5 Fungsi Deskripsi Usaha Online Shop

Saat ini, peluang usaha sudah sangat banyak dan memungkinkan Anda yang ingin berwirausaha dari 0 untuk turut mengembangkan karir. Salah satunya yakni dengan mencoba peruntungan melalui bisnis online shop. Bukan hanya modal yang diperlukan, niat dan juga pengetahuan tentang dunia bisnis online pun penting untuk dipelajari.

Dari sekian banyak faktor penting yang harus diketahui, salah satu yang utama harus Anda pahami sebelum memulai usaha online shop adalah bagaimana deskripsi usaha online shop yang baik juga ideal.

Layaknya pintu, deskripsi usaha akan menjadi langkah awal untuk menarik konsumen agar mau bertransaksi.

Seperti Apa Deskripsi Usaha Online Itu?

Deskripsi usaha online merupakan penjelasan yang berisikan informasi tentang usaha yang dimiliki oleh seseorang, kelompok atau perusahaan. Fitur deskripsi toko atau usaha ini biasanya disediakan oleh marketplace tempat Anda berjualan, seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan banyak lagi lainnya.

Melalui deskripsi usaha online yang menarik dan informatif, kelancaran usaha ke depannya juga bisa lebih dipertimbangkan. Pasalnya, penjual bisa menginformasikan kepada pembeli tentang usahanya tanpa harus bertatap muka secara langsung. Untuk itu penting sekali bagi penjual untuk menuliskan deskripsi produknya dengan jelas dan juga menarik.

Apa Saja Keuntungan Menuliskan Deskripsi Usaha Online?

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menuliskan deskripsi tentang usaha online Anda di website, berbagai marketplace, maupun sosial media. Adapun berbagai kelebihan yang didapatkan adalah sebagai berikut:

1. Calon Pembeli Mengetahui Usaha Anda

Calon pembeli tentunya dalam bertransaksi tidak akan langsung membeli. Setidaknya para konsumen ini akan menanyakan terlebih dahulu tentang produk atau jasa apa yang ditawarkan oleh penjual. Untuk memberikan informasi kepada pembeli, cobalah untuk membuat deskripsi produk yang menarik serta jelas dalam mengenalkan produk yang dipasarkan.

Bayangkan bila deskripsi usaha Anda kurang jelas, pembeli pasti akan meragukan toko atau usaha yang Anda miliki. Tentunya ini akan sangat merugikan dan bisa membuat usaha Anda sedikit demi sedikit akan bangkrut.

2. Produk Mudah Dicari

Berbeda dengan usaha secara offline (membuka toko), di mana pembeli akan mendatangi toko secara langsung, usaha online tidaklah seperti itu. Meskipun rata-rata toko online juga memiliki toko fisik di suatu tempat, namun pembeli bisa transaksi meskipun tidak mendatangi toko fisiknya secara langsung.

Calon pembeli pasti akan mencari produk jasa maupun barang yang diinginkan sebelum memutuskan membeli. Apabila Anda sebagai pemilik usaha tidak menyertakan deskripsi terhadap produk atau jasa yang ditawarkan, tentunya pembeli tidak akan tahu apa yang menjadi usaha Anda.

3. Mengoptimasi Produk di Website

Produk yang dijual di internet atau marketplace tentunya berbeda dengan yang dijajakan secara langsung di toko-toko. Pentingnya menggunakan kata atau kalimat (keyword) sangat berguna untuk membuat usaha Anda muncul jika dilakukan pencarian di internet. Konsumen pastinya akan mudah dan kebanyakan mengklik apa yang ditemukannya di page pertama.

Coba bayangkan jika produk atau usaha Anda tidak diberikan deskripsi atau nama, bagaimana konsumen atau calon pembeli Anda mendapatkan informasi? Untuk itu, jangan sampai menganggap remeh deskripsi usaha untuk kemajuan online shop Anda.

4. Informasi Produk Menjadi Lebih Spesifik

Dalam dunia usaha, yang namanya informasi tentang produk beserta kegunaannya itu sangatlah penting. Terlebih lagi jika menjual produk barang ataupun jasa, konsumen pasti akan melihat gambar yang disediakan beserta informasinya yang dicantumkan mengenai produk tersebut.

Begitupun dengan pembeli, dengan adanya deskripsi tentang usaha online shop seperti produk apa yang ditawarkan tentunya membuat pembeli ini bisa mempertimbangkan haruskah membeli atau tidak. Bisa dibilang, deskripsi produk ini sebagai media informasi baik untuk penjual maupun pembeli.

5. Sebagai Senjata Untuk Meyakinkan Pembeli

Deskripsi produk tentunya bisa menjadi sarana untuk para penjual dalam branding tokonya. Kalimat yang digunakan dalam deskripsi usaha mereka sedikit banyaknya sangat berpengaruh terhadap minat para pembeli. Jika deskripsi usaha dibuat meyakinkan, pembeli tidak akan berpikir dua kali untuk melakukan transaksi.

Bagaimana Membuat Deskripsi Usaha Online Shop yang Menarik?

Biasanya pembeli hanya melihat sekilas saja kalimat yang dituliskan pada deksripsi produk. Untuk itu, buatlah kalimat deskripsi yang singkat namun menarik minat dan keingintahuan konsumen.

Bagaimana Cara Membuat Deskrpsi Produk yang Menarik?

Adapun cara yang bisa Anda coba adalah:

  • Kenali target konsumen
  • Deskripsikan manfaat produk
  • Gunakan bahasa natural dengan sentuhan emosianal
  • Gunakan kata kunci SEO

Leave a Comment