Ada Masalah dengan Server 400 YouTube di Android? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

YouTube merupakan sebuah platform streaming terbesar di dunia. Di dalamnya terdapat beratus-ratus juta atau bahkan lebih konten video yang bisa Anda nikmati. Mulai dari trailer film, berita, musik, film, berbagai video tutorial seperti Do It Yourself (DIY), memasak, baking dan masih banyak lagi lainnya.

Jadi tidak heran jika YouTube sering jadi pilihan terbaik untuk menemani waktu luang para pengguna internet. Selain memuat banyak sekali konten, Anda juga dapat menikmatinya melalui berbagai jenis perangkat, mulai dari PC, laptop hingga smartphone Android.

Sayangnya, dalam beberapa momen pengguna sering mendapati ada masalah dengan server 400 YouTube di Android.

Meski begitu Anda tidak perlu khawatir, jika terdapat pesan There was a problem with the server [400], maka Anda dapat mengatasinya dengan beberapa tips di bawah ini.

Apa Itu Problem Server 400?

apa itu problem server 400

HTTP (Hypertext Transfer Protokol) 400 merupakan kode status respons yang menunjukkan adanya kesalahan atau error sistem yang disebabkan oleh beberapa kemungkinan. Sehingga server tidak dapat memproses permintaan pengguna karena kesalahan dari pengguna, seperti:

  • Framing pesan permintaan yang dimasukkan tidak valid
  • Permintaan rute yang diminta palsu
  • Sintaks permintaan yang diberikan salah bentuk
  • Jaringan internet yang digunakan mengalami gangguan
  • Dan lain sebagainya.

Perlu Anda ketahui, ada beberapa permasalahan yang mungkin akan Anda jumpai ketika ingin memutar video di YouTube. Yang paling sering terjadi adalah:

  • Please check your network connection (Retry)
  • There was a problem with the server [400]
  • No Connection
  • Error loading. Tap to retry
  • 500 Internal Server Error. Dan lain sebagainya

Ada Masalah dengan Server 400 YouTube di Android? Atasi dengan Tips Ini!

ada masalah dengan server 400 youtube di android atasi dengan tips ini

Mengalami server 400 bad request saat tengah asik menikmati video memang cukup menjengkelkan. Namun kini Anda tidak perlu cemas lagi jika mendapat masalah yang serupa. Langsung saja coba trik mengatasi server 400 error di bawah ini.

Restart Smartphone

Cara yang paling umum dan sederhana dilakukan adalah restart ponsel Anda. Cara ini dinilai dapat mengatasi gangguan sementara serta masalah jaringan yang mungkin menjadi penyebab utama masalah tersebut.

Cek Kesalahan URL

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa adanya kesalahan pada URL. Kemungkinan masalah error server 400 yang Anda alami disebabkan oleh salah ketik URL, apapun kesalahan pada ejaan yang digunakan. Atau mungkin ternyata URL yang Anda masukkan memiliki tata bahasa yang terlewatkan.

Pada umumnya, ada beberapa karakter khusus yang tidak diperbolehkan ada di URL. Sehingga kembalilah ke URL YouTube yaitu YouTube dan masukkan keyword video yang ingin Anda tonton.

Hapus Data & Cache Aplikasi YouTube

Cara mengatasi ketika ada masalah dengan server 400 YouTube di Android yang selanjutnya yaitu dengan menghapus data dan cache pada aplikasi YouTube. Untuk melakukan tips yang satu ini Anda hanya perlu:

  • Pertama, buka menu Settings lalu pilih Apps
  • Kemudian pilih All Applications dan pilih aplikasi YouTube
  • Setelah beberapa opsi terbuka, selanjutnya ketuk Storage lalu Clear Data

Dengan cara ini maka aplikasi Youtube akan tersetting ulang ke default dan kemungkinan kesalahan server 400 akan teratasi.

Uninstall Update Aplikasi YouTube

Jika semua cara di atas sudah Anda coba namun permasalahan masih sering muncul, maka saatnya mencoba cara yang lain. Coba copot aplikasi update YouTube dan kembali ke versi pabrik, caranya yaitu:

  • Pergi ke Settings atau Pengaturan pada ponsel Anda
  • Selanjutnya pilih Apps lalu All Applications
  • Temukan aplikasi YouTube dan pilih Uninstall Updates

Nah, kini aplikasi nonton video Anda sudah kembali ke versi pabrik atau versi aslinya. Tampaknya sistem error server 400 sudah tidak akan Anda jumpai.

Copot dan Pasang Ulang Aplikasi YouTube

Solusi terakhir yang dapat Anda coba adalah mencopot aplikasi YouTube dan menginstalnya kembali melalui Google Play Store. Jika cara di atas belum membuahkan hasil, maka solusi yang satu ini harus dicoba dan dijamin masalah bad response server 400 akan teratasi.

Nah itu dia beberapa tips memperbaiki performa ponsel sekaligus mengatasi ketika ada masalah dengan server 400 YouTube di Android. Kan nggak asyik kalau sedang nonton berita, nonton film atau mendengarkan musik namun tiba-tiba video tidak bisa diputar. Jadi, langsung saja coba salah satu solusi di atas ya!

Apakah masalah server 400 YouTube di Android juga berimbas pada kinerja aplikasi lain?

Tentu saja tidak, error server 400 pada YouTube hanya mengakibatkan video tidak dapat diputar.

Apa Penyebab terjadinya masalah server 400 YouTube di Android?

Masalah server 400 YouTube bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan seperti kesalahan ketik URL, jaringan internet yang buruk dan lain sebagainya.

Masalah server 400 YouTube dapatkah hilang sendiri dengan melakukan reload page?

Belum tentu, jika masalah disebabkan URL yang tidak sesuai maka reload belum dapat mengatasi masalah tersebut.

Leave a Comment