9 Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Asana

Kecanggihan teknologi memberikan dampak yang cukup signifikan pada hampir semua aspek kehidupan. Semuanya kini dapat dilakukan dengan lebih cepat dan juga mudah, hal ini jelas sangat dirasakan oleh Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan bingung mengelola waktu agar lebih efektif.

Beruntungnya, di zaman digital seperti sekarang ini, Anda tidak perlu lagi mencemaskan hal tersebut. Ya, kini terdapat banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan untuk mengelola waktu dan manajemen aktivitas supaya lebih efektif, tepat dan efisien.

Salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan untuk manajemen waktu serta aktivitas Anda bersama team adalah Asana, yang merupakan sebuah tool manajemen project untuk individual maupun tim dengan layout yang sederhana dan intuitif untuk manajemen aktivitas.

Penasaran dengan kelebihan dan kekurangan aplikasi Asana? Intip informasinya di bawah ini.

Daftar isi

Apa Itu Aplikasi Asana?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa Asana merupakan salah satu software tambahan untuk membantu pengguna dalam mengelola waktu atau manajemen project. Jadi, jika Anda sebelumnya menulis jadwal dengan kertas atau notes, kini Asana hadir untuk membuatnya lebih simple dan praktis dalam segala aspeknya.

Yang lebih menarik lagi, Asana adalah salah satu tools manajemen yang memprioritaskan tim serta project manager. Hal ini tidak dapat Anda temukan pada project management software lainnya karena kebanyakan hanya berfokus pada penyederhanaan management experience.

Asana hadir untuk membantu individu, tim, perusahaan, solopreneur bahkan blogger dalam mencapai tujuan tim melalui fitur-fitur yang ditawarkan. Yang mana aplikasi tersebut menyuguhkan user interface yang begitu simpel dan sangat bersahabat meskipun untuk pengguna baru.

Lantas bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan aplikasi Asana perihal layout maupun fitur-fiturnya?

BACA JUGA  Lupa PIN ATM BRI? Begini Syarat dan Cara Mengatasinya

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Asana

Sama halnya dengan aplikasi pada umumnya, Asana juga memiliki kelebihan serta kekurangan yang akan pengguna dapatkan. Jadi, sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi manajemen yang satu ini, silahkan simak kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Kelebihan Aplikasi Asana

Jika dilihat dari penjelasan di atas, maka bisa dikatakan bahwa Asana memiliki segudang kelebihan dari sederet fitur yang disuguhkan. Apa saja? Temukan jawabannya pada ulasan berikut.

Layout Sederhana dan Intuitif

Layout atau desain sebuah aplikasi adalah hal penting karena menyangkut kemudahan serta kenyamanan pengguna. Asana memiliki layout yang sederhana dan intuitif, jadi Anda tidak perlu bingung dan mencari tutorial googling kesana kemari. Begitu Anda membuka aplikasi, maka pengguna akan segera mengerti bagaimana cara penggunaannya karena begitu simpel dan mudah dimengerti.

Manajemen Semua Aktivitas dalam Satu Tempat

Kelebihan berikutnya dari aplikasi Asana yaitu Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk manajemen seluruh kegiatan dalam satu tempat. Hal ini sangat cocok bagi Anda solopreneur dan blogger yang pada umumnya melakukan semuanya sendiri.

BACA JUGA  Google Play Store Terhenti? Ini Cara Ampuh Mengatasinya

Hal serupa dapat membuat Anda keteteran dan tidak menutup kemungkinan akan ada jadwal yang tertinggal dan tidak dilakukan. Dengan Asana Anda bisa membuat kategori untuk setiap detail kegiatan yang akan dilakukan.

Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa semuanya akan selesai dan tidak ada jadwal yang terlewatkan.

Tersedia Mobile Apps

Sepertinya siapapun never go anywhere without smartphone. Nah kabar baiknya, software Asana kini telah tersedia versi mobile app nya. Sehingga kini Anda sudah tidak perlu repot menulis di notes dan membawanya ke sana-sini, semuanya sudah dapat direkam dalam smartphone yang praktis dibawa ke mana saja.

Jadi, kini Anda dapat lebih mudah berhubungan dengan tim untuk mengkoordinasikan project di mana saja dan kapan saja.

Bebas Attach File dan Integrasi Bersama Aplikasi Lain

Kelebihan selanjutnya dari aplikasi Asana adalah, Anda bebas attach file apa saja dari memori Anda maupun dari Google Drive. Fitur ini bisa Anda gunakan untuk berbagi schedule bersama tim hingga membahas project bersama dan mengubah cover suatu task supaya lebih mudah dikenali.

BACA JUGA  7 Aplikasi Alquran Terbaik 2022 Plus Ada Terjemahan Indonesianya!

Berbagai macam file seperti foto, dokumen PDF hingga spreadsheet pokoknya bebas Anda bagikan melalui platform ini.

Tetap Tenang dengan 3 Fitur Keamanan

Keamanan tetap menjadi pertimbangan utama dalam memilih suatu software. Asana hadir dengan 3 fitur keamanan yang tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari fitur SSO (Single Sign On) integration, Advanced account permissions hingga 2FA (Two-factor authentication) semua bisa Anda nikmati melalui aplikasi ini. Jadi, dijamin semua data pengguna akan aman dan terlindungi sepenuhnya.

Gratis

Kelebihan yang paling asyik yaitu Asana bisa digunakan secara gratis. Pasalnya, aplikasi ini juga menyediakan versi basic yang tidak dikenakan biaya sepeserpun. Namun karena gratis, maka fitur yang disediakan juga terbatas.

Kekurangan Aplikasi Asana

Selain sederet kelebihan yang ditawarkan, aplikasi ini juga memiliki sedikit kekurangan yang tentu saja tidak sebanding dengan kelebihan yang ditawarkan. Kira-kira apa saja ya?

Fitur pada Paket Basic Sangat Terbatas

Karena memang paket basic dan tidak dipungut biaya berlangganan, maka ada beberapa fitur fungsional yang tidak bisa Anda nikmati. Jadi pengguna perlu melakukan upgrade ke versi premium untuk dapat menikmati semua fitur canggih yang ditawarkan.

BACA JUGA  5 Aplikasi Sejenis Ome TV dengan Segudang Fitur Menarik

Support Team Kadang Tidak Tersedia pada Paket Gratis

Manfaat utama aplikasi Asana adalah untuk mempermudah koordinasi team, namun bagi Anda yang menggunakan paket basic hal ini akan cukup menghambat. Pasalnya, support team tidak selalu available.

Harga Berlangganan yang Cukup Tinggi

Asana menawarkan harga berlangganan yang cukup tinggi, yaitu mulai dari USD 11 hingga USD 25 atau setara dengan Rp 165 ribuan hingga Rp 265 ribuan.

Sebagai salah satu software management project, tentu saja kelebihan dan kekurangan aplikasi Asana menjadi satu paket komplit yang saling melengkapi. Namun perlu diketahui, Asana memiliki fitur terlengkap mengingat ini adalah jenis aplikasi yang bisa digunakan secara gratis.

Apakah Asana Gratis?

Tersedia versi berbayar dan gratis, yang tentunya masing-masing dibedakan berdasarkan kelengkapan fitur yang tersedia.

Aplikasi Asana Untuk Apa?

Aplikasi ini berfungsi untuk membantu Anda maupun tim dalam mengelola tugas, proyek hingga manajemen atau alur pekerjaan tim dalam suatu perusahaan.

Leave a Comment