Cara Mengaktifkan Kartu ATM BTN Baru Secara Online dan Ofline

Zaman semakin canggih, kehidupan juga semakin dimudahkan dalam segala hal. Mulai dari bekerja dan berbelanja, semuanya terasa lebih mudah dengan adanya teknologi. Jika dulu berbelanja di e-commerce hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit saja, namun kini kartu debit semakin mendominasi.

Tidak hanya itu, ternyata peranan kartu debit juga lebih luas dalam perihal transaksi. Seperti untuk membayar tagihan, transfer ke nomor rekening lain, pembayaran belanja online dan lain sebagainya. Hampir semua bank memiliki fasilitas kartu ATM atau kartu debit, tidak terkecuali bank BTN.

Bagi Anda yang sudah memiliki tabungan atau sudah menjadi nasabah bank BTN namun belum memiliki ATM, sebaiknya cek dulu jenis tabungan yang dimiliki dan ketersediaan fitur pada jenis tabungan tersebut. Setelah itu, pelajari cara mengaktifkan kartu ATM BTN Baru di bawah ini.

Daftar isi

Jenis Kartu ATM BTN

Sama halnya dengan bank-bank pada umumnya, Bank BTN juga memiliki beberapa jenis tabungan yang dapat nasabah pilih. Yang mana setiap jenis tabungan memiliki persyaratan, biaya administrasi serta fasilitas yang berbeda.

Salah satu jenis tabungan BTN yang memiliki biaya administrasi rendah adalah Tabungan BTN Batara. Yang mana biaya administrasi bulanan yang dibebankan yaitu Rp. 12.500 saja.

Tidak hanya jenis tabungan saja yang bermacam-macam, untuk kartu debit BTN juga tersedia dalam beberapa jenis, seperti:

  • Kartu Debit atau ATM BTN Prioritas Platinum
  • Kartu Debit atau ATM BTN Prioritas Gold
  • Kartu Debit atau ATM BTN Platinum
  • Kartu Debit atau ATM BTN Gold
  • Kartu Debit atau ATM BTN Silver
  • Kartu Debit atau ATM BTN Reguler Syariah

Setelah mengetahui jenis-jenis ATM BTN, lantas bagaimana dengan biaya pembuatannya? Mungkin pertanyaan ini yang paling pertama muncul di benak Anda. Nah, untuk biayanya sendiri gratis. Anda hanya perlu menyiapkan setoran awal.

BACA JUGA  Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang Juga Beberapa Penyebabnya

Untuk setoran awal setiap jenis tabungan biasanya juga berbeda, ada yang minimal setoran awal Rp. 50 ribu ada juga yang memiliki setoran awal Rp. 100 ribu. Anda bisa menanyakan terlebih dahulu sebelum memutuskan memilih jenis tabungan.

Syarat Membuat Kartu ATM BTN Baru

Selain telah memiliki rekening di bank BTN, Anda juga harus memenuhi beberapa persyaratan. Sebenarnya, syarat ini adalah syarat umum yang juga diterapkan pada bank lain. Adapun syarat membuat ATM BTN yaitu:

  • Menyiapkan sejumlah uang untuk setoran awal pembukaan rekening (jika belum memiliki).
  • Memiliki kartu identitas diri, baiki itu KTP maupun Paspor,
  • NPWP jika ada.
  • Mengisi formulir pembukaan rekening BTN.

Cara Membuat Kartu ATM BTN Baru

Jadi bagaimana, sudah memutuskan ingin membuat kartu debit BTN yang jenis apa?

Setelah memutuskan jenis kartu debit BTN yang akan dibutuhkan dan menyiapkan persyaratan yang harus dipenuhi, kini saatnya Anda membuat kartu ATM BTN. Perlu diketahui, untuk membuat kartu debit BTN dapat dilakukan melalui kantor cabang BTN secara langsung atau secara online melalui aplikasi BTN Digital Solution.

