Cara Aktivasi Microsoft Office Dengan Gampang Tanpa Ribet

Untuk device PC atau laptop, bisa dikatakan jika Microsoft Office adalah salah satu software yang sangat penting dan banyak digunakan, terutama untuk urusan administrasi dan perkantoran. Dengan fitur yang cukup lengkap dan tampilan antar muka yang mudah dipahami, memang software yang satu ini bisa diandalkan untuk menyelesaikan beragam keperluan.

Berbincang tentang Microsoft Office, perlu diketahui bahwa software yang satu ini tidak bisa berfungsi maksimal tanpa aktivasi terlebih dahulu. Memang, secara umum, Microsoft Office tetap bisa bekerja dan digunakan. Namun, beberapa fitur tidak bisa dibuka dan nantinya akan muncul pemberitahuan jika proses aktivasi belum dilakukan.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah bagaimana cara aktivasi Microsoft Office tersebut?

Nah, meskipun Microsoft Office adalah software yang sangat populer dan banyak digunakan, namun tidak sedikit pengguna yang masih kebingungan tentang cara untuk melakukan aktivasi.

Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa cara untuk melakukan aktivasi pada Microsoft Office dengan mudah dan tentu saja tanpa proses yang ribet. Penasaran? Simak ulasannya!

Daftar isi

Ragam Cara Melakukan Aktivasi Microsoft Office

Sebagaimana disinggung di awal bahwa tanpa aktivasi terlebih dahulu, Microsoft Office tidak bisa bekerja secara maksimal dan ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan. Nah, untuk melakukan aktivasi software ini, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan.

Beberapa cara aktivasi Microsoft Office yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Aktivasi Microsoft Office dengan product key

Cara aktivasi Microsoft Office yang sangat disarankan adalah dengan menggunakan product key. Pasalnya, product key ini adalah kode yang digunakan sebagai lisensi resmi untuk software Microsoft Office. Artinya, dengan menggunakan product key Microsoft Office, maka Anda menggunakan software original.

Tentu saja, untuk mendapatkan product key Microsoft Office, Anda harus membelinya. Memang, ada banyak product key Microsoft Office yang tersebar di internet. Hanya saja, product key tersebut bisa jadi tidak berfungsi.

Lalu, bagaimana cara aktivasi Microsoft Office dengan product key?

Apabila Anda sudah mendapatkan product key untuk software Microsoft Office, maka langkah aktivasi yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka software Microsoft Office terlebih dahulu
  • Setelah itu, di halaman awal software, pilih opsi activate dengan ikon gambar kunci
  • Jika sudah, klik tombol enter product key
  • Masukkan 25-digit product key Microsoft Office yang Anda miliki pada kolom yang tersedia
  • Selanjutnya, klik continue
  • Kemudian, klik opsi redeem online pada kotak add this key to an account
  • Gunakan akun Microsoft yang Anda miliki atau buat akun baru pada opsi create a new account
  • Terakhir, klik opsi finish activation pada Microsoft Office tersebut
  • Selesai.
BACA JUGA  Inilah Solusi Terbaik Jika Lupa PIN ATM Mandiri

Dengan cara di atas, Anda bisa melakukan aktivasi Microsoft Office dengan mudah. Tentu, Anda perlu mencari informasi tambahan perihal product key Microsoft Office tersebut, termasuk harganya.

2. Cara aktivasi Microsoft Office dengan KMS Pico

Jika Anda tidak memiliki product key Microsoft Office, cara lain untuk melakukan aktivasi pada software ini adalah dengan menggunakan bantuan software lain, salah satunya adalah KMS Pico. Perlu diketahui bahwa KMS Pico adalah generator yang nantinya bisa memanipulasi product key Microsoft Office untuk melakukan aktivasi.

Cara ini banyak digunakan oleh pengguna yang ingin menggunakan Microsoft Office full version secara gratis. Nah, untuk melakukan aktivasi Microsoft Office dengan KMS Pico, langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pertama, matikan software antivirus pada laptop atau PC yang Anda gunakan karena bisa jadi software KMS Pico nantinya terdeteksi sebagai virus
  • Setelah itu, unduh software KMS Pico yang bisa didapatkan di mesin pencari Google
  • Jika proses unduh selesai, ekstrak file di directory yang Anda inginkan
  • Buka folder hasil ekstrak dan klik kanan pada file KMS Pico
  • Akan muncul beberapa opsi dan pilih opsi run as administrator
  • Setelah itu, akan muncul jendela extracting yang menandakan bahwa proses aktivasi Microsoft Office dengan KMS Pico sedang berjalan
  • Tunggu proses tersebut hingga selesai
  • Setelah proses aktivasi selesai, KMS Pico akan tertutup secara otomatis
  • Buka salah satu program Microsoft Office dan Anda akan menemukan software tersebut sudah berhasil di-aktivasi
BACA JUGA  Pengertian Google Slide: Fitur, Kelebihan dan Cara Menggunakan

