Aplikasi Qanda, Solusi Untuk Pelajar Matematika Secara Praktis

Masih menganggap matematika sebagai momok mengerikan di kelas? Tampaknya, dengan hadirnya aplikasi Qanda, Anda tidak akan mendapati kesulitan lagi dalam pelajaran matematika.

Pasalnya, melalui aplikasi ini Anda bukan hanya bisa mendapat jawaban atas soal yang dianggap sulit, tetapi juga bimbingan belajar secara privat dari sejumlah tutor yang berasal dari berbagai universitas terbaik dunia.

Aplikasi ini dinaungi oleh sebuah perusahaan startup bernama SALAH. SALAH sendiri merupakan sebuah startup dalam bidang teknologi Pendidikan yang berbasis di Seoul Mathpresso.

SALAH mengabarkan sebuah pencapaian mereka dalam sebuah misi menyelesaikan 1 miliar menjawab soal matematika. Penyelesaian soal-soal matematika ini diproses melalui sebuah aplikasi yang bernama Qanda.

Meski berasal dari developer luar, aplikasi Qanda sudah banyak digunakan oleh pelajar Indonesia. Menurut Mathpresso, jumlah pengunduh aplikasi Qanda di Indonesia sudah mencapai 2,5 juta pengguna. Jumlah ini sama atau seara dengan 10% dari jumlah populasi pelajar sekolah tingkat SD – SMA yang memiliki akses smartphone.

Kemudahan Menyelesaikan Soal Hanya Dengan Foto

kemudahan menyelesaikan soal hanya dengan foto

Dalam Aplikasi Qanda, Anda akan sangat dipermudah dalam mengambil foto atau gambar soal matematika. Anda juga bisa mengunggah foto atau gambar soal matematika ke aplikasi dan kemudian aplikasi akan menyelesaikan soal tersebut hanya dalam waktu lima detik.

System dalam aplikasi ini menggunakan pemindaian pengenalan karakter optic yang berbasis AI (kecerdasan buatan) Qanda. System tersebutlah yang akan menyelesaikan dan memproses soal dan dikerjakan hanya dalam waktu yang sangat singkat.

“Saat ini, belum ada aplikasi edukasi lain yang mampu menggabungkan kedua fitur tersebut dengan sempurna seperti Qanda. Hal ini sejalan dengan komitmen kami dalam menyediakan platfrom edukasi terbaik dengan cara paling efektif yang dapat tersedia untuk seluruh pelajar di dunia.” pernyataan tersebut di sampaikan oleh CEO Mathpresso, Ray Lee.

Ray Lee juga mengatakan bahwa keunggulan kompetitif aplikasi Qanda adalah ketersediaan fungsi pencarian instan yang berbasis fungsi Q&A. Fitur ini juga sudah berbasis manusia melalui pengajar dan AI.

Pihak Qanda mengatakan bahwa mereka telah menyelesaikan lebih dari satu miliar soal matematika semenjak aplikasi pertama kali diluncurkan pada tahun 2016. Soal-soal tersebut dikirimkan oleh para pelajar dari lebih 50 negara.

Aktivitas yang ada dalam aplikasi Qanda setiap harinya mencapai lebih dari tiga ribu, mulai dari pentanyaan yang dikirimkan dan pencarian lewat Qanda.

Apalagi semenjak pandemi Covid-19 melanda, kehadiran platform e-learning pastinya sangat dibutuhkan. Keterbatasan proses belajar-mengajar membuat siswa harus mencari sumber lain untuk menambah materi yang kurang atau belum di sampaikan oleh guru.

Nah, aplikasi Qanda merupakan salah satu solusi yang sangat membantu siswa untuk dapat menyelesaikan persoalan matematika.

Mathpresso mencatat lonjakan kebutuhan terhadap platform belajar sejalan dengan meningkatnya jumlah pertanyaan yang di proses pada aplikasi Qanda. Dari yang semula 500 juta pertanyaan pada bulan April 2019, kemudian naik 100% dan menebus angka 1 miliar hanya selang beberapa bulan.

Pada bulan Oktober 2019, Mathpresso sukses mendapat pendanaan Seri B dengan didukung dari sejumlah investor seperti InterVest, Legend Capital, Mirae Asset Venture Investment, dan NP Investment.

Hingga saat ini, Qanda telah beroperasi di beberapa negara selain Indonesia, seperti Vietnam, Jepang, dan Singapura.

Pada bulan Agustus tahun 2019 lalu, Mathpresso merilis aplikasi versi Indonesia dan aplikasi ini dapat menempati peringkat kedua di Google Play Store bersama sejumlah aplikasi dengan kategori yang sama yaitu Pendidikan. Aplikasi yang dimaksud yaitu meliputi Brainly dan juga Skill Academi.

Apakah aplikasi Qanda gratis?

Sayangnya tidak. Anda bisa berlangganan Membership biasa dengan harga Rp 23.400/bulan untuk mendapatkan 7.500 koin. Selanjutnya Anda bisa mengirim gambar soal dan aplikasi akan menjawab, atau menanyakan jawaban pada guru TOP dengan rata-rata waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 8 menit.

Bagaimana cara mendapat koin di Qanda?

  • Buka aplikasi Qanda kemudian masuk ke menu profil
  • Pilih menu Toko di pojok kiri atas dan klik Keanggotaan
  • Klik beli Membership Biasa Qanda atau Membership Pro Qanda
  • Lakukan pembayaran sesuai membership yang Anda pilih.

Apakah aplikasi Qanda hanya untuk matematika?

Ya.

Leave a Comment