Cara Mematikan Startup Repair Saat Booting Windows 7

Seringkali, ketika menyalakan perangkat PC atau laptop dengan OS Windows 7, layar akan menampilkan Windows Recover dengan pesan “Windows Error Recovery. Windows Failed to start “. Selain itu, akan muncul beberapa opsi lainnya, sebut saja “Launch Startup Repair” dan juga “Start Windows Normally “.

Tentu, ketika tidak terjadi kerusakan pada boot record, Anda sebenarnya bisa mengabaikan pesan yang muncul tersebut dan langsung masuk ke Windows. Namun, jika ternyata ada kesalahan, maka Anda harus menjalankan startup repair terlebih dahulu.

Perlu diketahui bahwa Windows 7 tidak memberikan opsi pada pesan tersebut. Artinya, baik ada kesalahan ataupun tidak, Anda akan membuka startup repair. Hal semacam ini tentu saja bisa mengganggu, terutama untuk Anda yang ingin mengoperasikan perangkat dengan cepat.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tantang cara mematikan startup repair yang kerap muncul saat proses booting Windows 7. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan selengkapnya!

Daftar isi

Sekilas Tentang Startup Repair

Sebelum membahas lebih jauh tentang startup repair, tentu Anda perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan startup repair ini. Nah, dengan pengetahuan yang memadai, Anda nantinya tidak perlu panik ketika menemukan status startup repair ketika menyalakan PC atau laptop Anda.

Sekilas, startup repair adalah fitur yang disediakan oleh Windows dan memiliki peran penting untuk melakukan perbaikan pada Windows jika mengalami kerusakan sistem. Kerusakan sistem tersebut bisa terjadi karena adanya masalah pada file yang ada di dalam device. Selain itu, kerusakan terjadi umumnya akan ditandai dengan device yang gagal booting.

Fitur startup repair bekerja secara otomatis. Artinya, ketika terdapat kerusakan pada saat booting Windows dan Anda menekan opsi startup repair, maka sistem ini akan mencari sumber kerusakan lalu berusaha untuk memperbaikinya. Hanya saja, jika penyebab kerusakan adalah hardware, maka sistem ini tidak bisa melakukan perbaikan.

Selain itu, startup repair adalah fitur yang terdapat pada Windows 7. Artinya, sistem serupa tidak akan ditemukan di OS Windows versi lainnya.

Penyebab Munculnya Status Startup Repair

Sebagaimana disinggung di awal bahwa startup repair adalah notifikasi yang muncul untuk menunjukkan bahwa ada masalah yang terjadi pada perangkat yang Anda gunakan. Nah, secara lebih spesifik, ada beberapa penyebab kenapa PC atau laptop yang Anda gunakan mengalami startup repair.

Beberapa penyebab tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

BACA JUGA  Mudah! Ini Cara Daftar SMS Banking MayBank Lewat Hp, ATM, dan Kantor Cabang

Kerusakan pada file Windows

Salah satu sebab umum kenapa device mengalami startup repair adalah adanya kerusakan pada file Windows di dalamnya. Perlu diketahui bahwa ketika Anda melakukan instalasi pada OS Windows, proses instalasi tersebut akan menghasilkan ribuan file pada Windows yang Anda gunakan.

Nah, file-file tersebut umumnya akan disimpan di local disk C. Sayangnya, risiko kerusakan pada file tersebut cukup tinggi, terutama disebabkan oleh serangan virus dan lainnya. Jika terjadi kerusakan pada file tersebut, maka sistem Windows akan memberikan respons dengan startup repair.

Device yang sering mati mendadak

Penyebab lain dari munculnya startup repair adalah device yang seringkali mati secara mendadak. Misalnya, ketika Anda menggunakan laptop, maka Anda sering kehabisan daya. Atau, jika menggunakan PC, aliran listrik ke device seringkali mati. Kondisi seperti ini bisa membuat file-file tertentu pada Windows menjadi rusak.

Ketika file Windows tersebut mengalami kerusakan, maka kemungkinan yang terjadi ada dua hal, yaitu device akan berada pada safe mode atau akan muncul startup repair di tampilan device tersebut. Nah, dalam kondisi kerusakan yang masih normal, startup repair bisa diperbaiki secara otomatis.

Dalam hal tersebut, Anda hanya perlu menunggu proses perbaikan hingga device kembali normal. Umumnya, proses tersebut berjalan sekitar 10 hingga 15 menit sesuai dengan tingkat kerusakan.

Oleh karenanya, agar kerusakan tersebut bisa dihindari, maka penting bagi Anda untuk memperhatikan persentase baterai. Upayakan untuk melakukan charging pada laptop jika baterai hampir habis. Sedangkan untuk Anda yang menggunakan PC, jika diperlukan, Anda bisa menggunakan UPS.

