Cara Cek Saldo KIP BNI Lewat HP

Kartu Indonesia Pintar (KIP) merupakan salah satu PIP atau Program Indonesia Pintar yang diperuntukkan untuk siswa berusia 6 tahun hingga 21 tahun. Dana KIP ini diberikan untuk siswa yang tidak mampu secara materi namun unggul secara akademik.

Adapun bentuk bantuan kepada siswa ini berupa dana tunai yang diperuntukkan untuk siswa dalam menyelesaikan pendidikannya. Biasanya, pelajar yang sudah memiliki KIP bisa mengajukan diri untuk melakukan permohonan bantuan dana di PIP.

Bantuan KIP sendiri akan langsung diterima siswa yang layak mendapatkannya, dan bisa langsung dicek melalui HP. Ya, dibanding datang ke bank hanya untuk mengecek saldo KIP, tentu cara cek saldo KIP BNI lewat HP jauh lebih praktis.

Apa Persyaratan Bantuan Ini?

syarat bantuan kip

Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh peserta didik jika ingin menjadi salah satu penerima KIP. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah rekening. Adapun rekening yang harus digunakan merupakan rekening pribadi yang akan menjadi tempat penyaluran dana bantuan PIP nantinya.

Sementara untuk nominal yang didapatkan masing-masing peserta didik bisa berbeda. Itu didasarkan pada tingkat pendidikan dikarenakan kebutuhan setiap jenjang pendidikan tentunya berbeda.

BACA JUGA  Cara Beli VIP WeTv Pakai Pulsa di iPhone Dijamin Gampang

Jadi, bagi yang merasa berhak untuk menerima bantuan dana, tidak ada salahnya untuk mengajukan diri agar bisa segera menyelesaikan pendidikan dan memberikan kontribusi untuk negara nantinya.

Bagaimana Cara Mengecek Saldo KIP di HP?

bagaimana cara mengecek saldo kip di hp

Saat ini cara cek saldo KIP lewat HP sudah bisa dilakukan. Siswa tidak perlu lagi mengunjungi ATM maupun Bank untuk sekedar mengecek saldo kartunya. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan oleh siswa:

Melalui Aplikasi Jaga.ID

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek apakah saldo KIP sudah cair atau belum yakni melalui aplikasi Jaga.ID . Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu di play store. Apabila aplikasi sudah berhasil dipasang. Berikut ini langkah yang harus anda lakukan selanjutnya:

  1. Buka aplikasi, pilih menu “Pendidikan” lalu pilih “Sekolah”.
  2. Jika sudah, pilih jenjang pendidikan yang saat ini ditempuh (SD, SMP, SMA, atau sederajat).
  3. Lengkapi data seperti nama sekolah, Kota/Kabupaten. Lalu klik “Cari Sekolah”
  4. Jika sudah muncul sekolah yang dicari, pilih menu “Profil Sekolah”, lau “Anggaran Sekolah” selanjutnya klik “Program Sekolah”
  5. Apabila sudah, akan muncul pilihan jenjang sekolah dan Anda harus memasukkan “NISN” lalu cari data.
  6. Isi informasi tentang jenjang sekolah, nama siswa, NISN, nomor SK, kelas, dan rekening bank untuk pencairan dana tunai beserta waktu pencairannya.
BACA JUGA  Cara Mengatasi Aplikasi LinkAja Tidak Bisa Dibuka

Cek Saldo Tanpa Aplikasi Tambahan

Jika sebelumnya Anda harus menggunakan aplikasi tambahan untuk mengecek saldo KIP, cara kali ini tidak diperlukan lagi. Tentunya cara cek saldo KIP BNI lewat Hp ini lebih mudah untuk dilakukan. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka web browser khusus untuk mengecek saldo KIP BNI
  2. Jika sudah terbuka, scroll ke bawah hingga terlihat menu “sector atau Pelayanan Publik”
  3. Klik “Pendidikan”, lalu akan muncul beberapa menu yang harus Anda lengkapi.
  4. Jika nama sekolah sudah muncul, klik sekolah. Jika sudah, klik “profil sekolah” lalu “program sekolah” lalu “program PIP” kemudian dilanjutkan dengan pengecekan nomor KIP (NISN masing-masing siswa”. Lalu klik cari.
  5. Informasi yang dibutuhkan tentang pencairan dan KIP akan segera muncul di layar ponsel.
BACA JUGA  Cara Aktivasi Microsoft Office Dengan Gampang Tanpa Ribet

Bisakah Mengecek Saldo KIP di HP?

Bagi pelajar yang telah terdaftar secara resmi otomatis datanya akan tersimpan dalam sistem. Dengan begitu, pengecekan melalui hp bisa dilakukan tanpa melalui aplikasi. Proses pengecekan ini bisa melalui laman khusus yang sudah disediakan.

Berapa Dana KIP Untuk Jenjang Sekolah?

Setiap jenjang sekolah akan menerima nominal yang berbeda. Hal ini didasarkan pada jenis kebutuhan setiap jenjang sekolah itu berbeda. Untuk SD nominal yang diterima sebesar Rp 225.000/semester, untuk SMP Rp 375.000/semester atau sekitar Rp 750.000/tahun.

BACA JUGA  Pengertian Google Docs, Manfaat dan Cara Menggunakannya

Siapa yang Berhak Menerima Dana PIP?

Penerima bantuan Program Indonesia Pintar adalah mereka yang terdaftar pada Kartu Indonesia Pintar yang akan dicairkan pada masing-masing sekolah.

Leave a Comment