Cara Mengirim Permainan Lewat Bluetooth Paling Cepat

Pastinya Anda pernah ada di situasi ingin mendapatkan aplikasi permainan milik teman Anda. Namun, kerap kali mengunduh permainan memakan biaya internet tak sedikit. Maka dari itu banyak yang memilih berbagi lewat Bluetooth. Cara mengirim permainan lewat Bluetooth sendiri sudah kerap dilupakan karena keberadaan aplikasi lainnya.

Bluetooth pada dasarnya tidak difungsikan sebatas sebagai media kirim game namun juga sebagai media mengirim file lainnya. Untuk itulah, ada baiknya Anda mulai mempelajari cara mengirim lewat Bluetooth yang ternyata jauh lebih mudah dan cepat.

Cara Mengirim Permainan Lewat Bluetooth di Android

Mengirim file atau permainan tidaklah sulit apabila si penerima juga sudah mempunyai file master atau yang dikenal file.apk. Masalahnya terkadang penerima atau pengirim belum punya file.apk tersebut

Memakai Share Apps

share apps

Jika kasus di atas terjadi maka pengirim harus mendapatkan file apk dari aplikasi atau game dengan cara backup aplikasi tersebut. Namun, jika Anda tidak ingin kesulitan maka bisa dikirim lewat Bluetooth tapi tetap memakai aplikasi pendukung yakni “Share Apps”.

  • Pertama , Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi Share Apps di Android.
  • Setelah terpasang maka Anda tinggal memiliki aplikasi mana yang akan Anda kirim lalu tekan icon share untuk melanjutkan proses pengiriman.
  • Setelah menekan icon share pilih Bluetooth untuk alat pengirim aplikasi permainan yang ada.
  • Transfer aplikasi permainan dan tunggu sampai proses selesai.
  • Untuk memastikan jika pengiriman bisa sukses pastikan penerima dan pengirim sama-sama aktif.

Memakai ES File Explorer

es file explorer

Ada cara lain untuk mengirim permainan lewat Bluetooth yakni dengan aplikasi ES File Explorer. Ini merupakan aplikasi yang bisa dipakai untuk transfer file baik pada pengguna android atau bisa juga yang lain.

Salah satu keunggulan ES File Explorer ialah bisa dipakai dengan Bluetooth ataupun wifi. Cara ini sangat menguntungkan bagi pemakainya :

  • Langkah pertama instal ES File Explorer. Aplikasi ini bisa diinstal secara gratis lewat playstore karena sangat berguna. Untuk memilih aplikasi yang benar pastikan Anda sudah mengetik nama aplikasi dengan tepat serta melihat review aplikasinya.
  • Aktifkan perangkat Bluetooth lalu buka aplikasi yang sudah diunduh sebelumnya. Untuk bisa mengoptimalkan aplikasi maka Bluetooth hidup sejak awal membuka aplikasi.
  • Pilih permainan atau aplikasi lain yang akan dikirim. Pemilihannya bisa dengan menceklis permainan yang dipilih. Anda bisa memilih lebih dari satu permainan sehingga bisa mengirim dengan lebih cepat.
  • Untuk memilih permainan atau aplikasi tidak hanya satu saja melainkan bisa satu lebih. Perlu diingat jika memilih lebih dari satu permainan maka waktu yang dibutuhkan juga lebih lama, Anda bisa memilih mengirim satu persatu atau sekaligus banyak.
  • Cara memilihnya dengan tap aplikasi terpilih lalu tahan beberapa saat. Nantinya ada pilihan beberapa ceklis untuk dipakai. Setelah muncul pilihan menu klik ikon titik tiga dan pilih ‘bagikan’.
  • Pilih Bluetooth lalu tunggu sampai proses pengiriman selesai. Jangan batalkan pengiriman untuk menghindari kegagalan pengirim. Anda juga harus memastikan jika nama Bluetooth yang dipilih sudah benar.

Memakai App Backup dan Restore

app backup dan restore

Cara mengirim permainan lewat Bluetooth selanjutnya adalah dengan memakai bantuan aplikasi Easiest backup tool. Cara ini juga tidak sulit seperti cara yang sudah dijelaskan nomor satu dan dua.

Anda bisa mengunduh aplikasi terlebih dahulu di playstore yakni aplikasi ‘App Backup & Restore – Easiest Backup Tool’. Sesuai dengan namanya jadi fungsi dari aplikasi ini ialah untuk back-up dan restore aplikasi yang ada di ponsel pintarmu.

