4 Cara Menonaktifkan Internet Positif di Chrome

Halaman yang diakses positif alias internet positif? Tenang saja, Anda tetap bisa melakukan akses pada situs tersebut dengan cara menonaktifkan internet positif di Chrome! Ingin tahu? Simak ulasannya!

Mengenal Internet positif

mengenal internet positif

Sebelum mengetahui cara menonaktifkan internet positif di chrome, Anda wajib tahu dulu sebetulnya apa itu internet positif.

Internet positif merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebutkan aktivitas pemblokiran terhadap halaman website yang melakukan aktivitas negatif berdasarkan pemerintah Indonesia.

Berawal dari kemunculan situs Trust+ Positif yang disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Menkominfo kepada publik tepatnya di tahun 2014, bulan Juli. Pada penyampaian itu Tifatul selaku Kominfo menandatangani peraturan Menteri Kominfo nomor 19 tahun 2014 bersama menteri hukum dan HAM, Amir Syamsuddin sebagai pengawas.

Dengan kehadiran peraturan tersebut, mulailah banyak website yang menampilkan tampilan peringatan kepada pengguna internet yang mencoba melakukan akses pada website yang disebut illegal.

Istilah internet positif muncul sebagai halaman peringatan yang akan tampil ketika pengguna internet mengakses internet dengan Telkom atau Telkomsel.

BACA JUGA  Cara Gadai Laptop di Pegadaian dengan Aman, Mudah dan Cepat

Tujuan Internet positif

tujuan internet positif

Seperti yang disebutkan di atas, bahwasanya internet positif ini muncul atas kehadiran situs https://trustpositif.kominfo.go.id/ di mana dalam website itu juga dijelaskan tujuan kehadirannya internet positif.

Tujuan internet positif ini meliputi beberapa aspek yang menjadi tujuannya, setidaknya ada 3 aspek yang di antaranya ialah keamanan, perlindungan dan penghematan:

Keamanan

Dalam aspek ini, internet positif memiliki tujuan dalam membuat internet yang aman dan sehat melalui perlindungan terhadap akses internet berdasar pada daftar informasi yang terpercaya dan sehat yang tak lain TRUST+™ List.

Perlindungan

Aspek kedua yakni perlindungan. Di mana dalam aspek ini internet positif memiliki tujuan perlindungan terhadap masyarakat atas nilai-nilai moral, etika, serta kaedah-kaedah lain yang tidak sesuai dengan citra bangsa Indonesia.

Penghematan

Aspek terakhir yang menjadi tujuan kehadiran internet positif ialah penghematan terhadap adanya pemborosan pengguna akses internet atau istilahnya internet utilization yang ada di Indonesia.

Kesimpulan dari aspek-aspek tujuan internet positif ialah suatu kebijakan Kominfo yang mengendalikan konten-konten tertentu dari website Trust+. Konten-konten yang dimaksud ini mulai dari segi konten, iklan dan jenis konten lainnya.

BACA JUGA  Cara Cek No PIN ATM BRI yang Lupa

Penyebab website yang terblokir dan atau terkena internet positif ialah sebab website tersebut memiliki konten yang mengandung pornografi, SARA, perjudian, privasi dan konten jenis lainnya yang tidak sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia.

Pemerintah akan bekerja sama dengan ISP dalam menutup website yang masuk ke dalam daftar blacklist di Trust+. Faktor-faktor website yang masuk ke daftar blacklist ini Kominfo menggunakan perlindungan terhadap Top-Level domain, perlindungan terhadap URL, perlindungan terhadap Content/Keyword/Expression.

Maka dari itu, Anda harus bersiap diri jiki URL, domain ataupun konten website Anda merupakan hal negatif menurut Peraturan Menteri Kominfo Nomor 19 Tahun 2014, karena dipastikan akan masuk ke daftar blacklist.

4 Cara Menonaktifkan Internet Positif di Chrome

4 cara menonaktifkan internet positif di chrome

Lalu, apakah bisa menonaktifkan positif di chrome agar bisa membuka situs yang diblokir tersebut? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menonaktifkan positif di Chrome antaranya berikut ini.

Mengubah HTTP Menjadi HTTPS

Cara pertama yang paling mudah untuk melakukan penonaktifan positif di Chrome adalah dengan mengubah HTTP menjadi HTTPS.

HTTP ini berlaku untuk melakukan transfer data informasi berupa teks yang mampu dibaca dengan protokol keamanan, sehingga sebagai solusinya Anda bisa mengubah HTTP menjadi HTTP untuk membuka blokir website tertentu khusus website yang SSL Certificate-nya.

