Kelebihan dan Kekurangan YouTube Sebagai Media Promosi

Sebagaimana diketahui, saat ini YouTube menjadi salah satu platform yang paling populer dan banyak digunakan pengguna internet di seluruh dunia. Menjadi platform berbasis video, YouTube sering menjadi sumber hiburan untuk mencari beragam video ataupun lagu. Tidak hanya itu, YouTube pun juga menjadi sumber informasi yang menarik untuk banyak hal.

Dalam sudut pandang bisnis, YouTube juga bisa menjadi salah satu media promosi. Seperti yang Anda ketahui bahwa saat ini promosi secara online, termasuk dengan video, sedang menjadi tren. Dengan pengguna yang besar, tentu YouTube bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan lebih banyak konsumen.

Nah, terkait pemanfaatan YouTube dalam hal marketing, pada kesempatan ini akan dibahas kelebihan dan kekurangan YouTube sebagai media promosi. Tentu saja, dengan pengetahuan ini nantinya Anda bisa mendapatkan pertimbangan yang pas apakah akan menggunakan YouTube sebagai media promosi atau tidak.

Daftar isi

Kelebihan YouTube Sebagai Media Promosi

Sebagaimana disinggung di awal bahwa YouTube bisa dimanfaatkan sebagai salah satu platform promosi bisnis yang cukup menarik. Ada beberapa kelebihan kenapa platform berbasis video yang satu ini cocok dijadikan jalan promosi.

Beberapa kelebihan yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

Faktor pengguna yang besar

YouTube memang memiliki pengguna yang sangat besar. Dalam pandangan bisnis, tentu saja hal tersebut menjadi sebuah keuntungan yang juga besar. Coba saja bayangkan ketika Anda berhasil mengubah pengguna YouTube menjadi pelanggan yang baru.

Tentu saja, perlu usaha untuk melakukan sebuah konversi dari pengguna YouTube menjadi pelanggan bisnis yang baru. Namun, setidaknya, ada peluang mendapatkan pangsa pasar yang cukup besar dari YouTube.

Promosi yang lebih komunikatif

Setiap konsumen tentu akan terkesima dengan promosi yang tepat, komunikatif dan juga jelas. Detail promosi yang dilakukan secara langsung akan membentuk gambaran bagaimana Anda menjalankan bisnis dan bagaimana produk yang ditawarkan tersebut.

Nah, ketika Anda melakukan promosi melalui YouTube, maka Anda bisa membuat sebuah promosi yang jauh lebih komunikatif. Artinya, Anda bisa menempatkan konsumen seolah-olah turut berada di dalam video promosi tersebut. Jika hal ini berhasil dilakukan, maka bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan lebih banyak konsumen dari YouTube.

BACA JUGA  Cara Print dari HP Lewat Bluetooth untuk Android

Membentuk kesan kredibel

Kelebihan lain dari menjadikan YouTube sebagai media promosi adalah menumbuhkan dan membentuk kesan kredibel dari bisnis yang Anda jalankan. Tentu saja, kesan kredibel yang Anda tunjukkan akan membuat produk Anda lebih mudah diingat dan bisa saja nantinya konsumen akan membeli produk yang Anda tawarkan daripada produk lainnya.

Lantas, bagaimana cara membentuk kesan kredibel?

Tentu saja, Anda harus membuat konsep video iklan yang tepat. Tidak hanya mampu memberikan penjelasan yang maksimal dan lengkap, detail video pun harus sesuai. Kualitas video yang baik sedikit banyak juga akan berpengaruh pada tingkat kredibilitas yang akan terbangun.

Keuntungan yang berlipat

Dengan menggunakan YouTube sebagai media promosi, sebenarnya Anda akan mendapatkan keuntungan yang cenderung berlipat. Keuntungan pertama tentu saja Anda akan mendapatkan lebih banyak calon konsumen untuk kemudian dikonversi menjadi pangsa pasar bisnis yang baru.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari AdSense yang Anda pasang ke akun YouTube. Dengan fitur ini, Anda bisa menjadi seorang advertiser dan mendapatkan keuntungan dari iklan yang tampil di video promosi yang Anda gunakan. Cukup menarik, bukan?