Fungsi utama dari aplikasi ini tidak hanya untuk mengirimkan permainan saja namun juga aplikasi lain. Langkahnya juga cukup mudah :

  • Unduh Aplikasi Lalu Pasang

Download aplikasi sama halnya dengan download aplikasi lain. Pilih pada pencarian aplikasi yang sudah terunduh 5M lebih jika Anda kesulitan menemukan akun aslinya.

  • Pengaktifan Bluetooth

Setelah aplikasi berhasil diinstal pada Android Anda aktifkan Bluetooth baik pengirim ataupun juga penerima. Hubungkan kedua jaringan tersebut.

  • Buka Aplikasi

Dalam menu utama aplikasi Anda akan menemukan semua aplikasi yang ada di perangkat Anda. Pilih aplikasi mana yang akan Anda kirimkan. Salah satunya bisa juga aplikasi permainan dengan cara klik ceklis di dalam list kotak kecil pada sebelah kanan.

  • Pengiriman Aplikasi

Setelah memilih lalu pilih ‘Send’ yang ada pada bagian atas kanan menu aplikasi. Lalu nantinya akan muncul menu pengiriman dan pilih bagian ‘Send by other apps’.

  • Pilih Bluetooth

Anda akan ditawarkan dengan beberapa pilihan dan pilih Bluetooth untuk mengirim aplikasi. Selanjutnya Anda hanya perlu mengirim permainan dengan Bluetooth seperti biasanya dan tunggu sampai proses selesai.

Mengapa Mengirim Permainan Lewat Bluetooth Sulit?

Banyak yang bertanya kenapa mengirim permainan lewat Bluetooth terkadang sulit. Hal tersebut terjadi karena beberapa alasan yang jarang dipahami bagi pengguna Bluetooth itu sendiri. Ini dia diantaranya :

  • Pertama karena perangkat terlalu jauh. Pengiriman permainan akan gagal jika dua perangkat pengirim dan penerima saling berjauhan. Ada baiknya untuk mendekatkan perangkat supaya proses pengiriman tidak gagal.
  • Kedua, karena Bluetooth salah nama. Untuk mengirim ke Bluetooth ada banyak nama-nama ketika proses pencarian perangkat. Jika tidak jeli biasanya pengirim asal klik nama paling atas dengan anggapan itu alamat Bluetooth yang dituju. Padahal tidak semua nama Bluetooth paling atas adalah yang dicari.
  • Ketiga, lupa menghidupkan Bluetooth pengirim. Karena merasa hanya perlu penerima yang harus menghidupkan Bluetooth, pengirim sering lupa menghidupkan miliknya. Inilah yang akhirnya membuat pengiriman permainan gagal dengan Bluetooth.
  • Keempat, ruang penerima tidak cukup. Kegagalan pengiriman tidak hanya soal Bluetoothnya saja. Ada kalanya ruang penyimpanan penerima tidak cukup sehingga permainan tidak bisa terpasang ke perangkat.
  • Kelima, tidak sabar. Kerap kali ketika proses pengiriman berlangsung baik pengirim atau penerima sibuk dengan kegiatan lain dan proses pengiriman hanya di latar belakang saja. Tanpa sadar ada perintah untuk melanjutkan atau membatalkan yang mungkin tak langsung dibaca. Jika terlambat maka potensi pengiriman gagal sangat besar.
  • Terakhir karena Bluetooth belum disetujui. Banyak kasus penerima belum menyetujui pengirim untuk mengirimkan permainan pertama kali. Persetujuan bisa dengan pilih iya atau ada juga yang harus memasukkan kode angka terlebih dahulu. Tanpa persetujuan ini sampai kapanpun Bluetooth tidak akan tersambung.

Kegagalan pengiriman permainan lewat Bluetooth memang tidak hanya karena Bluetooth bermasalah. Ada kalanya karena manusianya atau human error yang membuat proses jadi sulit bahkan gagal.

Itu dia langkah yang perlu dilakukan jika ingin mengirim permainan lewat Bluetooth. Cara ini sering diabaikan karena banyak yang mengira lambat. Padahal bisa dibilang untuk cara mengirim permainan lewat Bluetooth cukup mudah dan cepat asal cara yang dipakai sudah benar.

Leave a Comment