Perbedaan iPhone 6 dan 6s: Spesifikasi Hingga Harga, Masih Layak Dibeli di 2022?

Kesan trendy dan inovatif selalu melekat dalam benakpara pecinta teknologi canggih akan ponsel-ponsel jebolan Apple. Tidak heran banyak orang rela merogoh sejumlah besar uang hanya demi membeli segenggam smartphone ini.

Namun, tidak sedikit pula yang memilih membeli versi lama iPhone demi menghemat budget, seperti iPhone 6 dan 6s ini misalnya.

Meski sudah memasuki tahun kedelapan, kedua iPhone ini masih eksis di Indonesia. Banyak yang bingung memilih di antara keduanya. Karena itulah berikut kami jelaskan perbedaan iPhone 6 dan 6s.

Perbedaan iPhone 6 dan 6s

apa saja perbedaan iphone 6 dan 6s

Informasi mengenai perbedaan kedua smartphone ini dapat membantu Anda yang sedang mencari ponsel Apple terjangkau dengan spesifikasi mumpuni. Apakah masih layak dibeli di tahun 2022 ini? Simak jawabannya di bawah ini.

1. Sistem Operasi

Sistem operasi adalah satu spesifikasi yang penting untuk diketahui saat pertama kali memilih iPhone. Dari sinilah Anda dapat menilai apakah keduanya mampu mengimbangi aplikasi-aplikasi terkini.

BACA JUGA  Cara Mengatasi Sinyal iPhone Hilang Mendadak

Secara default, tipe 6 ponsel Apple dilengkapi dengan iOS 8, sedangkan versi tipe 6s lebih tinggi yakni iOS 9. Meski terkesan jadul dari segi sistem inti, sebenarnya hal ini bukanlah masalah karena OS keduanya dapat diperbarui.

Apple memberikan layanan sistem operasi iPhone 6 sampai dengan iOS 12.5.5. Sementara itu, iPhone 6s bisa memperbarui iOS hingga versi 15.3.1.

2. Desain

Tampilan luar biasanya menjadi hal utama yang ingin diketahui banyak orang sebelum membeli ponsel. Dari segi desain, baik iPhone 6 dan 6s mampu memenuhi ekspektasi akan ponsel Apple yang berkelas.

Dilihat dari bagian depan, keduanya dibekali LCD berukuran sama, yaitu 4,7 inci. Pada bagian belakang juga tidak ada perbedaan kecuali nama pada label tulisan “iPhone” dengan tambahan informasi tipe di belakang tulisan tersebut.

Sekilas mungkin tampak serupa mengingat perbedaan iPhone 6 dan 6s dari segi dimensi serta layar depan tidak jauh berbeda. Akan tetapi, bila menelisik pada fungsi touchscreen, iPhone 6s lebih unggul karena telah dilengkapi dengan fitur 3D Touch.

Fitur tersebut membuat iPhone 6s dapat menampilkan respon berbeda sesuai dengan tingkat sentuhan. Tekanan menyentuh biasa, menekan pelan hingga kencang dapat menjalankan fungsi yang berbeda. Tentu saja hal ini spesial karena dapat membuat pengguna lebih efisien dalam mengakses fungsi tertentu dengan cepat.

BACA JUGA  Tutorial Menggunakan Aplikasi Edit Foto Bawaan iPhone

Untuk varian warna, Apple memberikan 3 pilihan berbeda untuk iPhone 6, yakni perak (silver), emas (gold) serta abu-abu (space gray). Apple hanya memberikan 1 tambahan warna baru pada tipe iPhone 6s yaitu pink keemasan (rose gold).

3. Kamera

Perbedaan iPhone 6 dan 6s juga dapat dilihat pada bagian kamera. iPhone 6 dilengkapi dengan maksimal resolusi video 1080p, foto 8 MP untuk kamera belakang, dan 1,5 MP untuk kamera depannya.

Apple memberikan peningkatan pada iPhone 6s sebagai versi lebih baru dari tipe 6 yang mampu merekam video dengan kualitas hingga 2160p. Pada bagian kameranya juga lebih tajam menjadi 12 MP dan 5 MP untuk hasil foto yang lebih baik.

Kelebihan lainnya tampak saat Anda membuka kamera. Fitur Live Photo dihadirkan pada kamera iPhone 6s untuk pengalaman berfoto yang lebih menyenangkan. Yaitu menghasilkan foto bersuara mirip sebagai gambar .GIF atau video.

Tidak hanya sampai di situ, sebenarnya ada banyak perbedaan lainnya pada kedua smartphone ini jika dilihat dari segi kamera. iPhone 6s dapat menghasilkan foto dan perekaman dengan lebih puas berkat dukungan fitur yang lebih banyak dibandingkan iPhone 6.

