3 Cara Menghapus History Google Drive

Cara menghapus history Google Drive tidak sesulit yang dibayangkan. Perlu Anda ketahui, bahwa Google Drive ini merupakan salah satu aplikasi penyimpanan file yang sudah terkoneksi dengan akun Google.

Namun, meski tergolong praktis dan sangat membantu, tidak sedikit yang mencari tahu bagaimana cara menghapus history yang ada pada Google Drive ini. Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara menghapus history di Google Drive, simak saja penjelasannya berikut ini.

Pentingnya Menghapus History Google Drive

pentingnya menghapus history google drive

Bagi Anda yang mungkin bertanya-tanya mengapa history Google Drive harus dihapus, maka jawabannya adalah karena banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan nantinya. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menghapus history Google Drive.

BACA JUGA  Cara Dark Mode Chrome PC Terlengkap

1. Ruang Penyimpanan Selalu Besar

Pentingnya cara menghapus history Google Drive yang pertama adalah agar ruang penyimpanan Anda selalu besar. Perlu Anda ketahui, jika Google Drive terhubung dengan akun Google, maka file atau dokumen yang berada pada Google Drive ini akan menyita ruang yang ada pada perangkat Anda.

Maka dari itu, jika history Google tidak dihapus, maka akan mempengaruhi kapasitas dari penyimpanan perangkat Anda.

2. Jika File Tidak Dihapus, maka Perangkat Menjadi Lemot

Selain ruang penyimpanan yang selalu besar, maka manfaat lain dari Anda menghapus history Google Drive adalah agar perangkat Anda tidak lemot. Dikarenakan history Google Drive ini akan memakan ruang penyimpanan, maka apabila ruang penyimpanan selalu digunakan tentunya akan mempengaruhi performa dari perangkat Anda tersebut.

Oleh karena itu, akan sangat penting untuk menghapus history Google Drive secara rutin. Dengan begitu, maka performa perangkat Anda akan selalu prima. Selain itu, perangkat Anda juga tidak akan mudah rusak.

3. Penggunaan Perangkat Tidak Akan Terganggu

Ruang penyimpanan yang terkuras oleh adanya history Google Drive tentunya akan mempengaruhi aplikasi yang ada pada perangkat Anda tersebut. Penggunaan dari aplikasi pun akan terganggu, bahkan bisa sampai menyebabkan tidak berfungsinya aplikasi tersebut. Maka dari itu, menghapus history Google Drive ini sangat penting sekali.

BACA JUGA  Cara Bayar Shopee di Indomaret dan Biaya Adminnya

4. Bisa Menambah Aplikasi di Perangkat Anda

Manfaat dari cara menghapus history Google Drive selanjutnya adalah dimana Anda bisa menambah aplikasi pada perangkat Anda tersebut. Ketika history Google Drive Anda dihapus, maka ruang penyimpanan pada perangkat Anda pun akan semakin besar.

Jadi, bukan hanya aplikasi yang ada saja yang bisa berjalan dengan normal dan lancar, melainkan Anda juga bisa menambah aplikasi lain lagi pada perangkat Anda tersebut. Dengan begitu, maka ana juga bisa menggunakan perangkat Anda tersebut tanpa perlu khawatir performanya menjadi lemot.

Cara Menghapus History Google Drive

ini cara menghapus history google drive

Bagi Anda yang ingin menghapus history Google Drive pada perangkat Anda agar ruang penyimpanan menjadi lebih besar, maka bisa mencobanya dengan beberapa langkah mudah berikut ini.

Perlu Anda ketahui, bahwa menghapus history Google Drive ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda hanya perlu membutuhkan waktu sekitar 3 menit saja untuk menghapus history Google Drive ini. Namun, yang harus menjadi catatan bagi Anda adalah pastikan untuk mengunduh aplikasi Google Drive yang terbaru terlebih dahulu.

