Penyebab dan Cara Memperbaiki Charger Laptop Asus Tidak Mengisi

Pernahkah Anda mengalami charger laptop Asus Anda tidak bisa mengisi? Bagi sebagian pengguna laptop Asus, kejadian seperti ini cukup lumrah terjadi. Ketika Anda mengalami hal serupa, Anda tidak perlu mengkhawatirkannya secara berlebihan. Hal tersebut karena cara memperbaiki charger laptop Asus tidak mengisi sangat mudah untuk dilakukan.

Tidak hanya mudah untuk dilakukan, memperbaiki charger laptop Asus yang enggan mengisi juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Namun sebelum memperbaikinya, akan lebih baik bagi Anda untuk mengetahui penyebab permasalahan tersebut. Untuk mengetahui penyebab serta cara memperbaiki charger laptop Asus yang bermasalah, berikut ini adalah informasinya untuk Anda.

Penyebab Charger Laptop Asus Tidak Mengisi Daya

penyebab charger laptop asus tidak mengisi daya

Sebelum masuk ke pembahasan cara memperbaiki charger laptop Asus tidak mengisi, akan lebih baik untuk mengetahui berbagai penyebabnya terlebih dahulu.

Permasalahan charger laptop Asus tidak mengisi daya memang cukup sering terjadi. Masalah ini dapat disebabkan karena beberapa hal. Penasaran apa saja penyebab charger laptop Asus tidak mengisi daya? Yuk simak informasinya berikut ini!

Kerusakan pada Kabel

Penyebab pertama yang bisa menyebabkan charger laptop Asus tidak mengisi adalah adanya permasalahan pada kabel charger. Salah satu cara yang mengindikasi adanya kerusakan pada kabel charger adalah mengelupasnya kulit kabel, adanya bekas lipatan, serta bau plastik yang terbakar.

Selain beberapa kerusakan yang kasat mata tersebut, kerusakan pada kabel charger juga sering terjadi di dalam pembungkusnya atau tak kasat mata. Seringkali charger laptop tak mau mengisi karena adanya kabel terputus yang terletak di dalam pembungkus. Kabel yang terputus tersebut biasanya disebabkan karena adanya tarikan yang kuat pada kabel.

Kerusakan pada Adapter

Adanya kerusakan pada adapter juga dapat membuat charger laptop Asus tidak mengisi daya. Biasanya adapter bawaan laptop dilengkapi dengan kemampuan mendeteksi berbagai masalah terkait catu daya.

Salah satu masalah yang bisa dideteksi adalah adanya ketidakstabilan arus listrik yang ada di charger laptop sehingga charger tersebut dapat beroperasi dengan normal. Oleh karena itu, apabila terdapat suatu masalah pada komponen yang ada di dalam adapter, maka dapat mengakibatkan charger tersebut tidak bisa mengisi daya.

Kerusakan pada Port Charger

Penyebab kabel laptop Asus tidak mengisi selanjutnya yaitu adanya permasalahan pada port charger. Adanya kerusakan pada port charger bisa disebabkan karena seringnya mengganti charger laptop. Selain itu, penyebab lainnya kerusakan tersebut yaitu karena adanya debu yang menempel pada port sehingga mempengaruhi konektivitas charger dengan portnya.

Kerusakan pada Baterai

Salah satu penyebab terbesar dari tidak mengisinya charger laptop Asus adalah adanya kerusakan pada baterai laptop. Baterai laptop yang mengalami kerusakan biasanya ditandai dengan adanya penurunan kapasitas daya yang dapat disimpannya. Dengan kata lain, baterai hanya dapat bertahan lebih singkat daripada biasanya.

Bahkan, apabila baterai tersebut telah mengalami kerusakan total, maka tidak akan bisa digunakan sama sekali. Apabila baterai sudah tidak dapat digunakan, maka akan langsung mempengaruhi proses charging laptop Anda. Dengan kata lain, baterai yang telah rusak pasti akan menjumpai permasalahan terkait charger yang tidak bisa mengisi daya laptop.

