Cara Cek Saldo Mandiri Tanpa M-Banking, Apa Saja?

Seiring perkembangan teknologi, kini mengecek saldo Mandiri tidak perlu dilakukan dengan mendatangi ATM terdekat seperti sebelumnya. Ya, saat ini, pengecekan saldo bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone secara mudah. Tentu saja, dengan cara ini, Anda tidak perlu membuang waktu sekaligus tenaga.

Sebagaimana diketahui, Bank Mandiri adalah salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia. Mandiri memiliki integritas yang sangat tinggi untuk memberikan pelayanan pada para nasabah. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika bank pelat merah ini masuk ke dalam bank dengan pelayanan terbaik.

Nah, salah satu pelayanan terbaik yang diberikan untuk para nasabah adalah fasilitas pengecekan saldo dan juga proses transfer dengan lebih mudah dan lebih cepat. Lantas, bagaimana cara cek saldo Mandiri tanpa m-banking dengan mudah? Simak ulasannya!

Daftar isi

Ragam Cara Cek Saldo Mandiri Tanpa M-Banking

Bisa dikatakan jika m-banking merupakan salah satu layanan yang sangat menarik dari Bank Mandiri. Hal ini dikarenakan dengan adanya m-banking, nasabah bisa mengecek saldo mereka dengan sangat mudah, pun melakukan aktivitas transfer ke berbagai rekening hanya dengan melalui aplikasi di dalam smartphone.

Selain menggunakan m-banking, pengecekan saldo juga bisa dilakukan dengan beberapa cara yang berbeda. Adapun beberapa cara yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

Cara cek saldo Mandiri dengan internet banking

Untuk melakukan pengecekan saldo Mandiri dengan mudah, Anda bisa menggunakan fitur internet banking yang tersedia. Secara umum, fitur ini bekerja sebagaimana m-banking, namun berbasis website.

Nah, untuk mendapatkan akses internet banking, maka Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu di kantor layanan Bank Mandiri terdekat. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan ID dan juga password yang nantinya digunakan.

Adapun langkah untuk melakukan pengecekan saldo menggunakan internet banking adalah sebagai berikut:

  • Buka link https://ib.bankmandiri.co.id/ melalui browser di smartphone yang Anda gunakan
  • Masukkan ID dan password yang Anda dapatkan dari proses registrasi yang Anda lakukan
  • Setelah itu, klik informasi rekening
  • Kemudian, klik opsi informasi saldo
  • Setelah itu, di layar smartphone Anda akan muncul informasi tentang detail saldo yang Anda miliki
  • Jika sudah selesai, jangan lupa logout.
BACA JUGA  Cara Cek No PIN ATM BRI yang Lupa

Dengan cara di atas, tentu saja Anda bisa melakukan pengecekan pada saldo Mandiri yang Anda miliki dengan sangat mudah. Hanya saja, untuk kelancaran proses pengecekan, pastikan jika kondisi internet perangkat Anda cenderung stabil.

Cara cek saldo Mandiri dengan SMS banking

Cara lain yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan pada saldo Mandiri Anda adalah dengan menggunakan SMS banking. Ini adalah cara yang juga sangat mudah dengan menggunakan smartphone.

Nah, untuk mendapatkan akses mengecek saldo Mandiri dengan menggunakan SMS banking, maka Anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu di cabang bank Mandiri terdekat. Nantinya, dari proses registrasi ini, Anda akan mendapatkan kode akses guna melakukan cek saldo melalui SMS.

BACA JUGA  Cara Top Up Doku Wallet dari Berbagai Rekening

Untuk melakukan pengecekan saldo Mandiri dengan SMS banking, Anda bisa menggunakan format SMS, yaitu SAL (spasi) Indeks Rekening (spasi) 4 digit nomor rekening terakhir. Kemudian kirim ke nomor 3355.

Nah, setelah Anda mengirimkan SMS tersebut, maka sistem Mandiri akan membalas pesan tersebut dan memberikan informasi perihal saldo Mandiri yang Anda miliki. Hanya saja, Anda perlu memastikan jika Anda memiliki pulsa yang cukup untuk mengirimkan pesan tersebut.

Cara cek saldo Mandiri melalui ATM

Untuk melakukan pengecekan pada saldo Mandiri yang Anda miliki, Anda bisa datang ke ATM terdekat. Bisa dikatakan jika cara ini adalah cara yang cenderung konvensional tetap masih banyak digunakan oleh para nasabah Mandiri.

Ada keuntungan yang Anda dapatkan ketika melalukan pengecekan saldo di ATM Mandiri. Selain tidak ada biaya yang diperlukan, proses pengecekan saldo di ATM pun cenderung lebih aman dari kerusakan sistem.

Untuk melakukan pengecekan saldo melalui ATM Mandiri, adapun langkah yang bisa dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Datang ke ATM Mandiri atau ATM Bersama terdekat
  • Setelah itu, masukkan kartu ATM Anda ke mesin yang tersedia
  • Masukkan PIN ATM yang Anda gunakan dan pastikan PIN tersebut benar
  • Setelah itu, akan muncul beragam menu di layar ATM. Pilih informasi rekening untuk melakukan cek saldo
  • Saldo rekening Mandiri Anda akan terpampang dengan jelas di layar
BACA JUGA  Cara Membuat Short Link WhatsApp di IG, Bitly & Linktree

Sekilas, cara di atas sangat mudah untuk dilakukan. Selain melakukan pengecekan, Anda juga bisa mencetak informasi saldo rekening Mandiri yang Anda miliki tersebut. Setelah itu, tekan tombol ‘cancel’ untuk mengeluarkan kartu ATM dari mesin.

Beberapa cara di atas adalah langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengecek saldo Mandiri tanpa menggunakan m-banking. Tentu, Anda bisa memilih cara yang sekiranya dianggap mudah dan cepat untuk mengetahui sisa saldo rekening Mandiri Anda.

Berapa biaya yang diperlukan untuk mengirimkan SMS banking?

Untuk Anda yang menggunakan SMS banking guna mengecek saldo, biaya per SMS yang dibebankan adalah Rp 500. Biaya ini berlaku flat atau berlaku sama untuk semua operator telepon yang Anda digunakan.

BACA JUGA  Solusi Lupa PIN ATM BCA Tanpa Harus ke Bank

Apakah bisa mendapatkan akses m-banking ataupun internet banking tanpa proses registrasi di kantor bank sebelumnya?

Tidak bisa. Meskipun Anda sudah menginstal aplikasi m-banking ataupun berkunjung ke situs internet banking, Anda tidak akan mendapatkan akses jika tidak melakukan registrasi terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan proses registrasi perlu dilakukan untuk mengaktifkan fitur tersebut untuk rekening Anda. Selain itu, pembatasan akses pada m-banking dan internet banking tersebut dimaksudkan untuk memberikan pengamanan ekstra pada nasabah.

Apakah ada risiko pembobolan pada penggunaan internet banking?

Risiko pembobolan tentu saja ada. Oleh karenanya, ketika Anda menggunakan fitur internet banking, tentu Anda sebaiknya melakukan logout sebelum meninggalkannya. Dengan proses logout yang dilakukan, maka data yang Anda miliki tidak akan tersimpan dan tidak bisa dilacak.

Bagaimana jika kartu ATM tertelan mesin?

Kartu yang tertelan memang menjadi risiko ketika Anda mengecek saldo di mesin ATM. Jika hal ini terjadi, maka segera datang ke bank Mandiri untuk menjelaskan masalah. Nantinya, CS akan memberikan solusi dan menyelesaikan permasalahan Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Leave a Comment