Peluang Usaha Aplikasi Android Untuk Sumber Penghasilan

Bisa dikatakan jika peran aplikasi pada smartphone Android sangatlah vital. Pasalnya, dengan beragam aplikasi tersebut, maka smartphone Android nantinya bisa dioperasikan dengan maksimal, terutama untuk memenuhi keperluan pengguna.

Disadari atau tidak, seiring berjalannya waktu, jumlah aplikasi Android berkembang dengan sangat pesat. Saat ini, bahkan mungkin ada ratusan ribu aplikasi Android yang terdapat di Google Play dan bisa diunduh siapa saja.

Nah, di balik pesatnya perkembangan aplikasi Android tersebut, perlu diketahui bahwa ada peluang bisnis yang tersedia!

Ya, perkembangan aplikasi Android yang masif tidak bisa dilepaskan dari keuntungan yang akan didapatkan oleh seorang developer –atau pembuat aplikasi tersebut. Seorang developer yang membuat aplikasi nantinya akan mendapatkan keuntungan dari banyaknya pengguna Android yang mengunduh aplikasi yang dibuat serta iklan yang masuk di dalamnya.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa hal penting terkait memanfaatkan aplikasi Android sebagai lahan bisnis serta tips untuk membuat aplikasi yang tepat. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Alasan Membuat Aplikasi Android Menjadi Bisnis yang Menggiurkan

Bagi sebagian orang, mungkin mereka belum terlalu memahami kenapa membuat aplikasi atau menjadi developer untuk platform Android adalah ide bisnis yang menggiurkan. Nah, untuk menjawab keraguan tersebut, ada beberapa alasan yang mungkin bisa Anda jadikan pertimbangan untuk memulai bisnis ini.

Beberapa alasan yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pangsa pasar yang besar

Bisnis senantiasa berbicara tentang pangsa pasar yang besar. Ya, dengan pangsa pasar yang besar, tentu saja nantinya peluang untuk mendapatkan keuntungan akan semakin besar pula.

BACA JUGA  12 Aplikasi Android Untuk Membuat Logo Club Motor, Gratis dan Berbayar

Sebagaimana diketahui bahwa Android adalah salah satu OS smartphone dengan pengguna terbesar di dunia. Dari fakta tersebut, bisa dikatakan bahwa pangsa pasar developer aplikasi Android sangat besar. Dengan demikian, peluang untuk mendapatkan keuntungan pun cenderung lebih besar.

  • Keuntungan yang besar

Selain pangsa pasar yang besar, tentu keuntungan juga menjadi alasan penting menjalankan sebuah bisnis. Nah, menjadi developer aplikasi Android akan memberikan Anda keuntungan yang relatif besar. Misalnya, ketika Anda memberikan opsi pembelian pada fitur aplikasi, maka opsi tersebut akan menjadi sumber penghasilan.

Juga, Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan lain untuk menjadi advertiser. Melalui iklan yang muncul di aplikasi yang Anda buat, maka Anda pun akan mendapatkan keuntungan yang berkali-kali lipat.

  • Bisnis yang tahan lama

Setiap pebisnis tentu mendambakan memiliki bisnis yang tahan lama dan bisa terus berjalan. Nah, developer aplikasi Android adalah salah satu ide bisnis menarik dengan daya tahan yang bisa dikatakan lama.

Pasalnya, ketika keberadaan aplikasi yang dibuat masih ada, maka keuntungan yang akan didapatkan pun akan terus ada. Bisa dibayangkan jika Anda membuat beberapa aplikasi dan semua aplikasi tersebut terkenal serta banyak digunakan, berapa keuntungan yang akan Anda dapatkan?

Beberapa hal di atas adalah alasan kenapa menjadi developer aplikasi Android merupakan ide bisnis yang tepat. Tentu, ide bisnis ini pun bisa menjadi sumber penghasilan pasif yang cukup menjanjikan.

Tips Membuat Aplikasi Android Agar Sukses dan Menguntungkan

Dari beberapa poin sebelumnya, bisa disimpulkan jika menjadi developer aplikasi Android adalah ide bisnis yang cukup menarik. Hanya saja, Anda perlu memahami bahwa ada persaingan yang cukup kuat dalam ide bisnis ini. Hal ini lah yang membuat Anda harus memahami beberapa tips membuat aplikasi Android agar sukses, banyak diunduh dan tentu mendapatkan keuntungan.