BACA JUGA  Ini Perbedaan iPhone X dan XR yang Wajib Kamu Ketahui

Hasil gambar dan video yang diberikan iPhone 6 satu tingkat lebih bersih meskipun tangan tidak sengaja bergetar saat mengambil gambar. Masalah gemetar ini kerap menjadi masalah, namun tidak dengan kehadiran fitur penstabilan gambar optic pada iPhone 6s. Tidak hanya mengurangi noise lebih baik, saat zooming juga terasa lebih halus dibandingkan pada iPhone 6.

4. Fitur Pendukung

Dari segi fitur pendukung juga ditemukan perbedaan iPhone 6 dan 6s. Yakni, terletak pada fitur FaceTime di iPhone 6s. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat berbagi layar musik, video, atau aktivitas aplikasi yang sedang dibuka ketika sedang video call. Hal ini dikarenakan iPhone 6s telah dilengkapi dengan SharePlay, sedangkan iPhone 6 tidak.

5. Baterai

Jika beberapa spesifikasi sebelumnya iPhone 6s lebih unggul, dari segi baterai malah menurun karena kemampuan dayanya lebih kecil, yakni 1715 mAh dibandingkan tipe iPhone 6 yang menggunakan baterai 1810 mAh.

Walaupun begitu, klaim Apple akan kemampuan ponsel untuk keperluan pemutaran video pada kedua smartphone ini sama, yakni sekitar 11 jam.

BACA JUGA  5 Cara Membersihkan Sampah di iPhone agar Ponsel Kembali Kencang

6. Harga Berdasarkan Kapasitas

Tentu Anda juga penasaran dengan harga pasaran kedua iPhone ini, bukan? Keduanya dipasarkan dengan harga terjangkau untuk ponsel sekelas iPhone dengan tampilan casing yang elegan.

Harga iPhone 6 dan iPhone 6s yang dijual di marketplace tidak lebih dari Rp4 jutaan. Bahkan, versi 16 GB bisa didapatkan pada harga sekitar Rp2 jutaan.

Sayangnya, harga di atas akan lebih mahal jika membeli secara offline yang bisa melebihi harga Rp5 juta untuk kedua tipe smartphone tersebut. Untuk spesifikasi penyimpanan internal lebih yang tinggi, tentu akan dikenakan harga lebih dari itu.

Itulah tadi informasi mengenai perbedaan iPhone 6 dan 6s yang kini sedang banyak dicari karena sedang turun harga. Kedua ponsel tersebut dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin membeli iPhone dengan harga yang ramah di kantong. Apalagi produk Apple terkenal lebih awet dan cepat dibandingkan smartphone buatan Cina.

Berikut kami berikan informasi tambahan melalui pertanyaan yang kerap ditanyakan seputar iPhone 6 dan 6s ini.

Berapa RAM iPhone 6 dan 6s?

iPhone 6s dibekali RAM sebesar 2 GB, sementara iPhone 6 hanya sebesar 1 GB.

Apakah iPhone 6 dan 6s bisa menjalankan WhatsApp?

Tentu saja bisa, dengan syarat memperbarui sistem operasi iPhone 6 dan 6s menjadi iOS versi 10 sesuai dengan minimal OS yang diberlakukan WhatsApp untuk iPhone.

BACA JUGA  Gampang! Begini Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone yang Hilang/Error

Apa saja aplikasi terpopuler yang bisa diinstall di iPhone 6 dan 6s?

Hingga 2022, baik iPhone 6 dan iPhone 6s dengan OS yang sudah diperbarui, masih dapat menginstall aplikasi-aplikasi populer. Beberapa yang dapat diinstall di iPhone 6s dengan iOS terbaru adalah Telegram, WhatsApp, Tik Tok, Shopee, Tokopedia, Grab, Gojek, dan Instagram.

Produksi tahun berapa iPhone 6 dan 6s?

Keduanya merupakan produksi tahun 2014. Meski sekarang Apple sudah tidak lagi memproduksinya, namun kedua tipe iPhone tersebut masih dapat dibeli di marketplace.

Apakah iPhone 6 atau 6s layak dibeli di tahun 2022?

Jika disimpulkan, baik iPhone 6 maupun 6s masih memiliki spesifikasi yang cukup gagah untuk mengimbangi kebutuhan fotografi hingga aktivitas sosial media. Baterainya sangat irit, serta tidak perlu tambahan casing lagi. Lumayan awet untuk penggunaan beberapa tahun ke depan. Apalagi iPhone 6s yang sistem operasinya dapat menyamai iPhone terbaru. Bagi Anda yang ingin membeli ponsel baru dengan spesifikasi bagus, tampilan keren serta terjangkau, iPhone 6 dan 6s masih masuk dalam daftar pilihan iPhone terbaik 2022 yang layak dibeli.

Leave a Comment