Inilah Cara Kerja TeamViewer, Fungsi, hingga Cara Menggunakannya!

TeamViewer adalah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk kepentingan pribadi atau penggunaan non-komersial. Ada banyak manfaat dari penggunaan TeamViewer, salah satunya melakukan remote pada komputer melalui komputer lain. Lalu, bagaimana cara kerja TeamViewer?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui cara kerja, penggunaan hingga fungsi utama dari TeamViewer!

Inilah Cara Kerja TeamViewer

ini cara kerja teamviewer

Seperti yang dijelaskan di atas, TeamViewer memiliki fungsi yang dapat digunakan dalam aktivitas remote desktop.

Jelasnya, aplikasi ini bisa Anda gunakan dalam mengakses komputer dari tempat yang berbeda dengan melalui satu jaringan.

Cara kerja TeamViewer bisa dikatakan memiliki cara kinerja yang hampir sama dengan sistem kerja HP. Di mana setiap akun TeamViewer mempunya ID khusus yang digunakan untuk melakukan aksesnya.

Cara kerja TeamViewer terbilang simple untuk Anda coba dalam penggunaannya, sebab TeamViewer hanya membutuhkan koneksi internet dan ID beserta passwordnya. Lebih lengkapnya terkait cara penggunaan TeamViewer adalah sebagai berikut ini:

Tahap Pertama

Tahap pertama, Anda harus memastikan perangkat dan partner TeamViewer telah terkoneksi dengan jaringan internetnya. Tentunya jaringan internet tersebut harus stabil dan optimal terutama dalam penggunaan TeamViewer saat transfer file.

Tahap Kedua

Pastikan pada kedua komputer sebagai perangkat yang Anda gunakan telah menginstal perangkat lunak TeamViewer, sebaiknya kedua TeamViewer yang digunakan memiliki versi yang sama. Maka dengan demikian secara otomatis ID dan password TeamViewer bisa muncul.

Tahap Ketiga

Selanjutnya masukan ID dan Password TeamViewer dari komputer yang dituju ataupun partner perangkat nya, lalu klik Connect to Partner untuk memulai koneksi.

Inget ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih di antaranya remote support, file transfer, dan presentation. Pastikan Anda memilih sesuai dengan apa yang akan dilakukan.

Nah itulah tahapan singkatnya yang bisa Anda lakukan dalam menggunakan TeamViewer, sehingga perangkat TeamViewer tersebut dapat bekerja dengan baik.

Masih belum jelas cara penggunaannya? Anda bisa mengikuti langkah di bawah ini dengan metode cara penggunaan TeamViewer melalui desktop atau komputer, simak ulasannya, ya!

Cara Menggunakan TeamViewer untuk Pemula

cara menggunakan teamviewer untuk pemula

Di bawah ini merupakan langkah yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan Teamviewer sebagai remote desktop, simak ulasannya!

Langkah Pertama

Langkah pertama tentunya Anda harus mengunduh aplikasi TeamViewer dengan versi terbaru yang sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan.

TeamViewer untuk saat ini telah mendukung ragam sistem operasi mulai dari Android, iOS, Windows, Windows Apps, MacOS, Linux, Chrome OS, hingga Raspberry Pi.

Semisalnya dengan menggunakan sistem operasi windows, maka unduh aplikasi TeamViewer windows.

Langkah Kedua

Setelah Anda berhasil mengunduh dan menginstal TeamViewer, selanjutnya Anda Anda bisa mencoba untuk membuka aplikasi TeamViewer dengan kondisi komputer terkoneksi pada jaringan internet.

Dalam membuka aplikasi ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, mulai dari dengan mengklik ikon TeamViewer pada desktop, klik ikon pada menu start program Windows hingga dengan membuka folder tempat instalasi program.

Langkah Ketiga

Selanjutnya Anda bisa melakukan sign in dan login agar bisa masuk ke akun TeamViewer. Jika Anda tidak memiliki akun maka Anda bisa melakukan sign up sebagai cara membuat akun baru.

Untuk cara melakukan sign up TeamViewer, Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama buka aplikasi TeamViewer dan klik Sign In dan selanjutnya pilih Sign Up.
  • Di sana akan terlihat beberapa kolom data sebagai Create TeamViewer Account, maka selanjutnya Anda bisa melakukan pengisian pada kolom tersebut dengan benar.
  • Tunggu hingga proses pendaftaran akun selesai dan Anda akan mendapatkan pemberitahuan Completing the wizard jangan lupa klik Finish.