Cara Memperbaiki Charger Laptop Asus Tidak Mengisi Daya

cara memperbaiki charger laptop asus tidak mengisi daya

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari tidak berfungsinya kabel charger laptop Asus, kini saatnya menyimak informasi mengenai cara memperbaikinya. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dicoba untuk memperbaiki charger laptop Asus yang tidak mengisi daya.

Memeriksa Colokan Kabel Charger Laptop

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk memperbaiki charger Laptop Asus yang tidak mau mengisi daya adalah memeriksa colokan kabel chargernya. Anda harus memeriksa kabel charger tersebut apakah sudah terpasang dengan benar atau belum.

Apabila colokan berada di port yang tidak tepat, maka daya yang berasal dari charger tidak akan bisa tersalurkan dan masuk ke laptop. Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa colokan kabel charger yang digunakan telah terpasang dengan tepat.

Mendinginkan Adaptor Charger

Cara memperbaiki charger laptop Asus tidak mengisi daya yang lainnya adalah dengan mendinginkan adaptor charger. Saat ini, banyak pengguna laptop yang jarang sekali melepaskan charger dari sumber listrik. Hal tersebut apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan adaptor menjadi cepat panas sehingga mengganggu performa komponennya.

Oleh karena itu, sebagai tindakan pencegahan, Anda harus melepaskan charger ketika tidak digunakan lagi. Dengan mencabut charger laptop apabila sudah tidak digunakan, maka Anda juga dapat merawat berbagai komponen charger, termasuk adapter.

Melepas Baterai Laptop

Berbeda dari du acara sebelumnya yang bisa diaplikasikan kepada semua jenis laptop Asus, cara memperbaiki charger laptop Asus satu ini tidak bisa digunakan ke semua laptop Asus.

Saat ini, mulai banyak laptop Asus yang memiliki baterai tanam atau tidak bisa dilepas. Oleh karena itu, cara ini hanya bisa digunakan untuk laptop yang memiliki baterai lepasan.

Apabila laptop Anda memiliki baterai yang bisa dilepas, maka cara ini merupakan salah satu cara efektif memperbaiki charger laptop yang tidak mengisi daya. Selain itu, cara ini hanya dapat berfungsi apabila sumber permasalahan terletak pada baterai laptopnya.

Memastikan Kabel Charger dalam Kondisi Baik

Selain ketiga cara di atas, cara memperbaiki charger laptop Asus tidak mengisi daya yang lainnya adalah memastikan kabel charger dalam kondisi baik. Kondisi baik yang dimaksud adalah kondisi kabel dimana tidak ada bagian yang patah, terlipat, ataupun terlilit.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kabel yang patah di dalam pembungkus ataupun adanya bekas lipatan dapat membuat aliran daya dari charger ke laptop terganggu. Oleh karena itu, sebelum menggunakan charger, selalu pastikan bahwa kondisi kabel charger dalam kondisi baik.

Memeriksa Tegangan dan Konektor pada Charger

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk memperbaiki charger laptop yaitu memeriksa tegangan charger serta memeriksa konektornya.

Pada saat pemeriksaan tegangan, pastikan tegangan yang dimiliki charger dan laptop Anda memiliki besaran yang sama. Besaran tegangan yang sama tersebut dapat menjadi indikasi bahwa proses pengisian daya berjalan dengan lancar.

Maka dari itu, apabila Anda menemukan perbedaan tegangan pada charger dan laptop, maka Anda harus segera mengganti charger yang digunakan. Dengan begitu, permasalahan charger yang tidak mau mengisi daya tidak akan terjadi kembali.

Demikian informasi mengenai penyebab dan cara memperbaiki charger laptop Asus tidak mengisi daya. Anda dapat mempraktikkan cara-cara yang telah dijelaskan di atas secara mandiri dengan sangat mudah dan cepat. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam mengatasi permasalahan charger pada laptop Asus.

Leave a Comment