Melalui Express VPN Chrome Bebas Berselancar Internet dengan HTTPS Terenkripsi

Berselancar di internet dengan mode aman dan bebas gangguan dari website-website yang tidak menggunakan pengaman adalah impian semua pengguna internet. Mimpi tersebut bisa diwujudkan dengan memasang express vpn termasuk express vpn chrome. Bagaimana express vpn mempengaruhi kegiatan berselancar Anda di internet?

Simak penjelasannya berikut agar Anda dapat menentukan untuk memasang express vpn pada browser kesayangan Anda atau tidak.

Apa yang dimaksud Express VPN?

apa yang dimaksud express vpn

Express vpn sejatinya merupakan suatu ekstensi untuk sebuah browser agar kegiatan berselancar pengguna internet dari satu website ke website lain terlindungi. Ekstensi ini membantu Anda untuk membuat suatu manipulasi pada HTML5 geolokasi.

Mudahnya, HTML5 geolokasi adalah suatu tools yang bekerja layaknya GPS dengan bantuan Wi-Fi dan triangulasi menara sel untuk mengakses lokasi dari sebuah perangkat. Bekerjanya HTML5 geolokasi pada perangkat Anda akan mempengaruhi privasi dan keamanan.

Menggunakan Express vpn, maka akan terjadi manipulasi pada HTML5 geolokasi. Dalam hal ini adalah alamat IP dan lokasi dari perangkat tidak akan diketahui dan Anda dapat mengabaikan semua permintaan akses lokasi dari HTML5 geolokasi.

Menggunakan prinsip tersebut, express vpn kemudian akan mengenkripsi website yang menggunakan versi HTTPS. Lebih untungnya lagi bahwa Anda dapat mengontrol secara jarak jauh aplikasi express VPN dari browser Chrome, Firefox, Edge, Brave, dan Vivaldi.

Cara memperoleh ekstensi browser Express VPN

cara memperoleh ekstensi browser express vpn

Sebelum memasang ekstensi express vpn pada browser kesayangan Anda, perlu diperhatikan syarat-syarat pemasangan ekstensi tersebut.

Sebelumnya Anda perlu untuk mengunduh dan mengaktivasi setidaknya salah satu express vpn yang terdiri dari Express VPN Mac App (Versi 7.1 atau lebih baru), Express VPN Windows App (Versi 6.9 atau lebih baru), dan Express VPN Linux Apps (Versi 2.0 atau lebih baru).

Maka dari itu, untuk beberapa sistem operasi yang berbeda akan terdapat perbedaan cara memperoleh ekstensi browser express vpn pula.

1. Linux

Untuk mengunduh ekstensi, jalankan salah satu dari command berikut: “expressvpn install-firefox-extension” atau “expressvpn install-chrome-extension”

Jika browser yang digunakan awalnya diunduh dari Ubuntu Software Center, maka Express VPN yang dipasangkan nantinya dapat disambungkan dengan Express VPN Linux App. Sehingga langkah-langkah untuk masalah tersebut adalah sebagai berikut:

  • Cadangkan pengaturan browser dan bookmark Anda
  • Menuju Lan ke Ubuntu Software Center dan uninstall browser terlebih dahulu
  • Buka menu “terminal”
  • Masukkan script “$ sudo apt update”
  • Selanjutnya akan bergantung pada browser masing-masing sehingga ketikkan script selanjutnya yaitu “$ sudo apt install chromium-browser” atau “$ sudo apt install firefox”
  • Buka Browser dan masukkan script lanjutan berupa “$ chromium-browser” atau “$ firefox” bergantung browser mana yang digunakan
  • Ekstensi Express VPN kemudian bisa didapatkan dengan memasukkan script “expressvpn install-firefox-extension” atau “expressvpn install-chrome-extension”

2. Windows dan Mac

Untuk sistem operasi Windows dan Mac, proses instalasi ekstensi Express VPN dilakukan dengan cara yang berbeda. Pengguna browser harus menuju halaman set up Express VPN. Jika ternyata diminta masuk maka lakukan sign in dengan kredensial Express VPN.

Setelah kode verifikasi terkirim pada email dan berhasil sign in maka pilihlah browser yang Anda gunakan. Misalkan adalah chrome maka ekstensi yang digunakan adalah Express VPN Chrome. Setelah klik ekstensi maka Express VPN sudah terpasang.

