan aplikasi ini tidak perlu mengunduh aplikasi baik ke laptop ataupun PC.

Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Anda hanya perlu membuka situs PIXLR. Nah, ada opsi untuk memasukkan foto yang hendak diedit. Dengan menggunakan fitur dan tools editing yang tersedia, Anda bisa langsung melakukan proses editing secara langsung dan juga mengunduh hasil jika hendak disimpan atau dicetak.

PIXLR cocok untuk kalangan pemula. Pasalnya, aplikasi ini menyediakan fungsi yang cenderung sederhana dan mudah digunakan, terutama untuk kalangan non-komersial.

8. Photo Pad

photo pad

Untuk mengedit foto dengan hasil yang mengesankan, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Photo Pad. Aplikasi yang satu ini bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk menggantikan Photoshop.

Apa yang menarik dari aplikasi ini adalah, ketersediaan tools yang cukup lengkap dan mudah digunakan. Tidak hanya itu, dengan antar muka yang cenderung sederhana, Photo Pad ini mudah dipelajari untuk pemula yang ingin belajar mengedit foto. Anda juga akan menemukan beragam efek serta filter instan yang bakal memberikan hasil menakjubkan.

Hanya dengan satu kali klik saja, maka foto yang Anda edit akan mendapatkan tampilan yang lebih mengesankan.

Beberapa hal di atas adalah ragam aplikasi yang bisa dikatakan cocok untuk pengganti Photoshop. Memang, Photoshop cenderung familiar dan bisa diandalkan untuk mengedit foto dengan ragam hasil yang maksimal. Namun, menggunakan aplikasi alternatif bisa dijadikan opsi, terutama untuk mencari aplikasi yang lebih mudah digunakan dan tentu saja gratis!

Apakah Photoshop tersedia secara gratis?

Tidak. Adobe selaku pengembang Photoshop tidak menyediakan versi gratis untuk software satu ini. Hanya saja, Anda bisa memanfaatkan uji coba gratis yang disediakan selama 7 hari.
Di sisi lain, ada opsi menggunakan crack pada Photoshop, namun cara ini cenderung tidak disarankan karena selain rawan bermasalah, juga termasuk perbuatan illegal dan dapat berakibat banned.

Apakah Photoshop hadir untuk smartphone?

Ya, versi Photoshop juga hadir untuk Android. Di sini tersedia dua opsi, yakni Adobe Photoshop Express dan Adobe Photoshop Mix yang masing-masing tentu memiliki kriteria tersendiri. Tetapi dari segi fitur, keduanya memiliki fitur yang cukup lengkap dan bisa diandalkan untuk mengedit foto. Hanya saja, keduanya pun juga bukan satu-satunya rekomendasi aplikasi edit yang ditawarkan.

Apa yang harus dipertimbangkan ketika mencari aplikasi edit foto?

Selain detail dan fitur dari aplikasi itu sendiri, Anda sebaiknya melihat spesifikasi yang diperlukan. Umumnya, aplikasi edit foto membutuhkan spesifikasi perangkat yang cenderung tinggi dan memerlukan kapasitas RAM dan VGA yang lebih tinggi pula. Tanpa komponen pendukung yang mumpuni, bisa jadi aplikasi tersebut tidak bisa berjalan dengan lancar.

Leave a Comment