Cara Menghapus File yang Dibagikan di Google Drive bagi Pemula

Cara menghapus file yang dibagikan di Google Drive tentunya perlu untuk Anda pelajari apabila suatu saat ingin menghapus file yang tersimpan maupun sudah dibagikan sekalipun. Perlu Anda ketahui, bahwa Google Driv ini merupakan salah satu aplikasi penyimpanan yang cukup praktis dan sangat membantu para penggunanya.

Penghapusan file yang tersimpan di dalam Google Drive ini bertujuan untuk mengurangi penyimpanan agar tidak mengganggu kinerja dari smartphone Anda. Nah, bagi Anda yang sedang mencari tahu bagaimana cara menghapus file yang sudah dibagikan di Google Drive, maka simak saja beberapa langkah berikut ini.

Cara Menghapus File yang Dibagikan di Google Drive Melalui Laptop atau PC

cara menghapus file yang dibagikan di google drive melalui laptop atau pc

Apabila Google Drive Anda penuh, maka sudah bisa dipastikan bahwa Anda tidak bisa menyimpan berbagai macam data lagi. Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghapus file yang sudah Anda bagikan sebelumnya di Google Drive tersebut. Nah, berikut ini akan dijelaskan cara dalam menghapus file Google Drive.

BACA JUGA  Berapa Harga Service Tombol Power Samsung? Berikut Cara Mengetahuinya

1. Login ke Google Drive

Cara menghapus file yang dibagikan di Google Drive pertama adalah dengan login ke Google Drive terlebih dahulu melalui link resminya. Melalui link ini, maka Anda pun akan diarahkan untuk menuju ke halaman utama dari Google Drive tersebut.

2. Pilih File

Jika Anda sudah masuk ke Google Drivenya, maka di halaman Drive saya Anda akan menemukan berbagai macam file yang sudah Anda bagikan di Google Drive tersebut. Setelah itu, Anda bisa memilih file yang akan Anda hapus.

Agar lebih mudah untuk memilih file-file tersebut, maka Anda bisa melakukannya dengan cara menekan tombol CTRL sambil klik file-file yang ingin Anda hapus. Jika file sudah Anda pilih, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah klik kanan dan pilih opsi hapus.

Dengan begitu, maka yang sudah dibagikan pun akan terhapus. Namun, cara tersebut tidak bisa membuat file terhapus secara permanen. File tersebut hanya akan terhapus sementara, dimana file tersebut hanya akan berpindah tempat ke folder recycle bin atau berada pada folder sampah saja.

BACA JUGA  Cara Membuat Short Link WhatsApp di IG, Bitly & Linktree

Nah, bagi Anda yang ingin menghapusnya secara permanen, maka Anda bisa klik tombol sampah yang terdapat dalam kolom menu, yakni yang berada di samping kiri tampilan Google Drivenya. Setelah itu, silahkan Anda tekan tombol CTRL + A pada keyboard laptop apabila ingin menghapus seluruh filenya.

Jika sudah, klik kanan dan pilih hapus untuk selamanya. Dengan cara tersebut, maka file yang sudah Anda bagikan di Google Drive tersebut akan terhapus secara permanen.

Cara Menghapus File yang Dibagikan di Google Drive Melalui Android

cara menghapus file yang dibagikan di google drive melalui android

Selain melalui laptop, cara menghapus file yang dibagikan di Google Drive juga bisa dilakukan melalui smartphone Android. Tidak jauh berbeda dengan cara menghapus file melalui laptop, cara yang satu ini juga cukup mudah untuk dilakukan.

1. Buka Aplikasi Google Drive

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menghapus file yang sudah dibagikan di Google Drive adalah dengan membuka aplikasi Google Drivenya terlebih dahulu. Jika Anda memang belum memiliki aplikasi Google Drive ini, maka Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu melalui aplikasi PlayStore.

2. Tekan Tab Folder

Apabila Anda sudah membuka aplikasi Google Drivenya, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menekan tab folder. Jika sudah, Anda bisa memilih file yang ingin Anda hapus.

