Fungsi Command Prompt

Pernah mendengar Command Prompt? Command Prompt atau biasa disingkat CMD merupakan sebuah aplikasi yang bisa menerjemahkan baris perintah yang ada dalam sistem operasi windows. Aplikasi ini dipakai untuk menjalankan perintah yang dimasukkan, memecahkan masalah tertentu pada Windows, hingga melakukan fungsi administratif tingkat lanjut.

Peran Command Prompt dalam sebuah komputer cukup vital karena CMD ini juga mampu memperbaiki error pada hard drive serta menyembunyikan data atau file tertentu. Untuk menggunakan aplikasi ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti melalui pintasan CMD yang letaknya berada pada menu Start (bisa jadi berbeda, tergantung windows yang Anda gunakan).

Bagaimana Cara Menggunakan Command Prompt?

bagaimana cara menggunakan command prompt

Sebelum mempelajari fungsi command prompt secara lebih detail, tentu Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan CMD ini. Anda sebagai user harus memasukkan perintah yang sifatnya valid bersamaan dengan parameter opsional. Setelah itu CMD akan langsung merespon dan menjalankan perintah sesuai dengan perintah yang dimasukkan.

BACA JUGA  Inilah Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 dengan Mudah

Anda harus memasukkan perintah dengan benar dan hindari salah ejaan atau salah ketik yang bisa berakibat CMD gagal memuat perintah. Sintaks atau salah eja merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Pasalnya, sintaks mempengaruhi tingkat kenyamanan para pembaca.

Apa Fungsi CMD?

apa fungsi cmd

Command Prompt sendiri memiliki banyak fungsi yang sangat penting. Apa saja fungsi dari CMD ini? Berikut informasi lengkapnya.

Untuk Menutup Aplikasi Secara Paksa

Fungsi command promp yang pertama adalah untuk menutup aplikasi secara paksa (khususnya pada aplikasi yang bermasalah saat digunakan). Aplikasi yang bermasalah saat digunakan bisa Anda tutup secara paksa dengan menggunakan CMD. Adapun respon aplikasi yang bermasalah biasanya akan muncul pengingat “not responding”.

BACA JUGA  6 Download Software Pembuat Animasi Bergerak 3D Paling Terkenal di Dunia

Mengecek Status Aktivasi Windows

Pengguna Windows saat ini sudah banyak sekali dan tersebar hampir di seluruh penjuru dunia. Namun faktanya, masih banyak pengguna windows yang belum melakukan aktivasi pada Windows mereka. Untuk melakukan pengecekan aktivasi pada Windows, Anda bisa memanfaatkan CMD.

Bisa Menyembunyikan File

Selanjutnya terkait fungsi Command Prompt adalah memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan filenya. Anda bisa bebas mengelola segala file yang ada dalam komputer, baik memasukkan dalam folder ataupun menyembunyikannya. CMD merupakan solusi tepat untuk menyembunyikan file yang tidak ingin diperlihatkan kepada orang lain.

BACA JUGA  Tercepat Cara Mengubah MP4 Menjadi MP3 di Laptop Tanpa Aplikasi

Memeriksa Hard Drive

Hard Drive merupakan komponen yang harus diperiksa secara rutin untuk memeriksa apakah komputer memiliki bad sector atau tidak. Untuk memeriksa Hard Drive, Anda harus menguasai perintah yang berupa “wmic diskdrive get status” agar bisa menjalankan perintah satu ini.

Menginformasikan Jika Terjadi Masalah

Perintah yang termuat dalam CMD sangatlah bermanfaat untuk pengguna. Salah satu manfaatnya yakni bisa menginformasikan jika terjadi masalah pada komputer. Misalnya seperti terjadi kesalahan jaringan, bisa mengetahui status up maupun down dari komputer pada sebuah koneksi dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

BACA JUGA  Kegunaan Adobe Photoshop, Pengertian dan Kelebihan

Bagaimana Cara Menggunakan CMD?

Untuk membuka program dasar cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan dua langkah di bawah ini:

  1. Klik menu “Start” di komputer Anda
  2. Jika sudah, klik Command Prompt di kolom pencarian. Setelah itu menu CMD ini akan muncul dan bisa digunakan untuk memasukkan perintah berupa teks.

Apa perintah yang Terdapat di CMD?

Adapun perintah yang ada dalam Command Prompt adalah sebagai berikut:

  1. Ping
  2. Ipconfig
  3. Chkdsk
  4. Calc
  5. Diskpart
  6. Notepad
  7. Shutdown
  8. Taskmgr

Leave a Comment