Langkah Keempat

Jika Anda berhasil melakukan login ke dalam akun TeamViewer, maka selanjutnya Anda bisa memilih salah satu menu semisalnya memilih opsi Remote Control untuk melakukan remote pada perangkat yang dituju.

Setelah memilih salah satu opsi untuk aktivitas penggunaan TeamViewer Anda bisa memasukan ID dari TeamViewer teman Anda yang akan Anda akses di kolom Partner ID lalu klik Connect.

Sebaliknya jika Anda ingin membagi akses komputer kepada teman Anda, Anda bisa memberikan ID beserta password TeamViewer Anda untuk digunakan dalam Log On.

Langkah Kelima

Langkah kelima, terakhir, Anda bisa menunggu aplikasi TeamViewer terkoneksi, jika Anda berhasil melakukan langkah-langkah di atas dan TeamViewer siap digunakan Anda bisa melihat tab baru pada aplikasi TeamViewer yang memperlihatkan tampilan layar komputer teman Anda.

Selain itu, Anda pun bisa melihat beberapa fitur pada TeamViewer, apa saja fitur-fitur tersebut? Di bawah ini uraiannya.

Fitur-Fitur Penting TeamViewer

Setidaknya ada 7 fitur yang ada pada TeamViewer dan memiliki fungsi dan peran utama pada TeamViewer itu sendiri antaranya:

  • Close ini merupakan fitur tombol yang digunakan untuk mengakhiri koneksi atau sambungan antar kedua TeamViewer.
  • Home fitur atau menu yang digunakan untuk mengetahui general information dari pengguna TeamViewer.
  • Actions: fitur yang berguna dalam melakukan aktivitas atau aksi pada TeamViewer contohnya reboot, Leave note, lock sessions, dan aktivitas lainnya.
  • View: fitur yang digunakan sebagai tombol pengaturan tampilan TeamViewer.
  • Communication: seperti namanya, fitur ini digunakan untuk setting komunikasi pada dua arah pada TeamViewer.
  • File & extras: digunakan untuk mentransfer atau mengambil data antar komputer dengan TeamViewer.
  • Chat: fitur yang digunakan sebagai jendela chatting atau obrolan antar sesama pengguna TeamViewer.

Nah itulah fitur-fitur pada TeamViewer yang bisa Anda gunakan jika Anda memilikinya.

Inilah Fungsi TeamViewer

fungsi teamviewer

Dengan adanya beberapa fitur tersebut, TeamViewer memiliki beberapa fungsi yang bisa Anda manfaatkan. Berikut ini merupakan fungsi dari penggunaan TeamViewer.

Remote Control

Fungsi pertama dari TeamViewer tentunya sebagai remote control dengan fitur remote desktop. Dengan fitur ini, Anda bisa menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya dengan jarak.

Bisa dikatakan fungsi TeamViewer satu ini merupakan fungsi utama dari TeamViewer yang membuatnya banyak dimanfaatkan.

Media Transfer

Fungsi pertama dari Teamviewer adalah sebagai media transfer, caranya yang sangat mudah dan Anda pun bisa memilih lokasi penyimpanan filenya. Anda cukup perlu mengetahui ID dan password dari TeamViewer untuk melakukannya.

Dalam melakukan transferan ini Anda harus memastikan komputer satu terhubung dengan komputer tujuan.

Media Meeting

Fungsi terakhir dari TeamViewer adalah sebagai media meeting atau rapat online. singkatnya dengan adanya fitur ini Anda bisa melakukan rapat atau meeting hingga melakukan presentasi.

Hal ini tentu sangat berguna di masa pandemik yang membuat keterbatasan aktivitas dalam melibatkan banyak orang.

Caranya hampir sama dengan aktivitas lainnya yakni dengan membagikan ID meeting ke semua anggota rapat untuk melakukan meeting dengan sesegera mungkin.

Nah itulah penjelasan terkait fungsi TeamViewer beserta seluk-beluk TeamViewer termasuk penjelasan cara kerja TeamViewer. Dengan ini, Anda bisa memanfaatkan TeamViewer dengan semaksimal mungkin!

Leave a Comment