Mengenal Fungsi Creative Cloud, Aplikasi Sejuta Manfaat

Konten yang aesthetic seperti foto dan video kini sudah menjadi suguhan wajib di berbagai platform media sosial. Memang tidak dapat dimungkiri bahwa kecanggihan teknologi telah berhasil mengubah hampir seluruh segmen kehidupan.

Dengan kecanggihan teknologi maka semuanya serba dimudahkan, salah satu yang bisa Anda rasakan adalah kemudahan memperoleh berbagai aplikasi lengkap hanya dalam satu aplikasi. Apa itu?

Bagi seorang konten kreator, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan deretan software Adobe. Ya, Adobe telah memiliki berbagai jenis software mulai dari aplikasi foto, layout hingga illustrator yang bisa Anda nikmati dengan cara berlangganan.

Namun bagaimana jika Anda membutuhkan aplikasi yang lebih kompleks, apakah Anda akan membeli semuanya? Hmmm pasti sangat memberatkan. Tapi tidak perlu khawatir, silahkan Anda berkenalan dengan aplikasi Adobe Creative Cloud untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Mungkin kini Anda akan bertanya memangnya apa fungsi Creative Cloud. Jika iya, simak jawabannya berikut ini.

Daftar isi

Mengenal Apa Itu Creative Cloud

mengenal apa itu creative cloud

Adobe adalah salah satu perusahaan yang sudah mendunia dan banyak dikenal oleh pengguna perangkat komputer hingga smartphone. Tidak dapat diabaikan, nyatanya Adobe berhasil mengeluarkan berbagai jenis software dengan beragam fungsi menarik yang dapat menyesuaikan kebutuhan penggunanya.

Seperti InDesign untuk layout design, Photoshop untuk fotografi hingga Illustrator untuk gambar digital dan masih banyak lagi lainnya. Semuanya akan bisa dinikmati oleh pengguna yang telah berlangganan.

Lantas bagaimana dengan konten kreator yang membutuhkan banyak software, pasti harus mengeluarkan banyak uang untuk dapat membeli semuanya.

Nah, untuk menjawab persoalan tersebut, pada tahun 2003 lalu Adobe telah meluncurkan software baru bernama CS atau Creative Suite. Yang mana aplikasi tersebut memuat berbagai aplikasi kreatif yang bisa dibeli dengan harga yang lebih terjangkau dan dapat digunakan seumur hidup.

Setelah beberapa tahun berlalu kemudian pada tahun 2012 Adobe memutuskan untuk mengganti nama CS menjadi CC atau Adobe Creative Cloud.

BACA JUGA  Kegunaan Adobe Photoshop, Pengertian dan Kelebihan

Sesuai dengan namanya, Creative Cloud memiliki fitur penyimpanan sistem cloud yang akan terjaga rahasia serta keamananya. Melalui aplikasi ini, Anda dapat juga dapat membeli beberapa aplikasi sekaligus dengan harga berlangganan yang lebih terjangkau. Setidaknya ada lebih dari 20 aplikasi yang menunggu digunakan dalam aplikasi Adobe Creative Cloud.

Fungsi Creative Cloud

creative cloud

Fungsi Creative Cloud dapat dibilang cukup kompleks, mengingat ada banyak aplikasi yang bisa Anda dapatkan melalui software ini. Jika Anda pengguna baru, Anda dapat mengunduhnya dan menggunakannya secara gratis dalam masa tertentu, yakni hingga masa trial berakhir.

Selanjutnya Anda diharuskan memilih paket berlangganan yang sesuai dengan kebutuhan project. Sebelum memutuskan ingin memilih paket berlangganan apa, yuk pahami dulu apa fungsi Creative Cloud sebenarnya.

Menyunting Foto dengan Adobe Photoshop

Fungsi Creative Cloud yang pertama adalah dapat digunakan untuk editing foto ataupun konten lainnya yang berbentuk bitmap melalui aplikasi Photoshop yang ada di dalamnya.

Membuat Ilustrasi dengan Adobe Illustrator

Fungsi selanjutnya yaitu membuat grafik vektor atau ilustrasi dengan berbagai fitur yang ada pada aplikasi Adobe Illustrator.

Membuat Design Layout Karya dengan InDesign

Kesulitan membuat layout buku digital, majalah atau karya penerbitan hingga percetakan? Tidak perlu khawatir, Anda dapat menggunakan Adobe InDesign yang ada pada Creative Cloud.

BACA JUGA  Rekomendasi 7 Aplikasi Jual Pulsa Murah, Cocok Untuk Usaha

Editing Video dengan Adobe Premiere Pro

Hobi membuat video atau bahkan film dengan durasi panjang hingga lama, dan butuh aplikasi editor video? Creative Cloud telah menyediakan aplikasi Adobe Premiere Pro yang dapat Anda gunakan untuk menyunting video hingga film secara profesional. Menarik, bukan?