BACA JUGA  Fungsi Adobe After Effect dan Biaya Langganannya

Beberapa hal di atas adalah sebab umum kenapa startup repair bisa muncul di layar device, terutama saat proses booting. Tentu saja, setelah mengetahui penyebab dari masalah ini, Anda nantinya bisa melakukan pencegahan. Selain itu, setidaknya, Anda tidak perlu panik ketika mengalami kondisi tersebut.

Cara Mematikan Startup Repair

Berbincang tentang cara untuk mengatasi startup repair, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Adapun beberapa tips yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

Mengatasi startup repair dengan DVD Windows 7

Untuk mengatasi startup repair, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan DVD Windows 7. Tentu saja, Anda harus memastikan jika DVD yang digunakan adalah DVD Windows asli.

Nah, untuk mengatasi startup repair dengan cara ini, beberapa langkah yang perlu dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, siapkan DVD Windows 7 yang asli terlebih dahulu
  • Jika sudah, masukkan DVD tersebut ke drive pada perangkat yang Anda gunakan
  • Setelah menu Windows 7 terbuka, maka pilih opsi language yang ada di dalam menu setup
  • Nah, jika sudah, klik pada opsi ‘repair your computer’
  • Kemudian, klik pada opsi ‘system recovery option’
  • Tunggu proses hingga selesai

Setelah proses di atas, Anda hanya perlu melakukan restart pada perangkat yang Anda gunakan. Tentu, setelah proses restart selesai dan device Anda nyala kembali, maka masalah startup repair ini sudah bisa diatasi.

BACA JUGA  Kegunaan Adobe Photoshop, Pengertian dan Kelebihan

Mengatasi startup repair tanpa DVD Windows 7

Jika Anda tidak memiliki DVD Windows 7 asli, maka Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, Anda bisa mencoba melakukan perbaikan startup repair tanpa menggunakan DVD.

Untuk melakukan opsi ini, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Beberapa langkah yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Pertama, restart ulang perangkat PC atau laptop yang Anda gunakan
  • Setelah itu, masuk dalam menu advanced option
  • Jika sudah berada dalam menu tersebut, jalankan LKCG
  • Tunggu proses setelahnya dan device akan melakukan booting

Setelah proses booting tersebut, maka Anda bisa masuk ke Windows 7 secara langsung. Artinya, masalah startup repair ini sudah bisa diselesaikan dengan tepat.

Cara lain mengatasi masalah startup repair

Selain kedua cara di atas, Anda juga memiliki opsi lain untuk mengatasi masalah startup repair tersebut. Adapun cara lain yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol power pada perangkat agak lama
  • Tunggu sekitar 10 menit dan kemudian hidupkan perangkat tersebut. Apabila tidak terjadi masalah, maka Windows akan muncul dan perangkat Anda akan kembali normal
  • Ketika startup repair gagal, maka akan muncul opsi ‘send’ dan don’t send’
  • Nah, pilih opsi ‘send’ dan Anda akan masuk ke system recovery option
  • Di dalam menu tersebut, pilih system restore dan tunggu proses restore tersebut hingga selesai
BACA JUGA  Cek Mutasi Rekening BCA via Online, ATM & SMS Hingga 3 Bulan Terakhir

Apabila proses restore sudah selesai, maka Windows akan melakukan booting ulang. Setelah itu, perangkat akan normal kembali, dengan catatan proses booting berjalan dengan lancar.

Nah, beberapa cara di atas adalah solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi startup repair. Tentu, Anda bisa memilih mana cara yang tepat agar device Anda bisa bekerja kembali secara normal.

Apakah instal ulang bisa mengatasi masalah startup repair?

Secara umum, bias. Hal ini dikarenakan proses instal ulang akan mengganti file yang rusak dengan file yang baru. Namun, umumnya instal ulang menjadi opsi terakhir yang dipilih karena pertimbangan kondisi hardware.

Apakah kondisi startup repair bisa berulang?

Bisa. Meskipun Anda sudah melakukan perbaikan pada device terkait startup repair, namun masalah ini bisa muncul kembali. Hal ini dikarenakan bisa jadi penggunaan device yang terlalu lama serta kondisi lainnya bisa menyebabkan masalah startup repair kembali.

Berapa lama proses startup repair akan berlangsung?

Waktu yang diperlukan untuk sistem Windows melakukan startup repair bisa dikatakan cukup berbeda sesuai dengan kerusakan yang terjadi. Jika kerusakan tidak terlalu parah, proses perbaikan otomatis yang diperlukan sekitar 10 menit. Sedangkan jika kerusakan cenderung lebih parah, maka proses perbaikan otomatis yang dilakukan adalah sekitar 20 menit.

Leave a Comment