Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang Juga Beberapa Penyebabnya

Laptop menjadi perangkat yang digunakan oleh semua orang karena memberikan efektivitas. Banyak kelebihan yang diberikan oleh perangkat pilih ini sehingga orang mulai meninggalkan komputer. Walaupun mempunyai banyak kelebihan dan cenderung mengalahkan komputer, tetap ada masalah yang mungkin terjadi. Jadi, Anda harus cari cara mengatasi laptop lemot tanpa install ulang.

Salah satu jenis masalah yang membuat banyak orang merasa kerepotan adalah laptop yang lemot. Ada banyak pekerjaan yang tidak dapat selesai jika laptop Anda dalam keadaan yang lambat. Anda dapat menggunakan beberapa cara sederhana untuk mengatasi masalah ini juga.

Penyebab Laptop Lemot

penyebab laptop lemot

Tentunya, ada berbagai macam penyebab yang membuat laptop Anda jadi lemot. Dengan mengetahui banyaknya penyebab, Anda dapat memperbaiki masalah tanpa harus membawa ke teknisi. Dengan mengetahui beberapa jenis penyebab yang ada ini, Anda jadi tahu letak kesalahannya. Berikut daftar penyebabnya secara umum:

BACA JUGA  Cara Bayar Shopee di Indomaret dan Biaya Adminnya

Ada masalah pada hard disk

Hal pertama yang harus Anda ketahui jauh lebih dulu sebagai penyebab kerusakan seperti ini adalah masalah yang terdapat pada hard disk. Anda akan mengalami berbagai macam masalah jika penyebabnya memang ada pada hard disk. Faktor ini merupakan jenis utama yang sering menyebabkan masalah. Biasanya, hardisk sulit membaca data sehingga menjadi lambat.

Selain karena kesulitan dalam membaca data, faktor dari bagian hard disk-nya sendiri juga ada. Apalagi jika perangkat yang satu ini jarang Anda defragmentasi. Biasanya, kerusakan akan terjadi lebih cepat, rpm juga menurun. Jangan biarkan bagian ini terlalu penuh karena membuat kinerja dan seluruh fungsi yang ada pada perangkat juga menurun.

Browser terlalu berat

Penyebab yang umum lainnya adalah browser yang digunakan terlalu berat. Penting halnya untuk menggunakan browser yang sesuai dengan perangkat. Jangan memaksakan penggunaan browser yang tidak kompatibel. Jika RAM Anda benar-benar kecil atau tidak mencapai 3 GB, ada baiknya untuk menggunakan browser lain di luar Google Chrome.

Banyaknya tab

Untuk mengatasi laptop lemot tanpa install ulang, Anda juga harus tahu penyebab lainnya. Di luar penggunaan browser yang terlalu berat, banyak kesalahan lain yang dilakukan. Ada banyak orang yang suka menyepelekan masalah tab dalam pencarian. Banyaknya jendela yang Anda buka ini dapat menyebabkan kinerja perangkat menurun. Bahkan, laptop Anda menjadi sulit bekerja jika ramai.

BACA JUGA  Inilah Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi di Laptop, Dijamin Mudah dan Praktis

Bukan hal yang asing lagi jika Anda melihat orang menggunakan tab hingga mencapai 10 buah. Jika harus digunakan secara bersamaan seperti ini, perawatan harus dilakukan dengan baik. Bahkan, Anda juga harus mencari dengan baik pilihan laptop yang sesuai. Tidak semuanya dapat bertahan lama jika digunakan untuk banyak tab dalam waktu bersamaan.

Banyaknya temporary files

Masalah umum lainnya yang sering terjadi adalah banyak file sampah di dalam perangkat. Membersihkan temporary files dalam perangkat adalah hal yang penting untuk dilakukan. Kemalasan dalam pembersihan ini dapat menjadi penyebab laptop Anda tidak mau bergerak sesuai dengan keinginan. Hal ini juga memakan banyak ruang penyimpanan sehingga menjadi lemot.

Terlalu banyak aplikasi

Banyaknya software atau aplikasi yang Anda unduh di dalam perangkat juga menjadi salah satu penyebab umum. Apalagi banyak juga software yang diunduh tanpa mempunyai banyak manfaat. Hal ini dapat memakan banyak ruang dalam RAM perangkat. Jika sudah terlalu banyak, hal ini dapat membuat Anda mengalami masalah dalam laptop yang lemot juga.

