Simak Kelebihan dan Kekurangan Google Drive Jika Masih Ragu dengan Storage Cloud Drive

Zaman serba teknologi yang sedang kita jalani ini turut andil dalam menciptakan kecenderungan kita terhadap kebutuhan penyimpanan cloud dibandingkan konvensional.

Flashdisk yang dulu dipuja-puja dan laris di pasaran, kini berangsur-angsur mulai usang karena mayoritas sudah beralih menggunakan penyimpanan Google Drive. Apalagi bila Anda pecandu digital, sudah menjadi hal wajib menjadikan yang satu ini sebagai media penyimpanan data-data penting Anda.

Ternyata, bukan tanpa alasan banyak orang menyukai fasilitas penyimpanan cloud dari Google ini. Berikut akan kami jelaskan berbagai kelebihan dan kekurangan Google Drive. Semuanya akan kami ulas secara ringkas dalam penjelasan berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Google Drive

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fasilitas penyimpanan awan dari Google ini hadir dengan berbagai kelebihan. Namun tidak menutup fakta bahwa produk dari Google satu ini juga masih memiliki segelintir kekurangan.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

Kapasitas

Dari segi kapasitas, Google Drive bisa dikatakan lebih unggul dibandingkan cloud storage lainnya. Kapasitas 15GB yang disediakan secara gratis ini cukup untuk menyimpan berbagai jenis file media dalam perangkat.

Tak hanya menyimpan, Anda juga bisa menggunakan Google Drive sebagai media pencadangan data dari aplikasi-aplikasi penting lainnya. Mulai dari Google Photo, Gmail, hingga WhatsApp.

BACA JUGA  5 Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak yang Tidak Terbaca di Android

Bahkan, beberapa orang memanfaatkan kapasitas Google Drive sebagai hosting web. Sehingga data website tidak tercampur dengan data pribadi dalam perangkat Anda.

Sebenarnya penyimpanan 15GB ini cukup besar untuk kebutuhan pribadi, namun tampaknya akan sangat kurang jika digunakan untuk keperluan industri. Sehingga Google pun menawarkan paket premium dengan biaya langganan yang cukup variatif, sesuai kapasitas penyimpanan yang dipilih.

Fleksibilitas

Selain karena kapasitas, Google Drive juga disukai karena fleksibilitasnya. Kapan dan di mana saja Anda berada, semua file dapat diakses dengan mudah tanpa harus terhubung dengan PC. Terlebih, sekarang Google Drive bisa diakses secara offline.

BACA JUGA  Cara Transfer SMS Banking BNI ke BRI dengan Mudah

Selain bisa diakses secara online maupun offline, aplikasi Google Drive juga telah didukung berbagai sistem operasi, mulai dari Android, iOS, Windows, dan MacOS. Dengan begitu, aplikasi dapat diakses di HP, tablet, hingga PC.

Dengan fleksibilitas tersebut memungkinkan Anda berkolaborasi dengan anggota tim lainnya dalam menyelesaikan pekerjaan sehingga progres kerja menjadi lebih cepat. Karena, semua data dapat diakses dan diedit secara bersamaan dalam satu waktu.

Sayangnya, meski fleksibilitasnya tak tertandingi, ada satu kekurangan yang tak disadari banyak pengguna, yakni terlalu percaya dan menganggap Google Drive Memiliki keamanan 100%. Terlebih lagi jika Anda menggunakan layanan Google Drive unlimited yang dibeli di e-commerce dengan harga super murah.

Ada baiknya Anda tidak menyimpan file-file sensitif yang dapat merusak reputasi Anda. Hanya gunakan Google Drive untuk penyimpanan data penting saja yang perlu dicadangkan.

BACA JUGA  Ini Cara Download Zenius di Laptop Paling Mudah

Ponsel Hilang, Apakah Data Google Drive Tetap Aman?

Tak perlu khawatir akan file yang diunggah di Google Drive karena semuanya disimpan dalam media penyimpanan awan di internet. Walaupun ponsel atau laptop hilang, file di Google Drive masih tersimpan utuh dan tetap bisa diakses di perangkat yang berbeda.

Apakah Google Drive Memakan Memori?

Aplikasi yang terinstall tidak menggunakan memori penyimpanan perangkat Anda untuk mencadangkan data karena Google Drive berbasis cloud.

Apakah Google Drive Support Format Microsoft?

Google Drive mendukung berbagai format Microsoft, namun dengan file viewer yang berbeda, yakni Docs bukan Word, Sheets bukan Excel, dan Slides bukan PowerPoint. Meskipun berbeda layanan editing, fitur-fitur yang ada di dalamnya memiliki fungsi yang sama.

BACA JUGA  Cara Aktivasi Microsoft Office Dengan Gampang Tanpa Ribet

Apakah Orang Lain Dapat Melihat Google Drive Kita?

Data-data yang ada di Google Drive hanya bisa dilihat orang lain jika Anda mengizinkannya atau mengaktifkan fitur bagikan kepada publik. Selama fungsi tersebut dimatikan, siapa pun tidak dapat melihat file media dalam penyimpanan Google Drive Anda.

Hingga kini, Google Drive masih menjadi primadona storage cloud dengan berbagai kelebihan yang berbeda. Kekurangannya hanya terletak pada biaya upgrade saja. Selain itu, tetap pilah data yang akan diupload di sana, terlebih jika digunakan untuk keperluan kolaborasi.

Leave a Comment