BACA JUGA  Ini 5 Rekomendasi untuk Vpn Chrome Android Terbaik

Beberapa hal di atas adalah kelebihan menjadikan YouTube sebagai media promosi yang tepat. Selain beberapa keuntungan di atas, tentu saja masih banyak kelebihan lain yang bisa dijadikan alasan kenapa Anda perlu promosi menggunakan YouTube, termasuk kesan bahwa Anda mengelola bisnis dengan lebih modern.

Kekurangan YouTube Sebagai Media Promosi

Meskipun memiliki cukup banyak kelebihan yang bisa dijadikan sebagai alasan kenapa promosi di YouTube cukup menyenangkan, namun ada beberapa kekurangan dari penggunaan platform ini yang perlu Anda ketahui pula.

Beberapa kekurangan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Anggapan kurang profesional

Meskipun penggunaan YouTube membuat Anda tampak lebih modern perihal pengelolaan bisnis, namun bisa jadi Anda dianggap kurang profesional. Anggapan ini muncul dikarenakan ketidakmampuan Anda untuk memunculkan kesan kredibel pada promosi yang dilakukan.

Misalnya saja, untuk promosi produk yang dilakukan melalui YouTube, Anda hanya membuat video yang seadanya saja. Hal ini tentu saja tidak bisa dianggap sepele karena video yang tidak menarik akan membuat seseorang enggan untuk menonton. Apabila Anda gagal mendapatkan jumlah viewer yang banyak, maka bisa jadi promosi yang dilakukan akan gagal.

BACA JUGA  Cara Mematikan Startup Repair Saat Booting Windows 7

Memerlukan persiapan yang lebih panjang

Kekurangan lain dari penggunaan YouTube sebagai media promosi digital adalah memerlukan persiapan yang lebih panjang. Sebagaimana disinggung sebelumnya bahwa faktor video yang kurang memadai menjadi salah satu sebab promosi dengan YouTube bisa tidak efektif. Artinya, Anda perlu membuat video dengan konsep yang menarik.

Sekilas, mungkin siapa saja bisa melakukannya. Namun, tentu saja, persiapan yang dilakukan cenderung lebih panjang dari membuat promosi dengan platform lainnya. Anda bukan hanya harus membuat konsep video, tetapi juga membuat jalan cerita, memilih tempat, melakukan take video, hingga editing di tahap akhir.

Modal awal lebih besar

Bisa jadi, promosi dengan menggunakan YouTube membuat Anda perlu mengeluarkan modal awal yang lebih besar. Ya, modal awal yang dimaksud adalah membeli perangkat untuk membuat video promosi yang tepat ataupun menyewa talent untuk menjadi peraga.

Tanpa perangkat yang tepat, mutu video bisa saja tidak akan maksimal. Selain itu, tanpa pemeran yang tepat dan jalan cerita yang menarik, bisa jadi informasi promosi yang hendak Anda utarakan pun bisa jadi kurang jelas.

Nah, beberapa hal di atas adalah kekurangan dari promosi menggunakan YouTube. Tentu saja, kekurangan di atas bisa dijadikan pertimbangan agar Anda tidak terlalu gegabah langsung melakukan promosi melalui YouTube hanya karena terpengaruh tren yang berkembang.

BACA JUGA  Apa Pengertian Google Chrome? Pelajari Selengkapnya Disini!

Apa saja tips yang perlu diketahui ketika membuat promosi melalui YouTube?

Tentu, tips yang dimaksud sangat beragam. Anda bisa memanfaatkan topik yang cenderung banyak dicari untuk mendapatkan viewer yang lebih banyak. Selain itu, amati video promosi lainnya dan lakukan modifikasi pada ide video tersebut.

Apakah YouTube bisa melakukan analisis pada target konsumen?

Sangat bisa. YouTube akan menggunakan algoritme yang tepat untuk membantu Anda melacak calon konsumen yang tepat berdasarkan beragam hal. Hanya saja, tentu Anda harus menerapkan strategi SEO yang tepat agar penargetan konsumen bisa lebih maksimal.

Apakah subscriber YouTube penting untuk promosi?

Jika Anda membuat channel YouTube untuk promosi, maka subscriber adalah hal yang sangat penting. Para subscriber bisa dianggap sebagai pangsa pasar yang sudah tersaring sehingga peluang untuk terjadinya konversi ke transaksi cenderung lebih besar. Sehingga tak heran jika para YouTuber selalu berusaha menaikkan subscriber sebanyak mungkin demi mencapai pangsa pasar yang maksimal.

Leave a Comment