BACA JUGA  Buka Blokir ATM BNI Dengan Mudah

Kena virus

Adanya virus juga menjadi salah satu penyebab besar dalam perangkat. Ada berbagai macam virus yang mungkin masuk ke dalam perangkat Anda. Dengan virus yang berjalan secara terus-menerus di perangkat, kerusakan akan menjadi semakin parah. Setiap harinya, perangkat Anda akan menjadi tambah lambat. Bahkan, besar kemungkinan rusak sepenuhnya, tidak hanya lemot saja.

6 Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang

cara mengatasi laptop lemot tanpa install ulang

Jika sudah tahu beberapa penyebab yang dapat menyebabkan laptop Anda menjadi lemot. Maka, Anda dapat menggunakan langkah yang sesuai dengan cara mengatasi yang cepat. Tidak harus install ulang jika ada beberapa masalah pada perangkat. Anda dapat menggunakan beberapa langkah mudah seperti ini dalam mengatasi laptop lemot tanpa install ulang.

1. Hapus software

Langkah mudah yang dapat Anda lakukan jauh lebih dulu adalah menghapus berbagai macam software yang tidak diperlukan. Ada banyak software yang biasanya Anda unduh karena merasa butuh. Namun, jika pada akhirnya, Anda tidak menggunakan berbagai macam software yang ada imi. Maka, lebih mudah jika menghapus berbagai macam software yang tidak digunakan.

BACA JUGA  4 Cara Mengatur Ukuran Kertas A4 di Word yang Jarang Orang Tahu

Dengan menggunakan langkah mudah dari menghapus aplikasi yang tidak diperlukan ini. Maka, Anda telah menghemat ruang penyimpanan dalam laptop. Jadi, perangkat tidak harus bekerja keras untuk menampung software yang sebenarnya tidak diperlukan. Gunakan berbagai macam aplikasi untuk menghapus keseluruhan software juga dapat dimanfaatkan.

2. Bersihkan memori

Penyimpanan terlalu penuh adalah salah satu bentuk umum yang menjadi penyebab juga. Sama halnya dengan ponsel, laptop juga menjadi lemot jika sudah penuh. Anda dapat membersihkan memori internal. Hapus saja berbagai macam data yang sudah tidak Anda gunakan. Apalagi jika menyimpan banyak film di dalam perangkat.

3. Gunakan tab terbatas

Mengatasi laptop lemot tanpa install ulang lainnya dapat Anda lakukan dengan menggunakan tab yang terbatas. Jangan memanfaatkan tab dalam jumlah yang banyak sekaligus. Hal ini membuat perangkat harus bekerja dua kali lebih keras. Jadi, memaksimalkan penggunaan tab maksimal 3 buah secara bersamaan. Hindari membuka hingga lebih dari 10 karena memancing kerusakan laptop.

4. Scan antivirus

Anda dapat memanfaatkan langkah lainnya dengan mencari antivirus yang sesuai. Bisa saja perangkat atau software Anda terserang virus. Jadi, untuk memastikan hal yang satu ini, Anda dapat mencari software sesuai. Tersedia berbagai macam pilihan terkenal yang dapat digunakan untuk membersihkan virus. Pemasangan antivirus dalam perangkat adalah hal yang penting juga.

BACA JUGA  Inilah Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 dengan Mudah

5. Tambah kapasitas RAM

Penuhnya RAM juga menyebabkan masalah yang besar dalam perangkat. Anda dapat menggunakan RAM tambahan dengan mengeluarkan sedikit biaya. Memang ada tempat yang dapat mengurus upgrade RAM. Dengan membuat perangkat mempunyai ruang penyimpanan yang jauh lebih luas. Maka, Anda dapat memperoleh kemudahan dalam penggunaan yang lebih cepat juga.

6. Biarkan laptop istirahat

Perangkat yang digunakan terlalu lama juga dapat membuatnya menjadi lemot. Sama halnya dengan manusia, perangkat harus Anda diamkan jauh lebih dulu. Jika tidak digunakan sama sekali dalam waktu satu atau dua jam. Maka, suhu dan kinerja akan kembali ke kondisi semula.

Beberapa langkah sederhana yang ada ini dapat Anda gunakan dalam mengatasi laptop lemot tanpa install ulang. Dengan menggunakan beberapa cara yang sesuai seperti ini, perangkat Anda akan kembali dalam kondisi normal.

Leave a Comment