BACA JUGA  Rekomendasi 5 Apk Kasir Android Terbaik

Adapun beberapa tips yang dimaksud tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Beta testing

Ketika hendak membuat aplikasi Android, maka ada baiknya jika Anda tidak melupakan beta testing sebelum meluncurkan aplikasi tersebut secara resmi. Ya, beta testing bisa diartikan sebagai uji coba setelah aplikasi tersebut selesai dibuat.

Kenapa hal ini penting? Sebab, dengan melakukan beta testing, maka Anda akan mengetahui bagaimana performa dari aplikasi yang sudah dibuat tersebut. Tentu saja, dengan demikian, Anda bisa memperbaiki kesalahan yang mungkin muncul.

  • Desain yang apik

Tidak dimungkiri bahwa desain menjadi hal yang sangat penting terkait urusan pengembangan aplikasi. Nah, untuk membuat aplikasi Android yang populer, pastikan jika Anda membuat desain yang berbeda dengan apk lain serta memiliki daya tarik tersendiri.

  • Melakukan riset pada pengguna

Riset juga menjadi tips awal yang cukup penting sebelum Anda membuat sebuah aplikasi Android yang baru. Dengan riset yang dilakukan, tentu saja nantinya Anda bisa mengetahui aplikasi apa yang sebenarnya sedang menjadi tren dan banyak dicari oleh pengguna Android.

Selain itu, dengan riset yang dilakukan, Anda nantinya bisa membuat aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Misalnya, Anda membuat aplikasi yang bisa dijalankan dengan mudah pada sinyal 3G, aplikasi yang cenderung tidak banyak memakan konsumsi daya yang tinggi, dan lainnya.

  • Menggunakan sistem pembayaran yang sesuai

Sebagaimana disinggung di awal bahwa penghasilan developer aplikasi salah satunya didapatkan dari opsi pembayaran di dalam aplikasi tersebut. Nah, untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, maka gunakan sistem pembayaran yang sesuai untuk memudahkan pengguna.

BACA JUGA  Cara Download Aplikasi Pembuat Logo di Android dengan Mudah

Dalam hal ini, jika Anda menargetkan pengguna dalam range lokal saja, maka gunakan penyedia sistem pembayaran lokal. Sebaliknya, jika target market Anda lebih luas dan mencakup pengguna Android di luar negeri, maka gunakan sistem pembayaran multi.

  • Menggunakan fitur Google sign in

Google sign in adalah salah satu fitur yang sebenarnya cukup simple namun sangat membantu. Dengan menggunakan fitur ini, maka pengguna nantinya bisa melakukan login dengan sangat mudah tanpa perlu mengetik email yang mereka gunakan. Nah, fitur ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan lebih banyak pengguna.

Beberapa hal di atas adalah tips yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan lebih banyak pengguna aplikasi yang Anda kembangkan. Tentu saja, masih ada beberapa tips lain yang perlu diketahui, seperti melakukan promosi yang tepat, menyediakan tarif yang terjangkau, dan lainnya.

Apa yang diperlukan untuk menjadi seorang developer?

Tentu saja, Anda harus memahami dunia coding. Hal ini dikarenakan aplikasi dibuat dengan kode-kode tertentu. Namun, saat ini sudah banyak penyedia jasa pembuatan aplikasi. Artinya, Anda bisa saja menggunakan jasa mereka untuk membuat aplikasi dengan hak milik atas nama Anda.

Berapa lama proses tayang aplikasi di Google Play?

Jika akun Google Developer yang Anda gunakan masih baru dan baru pertama kali upload aplikasi, maka waktu tayang yang diperlukan adalah sekitar 8 hingga 12 jam. Sedangkan untuk aplikasi selanjutnya, maka Anda hanya perlu menunggu sekitar 5 jam saja.

Bagaimana cara promosi aplikasi Android?

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk promosi aplikasi Android yang Anda buat. Tentu saja, Anda bisa memanfaatkan media sosial gratis sebagai salah satu platform yang tepat untuk melakukan promosi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur ads untuk promosi.

Leave a Comment