Editing Video Cinematic dengan Adobe After Effects

Jika Anda lebih suka membuat video cinematik dengan tema warna yang lebih aesthetic, maka Anda dapat menggunakan Adobe After Effects. Aplikasi tersebut juga merupakan editor video atau film namun yang membedakannya dengan Premiere Pro adalah aplikasi ini lebih berfokus pada video sinematik visual, sementara Premiere Pro lebih pada pengeditan video profesional secara umum.

Membuat Desain Produk Digital dengan Adobe XD

Melalui Adobe XD yang bisa Anda temukan pada Creative Cloud, Anda dapat mendesain suatu produk digital. Aplikasi tersebut pada umumnya digunakan oleh UX ataupun UI.

Mendesain Halaman Web dengan Adobe Dreamweaver

Apabila sebelumnya Anda dapat membuat desain suatu produk digital secara umum dengan XD, kini pengguna juga bisa membuat desain website dengan aplikasi Adobe Dreamweaver. Terdapat berbagai fitur yang bisa Anda manfaatkan di dalamnya.

BACA JUGA  Cara Mudah Merubah Tampilan SMS Android Tanpa Aplikasi

Menyunting Audio dengan Adobe Audition

Sesuai dengan namanya, Anda dapat menggunakan Adobe Audition pada Creative Cloud untuk menyunting audio.

Membuka serta Mengedit Dokumen dengan Adobe Acrobat DC

Anda sering mengalami kebingungan jika ingin menyunting file PDF? Kini hal tersebut tidak akan terjadi lagi, pengguna dapat menggunakan Adobe Acrobat DC untuk membuka serta mengedit file PDF dengan mudah.

Banyak Fungsi Lainnya

Tidak hanya beberapa fungsi yang telah disebutkan di atas, Anda juga dapat menggunakan Adobe Creative Cloud untuk berintegrasi dengan beberapa aplikasi lainnya seperti Adobe Portofolio, Adobe Fonts, Behance, hingga fasilitas penyimpanan Cloud hingga 100GB dan masih banyak lagi lainnya.

Kelebihan Creative Cloud

kelebihan creative cloud

Sebagai aplikasi yang hadir untuk memudahkan penggunanya dalam memiliki beberapa aplikasi sekaligus, tentu saja Creative Cloud juga memiliki beberapa kelebihan lain yang patut diperhitungkan.

Tidak hanya praktis dengan banyak aplikasi dalam satu tempat Anda juga akan merasakan beberapa kelebihan lainnya seperti:

  • Proses penginstalan yang sangat mudah dengan pembelian melalui lisensi resmi. Proses upgrade aplikasi ke versi terbaru pun akan begitu mudah.
  • Pengguna dapat menghemat lebih banyak uang dengan Creative Cloud. Pasalnya Anda hanya perlu membayar biaya berlangganan sekitar Rp 380 ribuan saja untuk bisa menikmati semua pake Cloud Creative terbaru plus kapasitas penyimpanan Cloud hingga 100 GB.
  • Layanan lengkap dari 20 lebih aplikasi bisa Anda dapatkan disini. Aplikasi Creative Cloud akan memudahkan Anda dalam project foto, video hingga project yang lebih kompleks lainnya.
  • Terdapat fitur Revoke yang mana Anda dapat mencabut izin akses pada pengguna tertentu ketika Anda menghendakinya. Dengan begitu pengguna tersebut tidak bisa lagi mengakses Creative Cloud
BACA JUGA  4 Aplikasi Status Bar Android Tanpa Root dan Cara Modifikasi Agar Tampilan Makin Kece

Adobe Creative Cloud adalah salah satu aplikasi yang wajib Anda miliki dan cocok dijadikan partner berkreativitas. Fungsi Creative Cloud yang kompleks akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan banyak manfaat aplikasi hanya dengan satu wadah dan tentunya dengan harga yang cukup affordable.

Adobe Creative Cloud Apa Saja?

Creative Cloud merupakan sistem operasi dengan kapasitas yang sangat besar. Setidaknya ada 20 aplikasi yang terdapat pada platform ini, yaitu: Adobe PhotoShot, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Adobe Premiere Pro, Adobe After Effects, Adobe Auditin, Adobe XD dan lainnya.

Berapa Harga Adobe Creative Cloud?

Untuk paket All Apps Original 1 tahun yakni Rp 1,1 juta, kemudian untuk paket All Apps Universal 1 tahun yakni Rp 5,9 juta, sementara untuk paket Teams All Apps Original yakni Rp 16,2 juta.

Leave a Comment