BACA JUGA  Cara Paksa Berhenti Aplikasi di PC atau Laptop

Cara Membuat Kartu ATM BTN Baru Melalui CS Kantor Cabang

  • Sebelum mendatangi kantor cabang BTN terdekat, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah membawa semua persyaratan yang telah disebutkan sebelumnya.
  • Setelah itu, kunjungi kantor cabang BTN terdekat, biasanya Anda akan didatangi oleh petugas penjaga.
  • Utarakan tujuan Anda untuk membuat kartu ATM dan jangan lupa untuk mengambil nomor antrean Customer Service lalu tunggu hingga nomor antrean Anda dipanggil.
  • Ketika sudah giliran Anda, sampaikan kepada petugas CS bahwa Anda ingin membuat kartu ATM. Nantinya petugas akan menjelaskannya dengan jelas dan detail mengenai jenis tabungan yang tersedia, berikut persyaratan, profit yang mungkin diperoleh, jenis-jenis ATM dan perbedaannya.
  • Jika sudah mengerti dan memutuskan jenis ATM yang akan dibuat selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan pembukaan rekening tabungan. Isi semuanya dengan benar dan lengkap.
  • Tunggu hingga petugas selesai mengecek dan memproses pembuatan buku tabungan dan kartu ATM.

Cara Membuat Kartu ATM BTN Baru Melalui Aplikasi BTN Digital Solution

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk datang ke kantor cabang BTN, Anda bisa membuat buku tabungan dan kartu ATM secara online melalui aplikasi BTN Digital Solution. Jika suatu saat Anda sudah ada waktu, barulah Anda tinggal mengambilnya ke kantor cabang BTN.

  • Pertama, unduh terlebih dahulu aplikasi BTN Digital Solution melalui Play Store secara gratis.
  • Jika sudah, ketuk Pengaturan dan pilih Daftar Sekarang.
  • Masukkan semua informasi yang dibutuhkan, seperti nama lengkap, alamat email, nomor HP aktif dan buat password atau kata sandi lalu tap Daftar.
  • Setelah itu, aplikasi BTN Digital Solution akan mengirimkan pesan verifikasi pendaftaran melalui email yang telah Anda daftarkan.
  • Tap menu Pembukaan Rekening pada halaman utama aplikasi. Kemudian unduh dan pasang aplikasi BTN Open Account dan jalankan aplikasi setelah sukses terinstall pada smartphone Anda.
  • Isi semua data diri sesuai dengan identitas Anda di KTP dan pilih Next. Isi data pekerjaan lalu ketuk Next.
  • Upload foto selfie lalu tap Finish.
  • Tunggu hingga Anda menerima SMS dan email notifikasi yang memuat nomor registrasi.
  • Kini Anda hanya perlu datang ke kantor cabang BTN terdekat dan menunjukkan nomor registrasi guna aktivasi dan validasi rekening tabungan BTN.
  • Setelah menginformasikan nomor registrasi kepada pihak CS, tunggu beberapa saat dan CS akan menyerahkan kartu ATM BTN dan buku tabungannya.
BACA JUGA  Cara Upload Foto di Instagram agar Tidak Terpotong, Dengan dan Tanpa Aplikasi

Untuk informasi tambahan lainnya seputar cara mengaktifkan kartu atm btn baru, simak kumpulan pertanyaan berikut beserta jawabannya.

Apakah semua jenis tabungan BTN memiliki fasilitas kartu debit atau ATM?

Tidak. Tidak semua jenis tabungan BTN diberikan fasilitas kartu ATM.

Berapa biaya administrasi pembuatan rekening atau tabungan BTN?

Calon nasabah tidak dikenai biaya administrasi. Anda hanya perlu membayar setoran awal pembukaan rekening.

Berapa minimal setoran awal untuk pembukaan rekening tabungan BTN?

Setoran awal pembukaan rekening tabungan BTN adalah Rp. 50.000,-

BACA JUGA  Pengertian Google Docs, Manfaat dan Cara Menggunakannya

Apakah membutuhkan NPWP jika ingin membuka rekening BTN?

Tidak, NPWP hanya optional. Jadi Anda tetap bisa membuka rekening tabungan BTN meskipun tidak memiliki NPWP.

Apakah pembukaan rekening BTN harus dan hanya bisa dilakukan di kantor cabang BTN?

Tidak, calon nasabah dapat membuka rekening BTN secara online melalui aplikasi BTN Digital Solution yang dapat diunduh secara gratis di Play Store.

 

 

Leave a Comment