Setelah proses aktivasi Microsoft Office dengan KMS Pico selesai, maka pemberitahuan untuk melakukan aktivasi tidak akan muncul. Meskipun bukan cara yang resmi, proses aktivasi ini bisa diandalkan untuk mendapatkan akses Microsoft Office full version.

3. Cara aktivasi Microsoft Office dengan KMS 2019

Untuk melakukan aktivasi Microsoft Office dengan mudah, Anda juga bisa menggunakan software KMS 2019. Software yang satu ini cukup mudah digunakan dan juga efektif untuk membantu Anda mengatasi peringatan product activation failed yang sering muncul di program Microsoft Office.

Tentu, seperti KMS Pico, KMS 2019 adalah solusi alternatif yang bisa Anda gunakan jika tidak memiliki product key. Nah, untuk melakukan aktivasi Microsoft Office dengan KMS 2019, langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pertama, matikan program antivirus yang Anda gunakan agar tidak mendeteksi software KMS 2019 sebagai virus
  • Jika sudah, unduh software KMS 2019 melalui mesin pencari Google
  • Nah, apabila proses unduh sudah selesai, lakukan ekstrak file karena file yang diunduh masih dalam bentuk zip
  • Buka folder hasil ekstrak dan pilih file KMS 2019 exe dan klik kanan
  • Pilih opsi run as administrator
  • Selanjutnya, masuk pada opsi utilities yang terletak di bagian atas KMS 2019
  • Di dalam opsi utilities, centang pada kotak office re-activation task
  • Klik pada tombol Office Retail dan tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi completed
  • Jika sudah muncul, klik tombol activate office
  • Nah, nantinya akan muncul pesan tentang Windows Security Alert dan pilih allow access
  • Tunggu proses aktivasi selesai hingga muncul keterangan product activation successful
BACA JUGA  Cara Mengaktifkan Kartu ATM BTN Baru Secara Online dan Ofline

Dengan cara di atas, Anda akan mendapatkan Microsoft Office full version. Tentu saja, seluruh fitur yang ada di dalam software Microsoft Office bisa digunakan sesuai keinginan.

Ketiga cara di atas adalah cara aktivasi Microsoft Office yang bisa Anda gunakan. Memang, ada software lain yang bisa digunakan untuk melakukan aktivasi. Namun, secara umum, langkah yang perlu dilakukan relatif sama.

Apakah product key Microsoft Office bisa digunakan untuk banyak software?

Tidak bisa. Secara khusus, product key dibuat sesuai dengan seri produk Microsoft Office tertentu. Namun, ada beberapa pilihan product key untuk penggunaan bersama dalam beberapa device.

BACA JUGA  4 Cara Download di Scribd Gratis Online Tanpa Upload Work 100%

Berapa harga product key Microsoft Office?

Harga product key Microsoft Office tergantung pada versi Microsoft Office tersebut dan tahun peluncurannya. Misalnya, ketika Anda hendak menggunakan Microsoft Office Home Student 2019, maka harga product key original adalah sekitar Rp 490.000.

Apakah product key tersebut memberikan lisensi permanen?

Ya. Product key akan memberikan lisensi Microsoft Office permanen sehingga Anda bisa menggunakan software tersebut dalam waktu yang sangat lama tanpa harus melakukan aktivasi ulang dan membeli product key yang baru.

Apakah menggunakan software seperti KMS Pico tersebut aman?

Tidak bisa dikatakan aman 100%. Memang, banyak pengguna yang tidak mendapatkan masalah ketika menggunakan software tersebut. Namun, bisa jadi, karena update software atau lainnya, aktivasi Microsoft Office dengan KMS Pico dan software sejenis akan hilang.

Setelah melakukan aktivasi dengan software seperti KMS Pico, apakah antivirus bisa diaktifkan kembali?

Bisa. Anda bisa menggunakan antivirus kembali dan software tersebut tidak akan terdeteksi sebagai virus.

Leave a Comment