BACA JUGA  Cara Menghapus Cache di Samsung

3. Tekan Ikon Hapus

Apabila memang file yang ingin Anda hapus sudah Anda pilih. Maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menekan icon hapus yang berada di bagian atas halaman Google Drivenya. Dengan begitu, maka file yang sudah Anda pilih sebelumnya akan terhapus.

4. Klik Menu Sampah

Setelah Anda menghapus file yang memang ingin Anda hapus, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan memilih opsi sampah. Caranya, tekan menu yang ada pada bagian kiri atas tampilan Google Drive. Dengan cara ini, maka Anda akan melihat file yang sudah terhapus. Anda bisa menghapusnya kembali agar file tersebut bisa hilang dari Google Drive secara permanen.

Cara Menghapus File yang Dibagikan di Google Drive Secara Permanen

cara menghapus file yang dibagikan di google drive secara permanen

Selain dengan beberapa cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada juga cara menghapus file yang dibagikan di Google Drive hingga filenya benar-benar bersih. Untuk mengetahui bagaimana caranya, silahkan Anda simak saja penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Buka Aplikasi Google Drive

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan cara membuka aplikasi Google Drive. Setelah itu, Anda bisa memilih data atau file yang ingin Anda hapus secara permanen. Jika sudah selesai, selanjutnya klik saja ikon titik tiga yang ada di samping file yang berkaitan.

BACA JUGA  5 Cara Memasang WiFi di Laptop Untuk Menyambungkan Jaringan

2. Klik Opsi Hapus

Apabila tab baru sudah muncul, maka Anda bisa memilih tombol hapus. Jika Anda sudah berhasil menghapus file yang ingin Anda hapus tersebut, maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuka menu tampilan Google Drive yang berada di sebelah kiri. Setelah itu, klik tombol sampah.

Pada folder sampah, silahkan hapus semua file yang muncul. Agar file bisa terhapus secara permanen dan kapasitas penyimpanan pun menjadi lebih besar, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan klik ikon titik tiga yang berada di samping data tersebut.

Apabila Anda memang ingin menghapus file secara bersamaan, maka Anda bisa menandai semua file secara bersamaan. Jika sudah, maka Anda tinggal klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas tampilan Google Drivenya

Jika Anda sudah mendapatkan file yang ingin Anda hapus secara permanen, maka pilih tombol hapus selamanya. Terakhir, konfirmasi proses penghapusan tersebut dengan cara memilih tombol hapus permanen.

BACA JUGA  4 Cara Mirroring HP ke Laptop Paling Mudah Tanpa Ribet

Manfaat Menghapus File yang Dibagikan di Google Drive

Menghapus file yang sudah dibagikan di Google Drive memang dilakukan bukan tanpa alasan. Meskipun memang penyimpanan Google Drive ini cukup besar, namun apabila file tersebut menumpuk, maka akan membuat perangkat Anda menjadi berat dan mudah rusak.

Selain itu, kemampuan dari sebuah perangkat pun akan terasa lebih lambat apabila dibandingkan dengan yang semestinya. Tidak hanya itu, aplikasi pun tidak akan bisa berjalan dengan baik sebagaimana yang seharusnya. Pastinya, hal ini akan membuat Anda tidak bisa memuat aplikasi tambahan yang memang Anda butuhkan.

Maka dari itu, sangat penting untuk rajin membersihkan file yang sudah dibagikan di Google Drive. Tujuan dari hal ini adalah agar perangkat Anda bisa berjalan dengan baik dan tidak mudah rusak. Dan inilah beberapa cara mengkopi file yang dibagikan di Google Drive. Cara-cara tersebut tentunya cukup mudah untuk dilakukan.

Dengan cara tersebut, tentu saja semua file yang sudah Anda bagikan sebelumnya di Google Drive ini bisa terhapus secara permanen, sehingga ruang penyimpanan pun akan lebih besar. Sekian cara menghapus file yang dibagikan di Google Drive. Mudah dimengerti, kan?

Leave a Comment