BACA JUGA  3 Cara Hapus Akun Play Store

Anda cukup menambahkan S pada HTTP menjadi HTTPS klik enter dan tekan opsi “Proceed anyway” untuk dapat mengakses website-nya.

Dengan Setting Restricted List di Chrome

Cara mudah lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menonaktifkan internet positif atau mengakses situs yang diblokir Anda bisa mengandalkan Setting Restricted List pada Chrome.

Langkah-langkah adalah sebagai berikut:

  • Anda bisa langsung membuka chrome pada perangkat, lalu klik ikon titik tiga horizontal di sudut atas lalu pilih setting
  • Silakan scroll dan pilih Show advanced settings, lalu klik opsi Change proxy settings pada network section yang ada
  • Klik tab ‘Security’ dan klik ikon sebagai Restricted site
  • Selanjutnya Anda bisa mengklik ‘sites’ dan cek website yang diakses, untuk memblokir atau menonaktifkannya Anda bisa klik “remove”
  • Dan pilih ‘Close” pada bagian bawah untuk menutupnya.

Nah itulah cara yang dapat Anda lakukan untuk menonaktifkan positif Chrome.

Menggunakan Aplikasi TunnelBear VPN

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk menonaktifkan atau menghilangkan internet positif ialah dengan menggunakan TunnelBear VPN.

BACA JUGA  Fungsi Google Docs, Manfaat dan Kelebihannya

TunnelBear VPN ini merupakan aplikasi yang bisa Anda unduh di Playstore. Pastikan Anda telah mengunduh Tunnel Bear VPN barulah Anda bisa melakukan tahap selanjutnya untuk menonaktifkannya.

Anda bisa melakukan login atau daftar akun terlebih dahulu, setelah berhasil membuat akun TunnelBear VPN dan berhasil memverifikasinya Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini.

  • Masuk ke halaman utama TunnelBear VPN. Di halam ini Anda bisa mendapatkan kuota gratis dengan sebanyak 500 mb setiap bulannya untuk mengakses situs website.
  • Aktifkan TunnelBear VPN dengan menu yang ada di bagian atas, nantinya akan muncul notif permintaan sambungan maka klik OK.
  • Jika Anda berhasil mengaktifkan TunnelBear VPN maka tombol tersebut akan berubah warna yang tadinya abu menjadi biru.
  • Dan kini, Anda berhasil melakukan penonaktifan internet positif di Chrome.

Selain TunnelBear VPN, Anda bisa menggunakan jenis VPN lainnya yang tersedia di Playstore Anda seperti Rocket VPN.

Menggunakan Browsec VPN

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menonaktifkan internet positif pada Chrome yakni dengan menggunakan browsec VPN.

Untuk melakukan penonaktifan internet positif dengan browsec VPN Anda harus menghadapi beberapa langkah yang di antaranya sebagai berikut:

  • Klik ikon tiga yang sudut atas bagian kanan pada browser google chrome melalui perangkat komputer ataupun laptop.
  • Silakan pilih opsi ekstensi pada fitur lainnya, nantinya sistem secara otomatis membuka tab baru. Silakan klik ikon garis tiga pada pojok atas kiri.
  • Anda bisa mengklik Buka Chrome Webstore yang ada di bawah dan tab baru akan terbuka
  • Anda bisa mengetik browser pada kolom pencarian yang di atas Ekstensi, lalu klik enter dan nantinya akan muncul Ekstensi Browsec VPN, jangan lupa tambahkan dengan klik Tambahkan ke Chrome.
  • Lakukan penginstalan dengan memilih Tambahkan ekstensi dan tunggu waktunya hingga selesai.
  • Anda bisa menonaktifkan internet positif dan mengakses situs yang diblokir dengan mengklik ikon browsec VPN pada bagian atas kanan di Chrome.
  • Setelah berhasil menonaktifkannya maka Anda bisa memilih lokasi server untuk mengaksesnya, disarankan untuk memilih server terdekat , contohnya Singapura.
BACA JUGA  4 Cara Lihat Pulsa Axis Via SMS, Telepon, Aplikasi & Web

Nah dengan langkah-langkah di atas Anda bisa menonaktifkan internet positif dan mengakses website yang diblokir.

Dari beberapa metode cara di atas, cara mana yang akan Anda gunakan untuk cara menonaktifkan internet positif di Chrome?

Leave a Comment