Tidak Bisa Scan Barcode WhatsApp Web, Ini Penyebab dan Solusinya

Bisa dikatakan jika saat ini WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chatting yang sangat populer dengan pengguna yang terbanyak. Ya, berbekal tampilan yang sangat menarik, simple dan mudah dipahami serta fitur yang cukup lengkap, WhatsApp memang memberikan kemudahan dan kepuasan bagi penggunanya untuk melakukan chatting dan panggilan video kapan saja.

Nah, sebagaimana diketahui, saat ini WhatsApp tidak hanya tersedia dalam versi aplikasi smartphone saja. Salah satu pembaruan yang dilakukan developer WhatsApp adalah menyediakan opsi WhatsApp versi website untuk variasi penggunaan sekaligus penunjang efektivitas kerja.

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang penyebab serta solusi tidak bisa scan barcode WhatsApp web yang perlu Anda ketahui demi kelancaran penggunaan. Penasaran? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang WhatsApp Web

Secara singkat, WhatsApp web adalah sebuah ekstensi dari akun WhatsApp pada smartphone yang Anda gunakan. WhatsApp versi web ini terhubung dengan telepon untuk melakukan sinkronisasi pesan sehingga pengguna bisa melihat pesan baik pada WhatsApp versi smartphone ataupun website.

WhatsApp versi website ini sangat mudah digunakan. Untuk membuka WhatsApp web, pengguna hanya perlu menuju ke laman https://web.whatsapp.com dan melakukan scan pada barcode yang ada di laman tersebut.

Untuk melakukan scan, klik pada titik tiga di bagian atas, lalu pilih WhatsApp web. Nantinya, kamera pindai akan terbuka dan proses scan akan dimulai. Nantinya, WhatsApp web secara otomatis akan terbuka dan seluruh pesan WhatsApp akan langsung sinkron.

BACA JUGA  Cara Print dari HP Lewat Bluetooth untuk Android

Penyebab Tidak Bisa Scan Barcode WhatsApp Web

Meskipun cara penggunaan WhatsApp web cenderung mudah, namun terkadang ada masalah yang muncul yaitu scan barcode tidak bisa dilakukan. Tentu, jika scan barcode gagal, maka WhatsApp web tidak akan terbuka.

Lantas, apa kira-kira penyebab dari masalah yang satu ini?

Ada beberapa sebab kenapa scan barcode WhatsApp web tidak bisa dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Koneksi internet yang tidak stabil

Salah satu sebab umum kenapa scan barcode WhatsApp web tidak bisa dilakukan adalah koneksi internet yang cenderung tidak stabil. Sinyal smartphone dan internet yang terhubung dengan device PC atau laptop menyebabkan scan barcode gagal dilakukan.

  • Lensa kamera yang kotor

Lensa kamera smartphone yang kotor juga bisa menyebabkan scan barcode tidak bisa dilakukan. Hal ini dikarenakan debu yang menempel pada permukaan lensa kamera tersebut membuat kamera tidak bisa membaca detail barcode pada layar WhatsApp web.

  • Layar PC atau laptop yang kotor

Selain lensa pada kamera yang kotor dan tertutup debu, masalah yang sama juga bisa terjadi pada layar PC atau laptop yang Anda gunakan. Ketika layar PC atau laptop cenderung kotor, maka lensa kamera tidak bisa membaca barcode dengan baik

  • Kualitas kamera smartphone yang tidak memadai

Penyebab lain kenapa Anda tidak bisa melakukan scan barcode pada WhatsApp web adalah kualitas kamera smartphone yang tidak memadai. Hal ini cukup beralasan karena memang scan barcode memerlukan kualitas kamera yang baik. Perlu diketahui bahwa ada beberapa smartphone dengan kamera yang tidak mendukung scan barcode.

Nah, beberapa hal di atas adalah penyebab kenapa Anda tidak bisa melakukan scan barcode pada WhatsApp web untuk membuka aplikasi tersebut. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut?

Cara Mengatasi Tidak Bisa Scan Barcode WhatsApp Web

Dari beberapa bahasan di atas, ada beberapa penyebab kenapa scan barcode pada WhatsApp web tidak bisa dilakukan dan versi WhatsApp web tidak bisa dibuka. Jika Anda mengalami masalah tersebut, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan.

BACA JUGA  Pengertian Google Slide: Fitur, Kelebihan dan Cara Menggunakan

Adapun solusi yang dimaksud untuk mengatasi masalah ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan jaringan Wi-Fi

Sebagaimana disinggung di awal bahwa salah satu masalah yang menyebabkan scan barcode WhatsApp web gagal adalah adanya masalah jaringan, baik pada desktop ataupun pada smartphone. Oleh karenanya, memastikan jika jaringan kedua device tersebut baik adalah hal yang penting.

