Membran Keyboard, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Keyboard merupakan salah satu hardware atau komponen pada PC maupun laptop yang berfungsi untuk menginput data maupun memberikan perintah. Bisa dibayangkan jika keyboard laptop atau komputer Anda rusak, pasti sangat bingung bukan ketika ingin menginput data? Harus repot-repot menggunakan virtual keyboard.

Bayangan keyboard jaman dahulu adalah mesin tik, kemudian berkat perkembangan teknologi perangkat komputer, jenis-jenis keyboard kini sudah semakin banyak. Beberapa jenis yang paling sering dijumpai yaitu mekanikal keyboard dan membran keyboard.

Membran keyboard menjadi jenis keyboard yang paling banyak digunakan saat ini karena berbagai kecanggihan teknologi dibandingkan dengan generasi dahulunya yaitu keyboard mekanik. Untuk lebih jelasnya, simak informasi mengenai membran keyboard di bawah ini:

Apa itu Membran Keyboard?

Membran keyboard atau dikenal juga dengan rubber dome merupakan jenis keyboard yang banyak dilirik oleh pengguna PC karena harganya yang cukup affordable dan juga lebih mudah dijumpai dari pada keyboard jenis lain.

Tidak bisa dimungkiri, hampir semua lembaga seperti perkantoran, sekolah dan kampus banyak yang menggunakan jenis keyboard ini. Rubber dome mempunyai komponen penahan berbentuk kubah dengan bahan dasar karet yang berfungsi untuk penahan tekanan tombol ketika ditekan.

Pada sebuah keyboard membran terdapat 3 lapisan yang ada pada bagian bawah tombol. Membran tersebut terbuat dari silikon yang kemudian di bagian bawahnya dilapisi granit.

Meski begitu, sebagian besar gamers atau keyboard enthusiast tidak begitu menyukai keyboard rubber dome karena dinilai tidak nyaman atau mushy saat ditekan. Sehingga para gamers lebih memilih beralih kembali ke keyboard mekanik.

Namun untuk pengguna biasa dan hanya menggunakan keyboard untuk kebutuhan normal, keyboard membran lebih digemari.  Hal tersebut tidak terlepas dari sederet kelebihan yang dimiliki oleh keyboard jenis ini.

Kelebihan Membran Keyboard

Pergeseran keyboard dari teknologi mekanikal ke teknologi membran awalnya didasari oleh beberapa kelebihan di bawah ini.

Keyboard Membran Lebih Ringan

Pada umumnya, keyboard dengan teknologi membran terbuat dari bahan plastik sehingga lebih ringan dan praktis dibawa ke mana-mana. Hal inilah yang menjadi alasan bagi pelajar dan mahasiswa lebih menyukai keyboard dengan teknologi membran daripada mekanik.

Suara Ketikan Tidak Berisik

Ketukan keyboard pada setiap tombol rubber dome akan menghantam silikon terlebih dahulu sebelum mengenai sirkuit elektrik di bawahnya, sehingga suara ketikan yang dihasilkan lebih lembut dan tidak berisik. Jenis keyboard ini sangat cocok untuk Anda yang tidak begitu menyukai kebisingan.

Harga Lebih Terjangkau

Karena bahan utamanya terbuat dari plastik, maka harga yang dipatok untuk keyboard membran juga lebih terjangkau dibandingkan keyboard mekanik. Selain itu, bagi produsen yang biasa menjual komputer paket komplit, penggunaan keyboard membran diklaim lebih menguntungkan sehingga keyboard jenis ini juga semakin mudah Anda dapatkan di pasaran.

Kekurangan Membran Keyboard

Selain memiliki kelebihan yang patut diperhitungkan, membran keyboard juga mempunyai beberapa kekurangan yang membuat sebagian pengguna tetap setia menggunakan keyboard mekanik, terlebih bagi Anda para gamers.

Keyboard Membran Kurang Nyaman

Keyboard dengan teknologi membran lebih berfokus pada output suara yang dihasilkan supaya tidak berisik, sehingga tidak begitu memperhatikan kenyamanan ketika digunakan. Sementara pada keyboard mekanikal, beberapa pengguna mengaku keyboard tersebut memberikan sensasi kenyamanan tersendiri.

Lebih Cepat Rusak

Dalam hal ketahanan atau keawetan, rubber dome dinilai lebih cepat rusak. Selain itu, pengguna juga harus mengganti seluruh bagian papan keyboard jika kerusakan terjadi.

Sulit Modifikasi

Salah satu alasan mengapa keyboard membran kurang diminati oleh enthusiast keyboard adalah sulitnya proses modifikasi kareena sistem desain yang cukup rumit. Jadi pengguna harus mengubah semua papan keyboard jika ingin memodif ulang.

Apakah membran keyboard bisa digunakan untuk bermain game?

Bisa, semua jenis keyboard bisa digunakan untuk bermain game, hanya saja tingkat kenyamanan yang dihasilkan berbeda.

Berapa harga membran keyboard pada umumnya?

Anda bisa mendapatkan membran keyboard pada rentang harga Rp. 100.000,- hingga Rp. 500.000,- sesuai dengan brand dan spesifikasi yang dimiliki.

Lebih bagus mana membran keyboard atau keyboard mekanikal?

Bagi Anda pengguna komputer dalam taraf normal, membran keyboard lebih cocok digunakan karena lebih fleksibel untuk dibawa ke mana saja.

 

Leave a Comment