Fitur dari Ekstensi Express VPN Chrome

fitur dari ekstensi express vpn chrome

Secara umum dan keseluruhan, Express VPN bekerja sebagai pelindung dalam kegiatan berselancar di internet. Fungsi tersebut didukung dengan fitur-fitur yang terdiri dari beberapa, diantaranya sebagai berikut.

1. Menyambungkan dan Memutuskan Browser dari VPN

Fitur ini akan mengakibatkan traffic pada internet di semua aplikasi, sehingga tidak hanya traffic yang melewati browser.

2. Merubah Lokasi Server VPN

Untuk menggunakan lokasi VPN yang berbeda maka menujulah menu setting. Jika dibutuhkan untuk menghubungan ke lokasi terbaik yang direkomendasikan maka pilihlah Smart Location. Dari daftar rekomendasi lokasi yang disediakan ekstensi maka pilihlah lokasi yang paling tepat.

Bisa juga memilih pengaturan “semua lokasi” untuk melihat daftar semua lokasi VPN yang tersedia. Anda juga dapat mencari lokasi spesifik, mengulas lokasi yang terkoneksi akhir-akhir ini, dan melihat semua lokasi yang telah ditandai sebagai favorit pada aplikasi Express VPN.

3. Status Koneksi VPN

Anda dapat melihat status VPN yang terdapat pada menu samping dari toolbar browser. Akan terdapat kotak warna penanda yang menyatakan status dari koneksi VPN. Jika kotak penanda berwarna orange maka Express VPN sedang terkoneksi , jika berwarna hijau menandakan Express VPN telah tersambung, dan warna berry artinya terdapat error.

4. Menghubungkan Express VPN dengan Browser Launching

Secara otomatis maka browser akan terhubung ke lokasi server VPN yang terakhir digunakan. Untuk mengaktifkan kembali fitur ini, klik symbol ekstensi yang mirip dengan huruf S pada bagian toolbar dan pilihlah menu bar tumpuk tiga, pilih “setting”, kemudian beralihlah untuk menghubungkan express VPN pada browser launching.

5. Menambahkan Privasi dan Keamanan Tambahan

Untuk memanfaatkan fitur privasi dan keamanan tambahan dapat diatur dengan menuju ikon Express VPN pada toolbar. Di bagian pilihan menu garis tumpuk tiga pilihlah privasi dan sekuritas.

6. Memblokir WebRTC (opsional)

Fitur ini digunakan untuk menyamarkan alamat IP dari kebocoran dan kegagalan WebRTC (kumpulan standarisasi teknologi yang mengizinkan web browser untuk berkomunikasi satu dengan lainnya secara langsung tanpa membutuhkan server perantara).

Pemblokiran WebRTC kemudian akan memastikan browser yang Anda gunakan selalu memakai alur jaringan yang sama untuk media sebagai traffic web normal.

7. Terdapat HTTPS di setiap Website (opsional)

Menggunakan fitur ini didukung oleh Electronic Frontier Foundation, sehingga secara otomatis akan menghubungkan Anda sebagai pengguna ke website dengan versi HTTPS agar lebih aman.

Sistem Operasi Ekstensi Browser Express VPN

sistem operasi ekstensi browser express vpn

1. Memutuskan koneksi dari Express VPN atau Browser

Jika Express VPN dan browser dengan ekstensi Express VPN terinstal di dalamnya sedang berjalan dan menunjukan bahwa Anda terhubung dengan VPN, maka melakukan pemutusan sambungan VPN dari aplikasi Express VPN atau browser lain juga akan memutus sambungan semua VPN dan browser.

2. Keluar dari aplikasi Express VPN

Jika Express VPN aplikasi dan browser dengan ekstensi sedang berjalan dan menunjukkan telah terkoneksi ke VPN, maka mengeluarkan aplikasi Express VPN akan memutus sambungan pada VPN lain.

3. Keluar dari Browser

Jika kedua aplikasi Express VPN dan browser dengan ekstensi yang sedang berjalan dan menunjukkan terkoneksi, maka mengeluarkan browser tidak akan memutuskan koneksi VPN.

Dengan beragamnya fitur dan sistem operasi yang terdapat pada Express VPN Chrome pada dasarnya adalah untuk melindungi pengguna saat melakukan browsing.

Leave a Comment