Dalam hal ini, jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan jaringan WiFi sebagai sumber internet. Dengan stabilitas jaringan yang lebih baik, tentu saja Wi-Fi akan memudahkan penggunaan WhatsApp web.

  • Memastikan daya baterai smartphone di atas 10%

Daya baterai smartphone yang terlalu rendah akan membuat kinerja smartphone menurun. Oleh karenanya, bisa jadi scan barcode WhatsApp web tersebut gagal. Jadi, pastikan jika daya baterai smartphone yang digunakan memadai. Minimal, daya baterai tersebut harus di atas 10%.

  • Bersihkan layar desktop dan lensa kamera smartphone

Sebagaimana disinggung sebelumnya bahwa debu yang menutupi lensa kamera smartphone atau layar desktop menjadi sebab kenapa scan barcode untuk membuka WhatsApp web tidak bisa dilakukan. Nah, solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkan debu dari layar tersebut.

Untuk membersihkan debu, gunakan bahan yang aman. Apabila diperlukan, Anda bisa menyeka layar atau lensa dengan alcohol swab lalu mengeringkannya dengan lap dari kain lembut. Selain itu, pastikan laptop atau PC dalam keadaan mati dan layar tidak panas ketika Anda membersihkannya.

  • Menggunakan browser yang tepat

Solusi lain yang bisa dilakukan ketika Anda tidak bisa melakukan scan barcode WhatsApp web adalah dengan menggunakan browser yang tepat. Dalam hal ini, rekomendasi browser yang bisa digunakan adalah Google Chrome karena browser ini mendukung penggunaan WhatsApp web.

Selain itu, pastikan jika Anda menggunakan browser dengan versi terbaru. Hal ini penting karena bisa jadi browser yang belum update tidak memiliki performa yang baik.

  • Melakukan restart pada smartphone

Jika beberapa langkah sebelumnya sudah Anda lakukan namun tetap saja barcode WhatsApp web tidak bisa di-scan, maka solusi lain yang bisa Anda lakukan adalah melakukan restart smartphone. Dengan melakukan restart, maka smartphone Anda akan berada dalam kondisi yang lebih baik.

BACA JUGA  Pengertian Dropbox Serta Kelebihannya yang Bermanfaat untuk Bisnis Anda

Selain restart, Anda juga bisa menghapus file cache pada smartphone. Bisa jadi, file cache atau file sampah tersebut menjadi sebab gagalnya proses scan barcode yang Anda lakukan.

Nah, beberapa langkah di atas bisa Anda jadikan sebagai solusi untuk mengatasi masalah tidak bisa scan barcode WhatsApp web. Tentu, Anda bisa memilih mana solusi yang paling tepat dan bisa diandalkan untuk mengatasi masalah tersebut.
Setelah berhasil melakukan scan barcode, maka WA web akan bisa diakses seperti biasanya.

Apakah scan barcode WhatsApp web harus selalu dilakukan ketika hendak membuka WhatsApp versi web tersebut?

Sebenarnya tidak. WhatsApp web bisa menyimpan profil WhatsApp yang Anda gunakan. Dalam hal ini, dengan memilih opsi ingat akun saya, maka Anda bisa langsung membuka WhatsApp web tersebut. Hanya saja, jika Anda menghapus history di browser yang digunakan, maka data login WhatsApp yang tersimpan akan terhapus.

Apakah WhatsApp di smartphone harus selalu aktif ketika menggunakan WhatsApp web?

Ya, WhatsApp pada smartphone harus selalu aktif ketika Anda menggunakan WhatsApp web. Ketika koneksi WhatsApp smartphone terganggu, maka koneksi WhatsApp web juga akan terputus.

Bisakah WhatsApp web mengirimkan file seperti WhatsApp smartphone?

Bisa. WhatsApp web memiliki fitur yang cenderung sama dengan WhatsApp versi smartphone dan Anda bisa mengirim file apapun dengan lebih mudah. Hanya saja, WhatsApp web tidak bisa digunakan untuk melakukan update status, meskipun Anda bisa melihat status dari pengguna lainnya.

Apakah ada aplikasi WhatsApp untuk desktop?

Ada. Tersedia aplikasi WhatsApp untuk desktop yang bisa diinstal dengan mudah. Hanya saja, aplikasi ini cenderung lebih berat jika dibandingkan dengan WhatsApp web.

Leave a Comment