Fungsi Adobe InDesign, Andalannya Para Layouter

Sebagai salah satu perusahaan raksasa dunia, Adobe memiliki banyak software dalam satu bundle. Masing-masing aplikasi tersebut tentu dilengkapi dengan keunggulan tersendiri. Fungsinya pun dibedakan sedemikian rupa untuk mempermudah para pekerja kreatif dalam menghasilkan konten terbaik.

Bagi Anda yang tertarik dengan desainer grafis, penting untuk mengetahui informasi dasar seperti fungsi dari masing-masing software Adobe. Salah satunya adalah InDesign.

Adobe InDesign merupakan aplikasi khusus desktop publishing karena fungsinya difokuskan pada pencetakan dokumen. Untuk mempermudah Anda memahaminya, berikut informasi tentang fungsi Adobe InDesign.

Fungsi Adobe InDesign

Bukan sekedar untuk editing cover buku saja, InDesign juga memiliki beberapa fungsi lain yang membuatnya menjadi software andalan para layouter.

Berikut ini beberapa fungsi lain dari Adobe InDesign.

1. Layout Buku

Salah satu fungsi InDesign adalah membuat layout buku. Proses editing menggunakan software ini merupakan tahapan penting sebelum buku dicetak. Tata letak yang rapi akan memberikan kemudahan pembaca buku dalam memahami setiap baris kata.

Pembuatan buku ini sangat berbeda dengan membuat dokumen biasa pada Microsoft Word. Setiap halamannya dibuat berdampingan layaknya buku fisik.

Layout dihasilkan menggunakan Adobe InDesign pun tampak rapi dan elegan, mengingat aplikasi ini memang dikhususkan untuk keperluan tata letak. Jadi tidak bisa disamakan dengan Ms.Word yang berfungsi sebagai pengolah teks semata.

2. Majalah yang Full Color

Selain menyusun buku, InDesign juga dapat berfungsi untuk membuat majalah. Tujuan utama penyusunan ini adalah mengemas teks menjadi lebih mengesankan.

Anda juga dapat menambahkan tipografi keren menyesuaikan tema majalah. Adobe InDesign sangat sempurna untuk perpaduan vektor dan bitmap. Teks yang dicetak terlihat tajam bak vektor dengan kualitas gambar raster.

Setiap lembar editingnya bisa dikemas secara menarik dalam waktu yang singkat. Dengan begitu, informasi dalam majalah jadi lebih mudah tersampaikan.

3. Desain Koran yang Kompleks

Adobe InDesign juga sangat cocok untuk pembuatan media cetak satu itu. Proses penyusunan setiap bagian pada koran bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Anda tidak akan mengalami kesulitan saat menyusun Koran yang terdiri dari ribuan kata dengan susunan tata letak acak. Setiap halamannya akan tersimpan dengan rapi hanya dalam satu kali editing.

Untuk ukuran margin dapat disesuaikan dengan keinginan karena layout InDesign diciptakan untuk para profesional yang bergelut di bidang tata letak. Itulah mengapa Anda dapat memasukkan kolom sebanyak mungkin dengan tipografi keren lengkap dengan gambar HD dan tabel.

4. Menggabungkan Banyak Media

Tidak hanya produk berbentuk buku atau bacaan, Anda juga bisa membuat media cetak sederhana dengan berbagai ukuran seperti poster, brosur, ataupun kalender.

Hasil desainnya juga tak kalah keren dari software grafis lain yang sering digunakan seperti Adobe Photoshop, Illustrator maupun CorelDraw. Tentunya hasil editing InDesign juga memiliki cir khas tersendiri yang membuatnya tampak ekslusif.

Dari ulasan di atas, terlihat fungsi Adobe InDesign memang menakjubkan, khususnya untuk kebutuhan desain berkelanjutan seperti buku dan media lain yang memiliki lebih dari satu halaman. Anda pun tidak perlu berpindah-pindah software karena semuanya dapat diolah dalam satu file editing.

Apa file format yang digunakan Adobe InDesign?

Format yang dihasilkan oleh Adobe InDesign adalah indp, idap, indd, indl, indt, Indb, inx, idml, qxd, qxt, dan joboptions.

Apa kelebihan Adobe InDesign?

Keunggulan yang dimiliki Adobe InDesign difokuskan untuk penyusunan media cetak. Yaitu dapat mengatur paragraf dengan sekali klik, mengerjakan ratusan halaman sekaligus, ringan dalam menyatukan banyak media, dapat membuat desain vektor seperti Adobe Illustrator dan memiliki fitur efek seperti yang ada di Adobe Photoshop.

Apa versi terbaru Adobe InDesign?

Versi terbarunya adalah Adobe InDesign CC 2021 (16.4) yang baru saja diupdate 18 Agustus lalu.

Apakah Adobe InDesign berbayar?

Penggunaan untuk member baru gratis selama 30 hari sebagai percobaan. Setelah habis masanya, Anda harus berlangganan dengan biaya per bulan hampir mendekati 400 ribu rupiah untuk penggunaan Adobe InDesign jangka panjang. Tentu ada pilihan paket lain yang dibandrol dengan harga berbeda,

Leave a Comment