BACA JUGA  Pengertian Adobe Premiere, Fitur Dan Kelebihannya

Hal ini bertujuan agar ketika Anda melakukan penghapusan history Google Drive ini, maka tidak akan ada kesalahan yang terjadi.

Cara Menghapus History Google Drive di Handphone

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menghapus history Google Drive melalui handphone dengan mudah.

1. Buka Aplikasi Google Drive

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menghapus history Google Drive ini adalah buka aplikasi Google Drive versi terbaru terlebih dahulu. Jika Anda belum memilikinya, maka silahkan Anda unduh melalui Google PlayStore atau AppStore.

2. Masuk ke Menu Setting

Jika Anda sudah memiliki aplikasi Google Drive, maka silahkan Anda masuk ke menu setting terlebih dahulu. Caranya adalah ketuk garis tiga yang terdapat pada pojok kanan atas tampilan Google Drive. Jika menu setting muncul, maka silahkan Anda klik tombol tersebut.

3. Pilih Clear Cache

Setelah Anda menekan tombol setting, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih tombol clear cache. Klik OK untuk menghapus history pada akun Google Drive yang ingin Anda hapus.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa langkah tersebut tidak akan menghapus semua cache yang ada dalam akun Google Drive Anda. Maka dari itu, sebelum Anda menghapusnya secara permanen, maka pastikan terlebih dahulu apakah sudah tidak ada lagi cache, history, maupun file penting lainnya di akun Google Drive Anda tersebut.

BACA JUGA  Cara Membagi Link IG: Profil, Foto, Story, Reels, IGTV

Cara Menghapus History Google Drive dengan Google Documents

cara menghapus history google drive dengan google documents

Apabila Anda ingin menghapus seluruh history Google Drive melalui Google Document, maka Anda harus membuat salinannya terlebih dahulu. Hal tersebut akan menghapus versi sebelumnya yang masih tersimpan terlebih dahulu.

Untuk cara menghapus history Google Drive melalui Google Docs ini, maka silahkan Anda simak urutannya berikut ini.

1. Buka Google Drive

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menghapus history Google Drive adalah dengan membuka Google Drive yang berisi dokumen terlebih dahulu. Jika sudah, maka klik kanan pada dokumen tersebut.

2. Klik Opsi Make a Copy

Apabila Anda sudah klik kanan pada dokumen yang sudah Anda pilih, maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah klik opsi make a copy. Setelah itu, maka salinan dokumen pun akan muncul pada folder dokumen tersebut.

Selain pada Google Drive, maka langkah tersebut pun bisa dilakukan di Google Docs secara langsung. Caranya adalah dengan membuka dokumen terlebih dahulu, barulah setelahnya pilih file. Jika sudah, maka pilih make a copy untuk menduplikasi dokumen yang memang masih Anda butuhkan.

BACA JUGA  Kenapa Kartu Telkomsel Tidak Ada Layanan? Begini Mengatasinya

Pada kotak copy document, maka silahkan Anda ketik nama file serta lokasi baru yang akan Anda jadikan sebagai lokasi baru untuk menduplikat file yang Anda butuhkan. Sementara itu, bagi Anda yang ingin menyalin komentar, saran, atau berbagi file kepada pengguna yang sama, maka ana cukup centang kotak yang sesuai dengan yang ada pada bawah menu drop down folder.

Setelah itu, silahkan Anda klik OK untuk menyalin file tersebut. Namun, bagi Anda yang ingin menyalin versi dokumen tertentu, dan menghapus seluruhnya, maka bukalah dokumen Google Docs.

Setelah itu, silahkan Anda klik file. Jika sudah Anda pilih, maka selanjutnya klik version history. Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah silahkan Anda klik see version history untuk melihat riwayat versi dokumen.

Dan inilah beberapa cara menghapus history Google Drive yang perlu Anda ketahui dan pelajari. Semoga dengan cara ini Anda bisa lebih memperlega kapasitas atau ruang penyimpanan yang ada pada akun Google Drive Anda.

Leave a Comment