Arti Startup Repair dan Ini Penyebabnya!

Bagi Anda yang sudah bersahabat lama dengan Windows 7 mungkin kerap kali mengalami beberapa masalah atau kendala dalam sistem. Beberapa masalah bahkan bisa saja terjadi saat Anda baru saja berusaha menghidupkan PC namun fail booting.

Jika hal serupa terjadi, bagaimana Anda akan mengatasinya? Untuk itu, Anda perlu mengenal arti startup repair yang nantinya akan sangat berguna untuk melancarkan proses booting kembali.

Startup repair merupakan sebuah tools yang buat oleh Windows dan terdapat dalam Windows 7. Tool tersebut memungkinkan Anda untuk mengatasi gagal booting atau booting fail. Dengan startup repair Anda dapat mengatasi masalah file sistem yang hilang atau rusak.

Sehingga, startup repair tidak dapat digunakan untuk mengatasi masalah lain seperti hardware, kesalahan instalasi maupun masalah personal data yang rusak atau hilang. Untuk lebih detailnya, simak informasi di bawah ini ya!

Apa Arti Startup Repair?

apa arti startup repair

Seperti yang telah disinggung pada awal pembahasan, startup repair merupakan tool pada Windows 7. Fitur tersebut akan menjalankan tugasnya untuk memperbaiki sistem Windows yang mengalami kerusakan. Yang mana, error sistem dapat terjadi karena beberapa hal seperti adanya kerusakan file pada PC yang ditandai dengan gagal booting.

Sementara itu, startup repair adalah sistem yang berperan sebagai recovery tool sehingga fitur tersebut hanya dapat memperbaiki kesalahan sistem Windows. Sehingga saat hardware PC Anda mengalami kerusakan maka startup repair tidak dapat mengatasinya dan harus ditangani langsung oleh teknisi yang menguasai bidang tersebut.

BACA JUGA  Fungsi Command Prompt

Perlu Anda ketahui, tools startup repair hanya dimiliki oleh Windows 7 saja. Jadi jika Anda adalah pengguna Windows lain misalnya Windows 8 maka gunakanlah automatic repair Windows 8.

Apa Penyebab Startup Repair?

apa penyebab startup repair

Startup repair akan diperlukan ketika PC Anda mengalami gagal booting, namun mungkin Anda berpikir apa saja sih yang menyebabkan PC bisa gagal booting dan mengalami kerusakan sistem?

Hal tersebut dapat disebabkan karena beberapa faktor, seperti kebiasaan buruk mematikan PC tanpa prosedur yang sesuai.Selain itu, startup repair juga bisa disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini:

File – File Windows Rusak

Penyebab pertama yang paling sering terjadi adalah file-file Windows pada PC yang mengalami kerusakan. Jadi, ketika Anda melakukan install Windows, baik itu Windows 7 maupun yang lainnya seperti Windows 8, Windows 10 maupun Windows XP maka proses tersebut akan menghasilkan banyak sekali file pada sistem Windows Anda.

BACA JUGA  Cara Menggunakan VPN di Laptop Windows 7

Yang mana file-file tersebut dapat Anda lihat pada lokasi penyimpanan local disk C yang rentan rusak. Entah karena virus maupun beberapa faktor lainnya, sehingga Windows menyediakan tool khusus yang dapat memperbaiki diri secara otomatis saat dibutuhkan.

Namun, perlu diketahui bahwa setiap Windows memiliki karakteristik file dengan kerentanan yang berbeda, jadi setiap Windows juga memiliki tools masing-masing yang berbeda pula. Maka arti startup repair sangat erat kaitannya dengan Windows 7 karena hanya jenis Windows inilah yang memiliki tools tersebut.

Laptop atau PC Sering Mati Mendadak

Penyebab startup repair selanjutnya adalah kebiasaan PC atau laptop yang terlalu sering mati mendadak. Bagi Anda yang bekerja dengan laptop atau PC pasti sudah pernah mengalami hal semacam ini, bukan? Misalnya karena listrik padam, baterai habis, atau mencabut kabel charger secara tidak sengaja sementara Anda tidak menggunakan baterai laptop.

BACA JUGA  6 Rekomendasi Aplikasi Lirik Lagu PC Terbaik

Sistem yang mendadak mati bisa menyebabkan kerusakan pada file Windows yang kemudian berakibat laptop berada di safe mode atau bisa juga muncul startup repair pada tampilan perangkat Anda.

Pada tingkat kerusakan yang masih terbilang normal, tool startup repair dapat memperbaiki diri secara otomatis sehingga Anda hanya perlu menunggu perangkat menyala kembali dengan sendirinya.

Letak File Windows yang Berubah

Selain dua hal yang telah disebutkan, penyebab lain dari startup repair adalah file Windows yang berubah. Jadi jangan pernah mencoba mengubah file Windows, baik itu memindahnya, menduplikasi atau bahkan menghapus file.

Pasalnya, perubahan pada file Windows dapat menimbulkan kerusakan pada file sehingga sistem Windows tidak dapat berjalan dengan semestinya.

Jadi itulah apa arti startup repair dan beberapa faktor penyebabnya. Kini Anda bisa menghindari beberapa hak mungkin menjadi penyebab gagal booting. Perlu diketahui, saat kerusakan file yang terjadi masih dalam taraf wajar, maka tools bawaan Windows 7 tersebut dapat mengatasi masalah dengan sendirinya.

BACA JUGA  Membran Keyboard, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Jadi Anda tetap bisa tenang dan menunggu perangkat menyala kembali, proses tersebut akan membutuhkan waktu 10 hingga 15 menit.

Apakah startup repair dapat mengatasi kehilangan data dokumen atau file?

Tidak. Tools tersebut diperuntukkan mengatasi masalah kerusakan file sistem pada Windows 7.

Saat PC atau laptop dengan OS Windows 7 mengalami gagal booting apakah perlu membawanya ke teknisi komputer?

Tidak, tool startup repair akan otomatis mengatasi hal tersebut jika kerusakan sistem masih wajar dan bisa diatasi.

Apa yang harus dilakukan saat perangkat gagal booting?

Anda dapat mematikan dan menghidupkan kembali perangkat dengan tombol power atau mendiamkannya beberapa saat.

Leave a Comment