Cara Menghapus Cache Di iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Data sementara yang isinya kumpulan aktivitas pengguna atau lebih sering juga di sebut cache biasanya akan menumpuk seiring berjalannya waktu. Data cache biasanya akan menumpuk dan ikut tersimpan dalam memori. Sejalan dengan banyaknya aktivitas si pengguna di situs web dan aplikasi maka data cache juga semakin banyak.

Tumpukan file sampah ini tentu akan ditemukan di semua tipe HP, termasuk Android dan juga iPhone. Khusus untuk pengguna Android, Anda bisa dengan mudah menemukan opsi cache dalam setelan HP. Namum, bagi para pengguna baru iPhone mungkin akan sedikit bingung dengan system manajemen memori perangkatnya.

Seperti yang diketahui, sistem operasi iPhone berbeda dengan HP Android, dan ini menjadi mesalah tersendiri bagi pengguna baru iPhone.

Kelebihan dan Keuntungan Berkat Adanya Cache di HP

kelebihan dan keuntungan berkat adanya cache di hp

Jika dilihat dari segi keuntungannya, adanya cache sangat memanjakan pengguna ponsel saat mengakses suatu konten. Karena semua aktivitas yang dilakukan di ponsel seperti melihat foto atau video di aplikasi maupun situs web tertentu akan disimpan dalam data cache.

Cache juga berguna bagi pengguna dalam hal mengakses konten pada situs web atau aplikasi yang ada dalam HP. Dengan adanya cache, HP tidak perlu bekerja keras lagi untuk memuat ulang aplikasi dan situs web.

Namun di sisi lain, cache yang menyimpan data-data aplikasi atau aktivitas pengguna pastinya akan membutuhkan ruang untuk menyimpan data tersebut. Ya, meskiun sangat membantu dalam hal menyimpan data, namun juga dapat membuat penyimpanan dalam HP berkurang. Karena, data sementara tersebut akan menumpuk dan hal inilah yang membuat memori cepat penuh.

BACA JUGA  Yuk Ketahui Perbedaan iPhone X dan XS Max sebelum Membeli

Cara Menghapus Cache iPhone

ini cara menghapus cache iphone

Opsi pembersih cache pada Android bisa dijumpai lewat setelan yang ada dalam HP, setelah itu pengguna tinggal gulir dan cari opsi Aplikasi. Sedangkat untuk perangkat iPhone berbeda, karena perangkat iPhone sendiri tidak memiliki tombol atau opsi khusus untuk menghapus cache.

Lalu bagaimana cara menghapus cache di iPhone?

Dikutip lewat laman resmi Apple, system operasi iPhone akan menghapus data sementara atau data cache secara otomatis. Pembersihan otomatis ini akan bekerja apabila perangkat dirasa sedang membutuhkan ruang memori yang cukup banyak. Jadi bagi para pengguna iPhone atau bagi pengguna baru tidak perlu repot-repot lagi untuk menghapus cache iPhone.

BACA JUGA  7 Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark iPhone Terbaik

Nah, meskipun sistem akan menghapus data sementara atau data cache secara otomatis, pengguna iPhone juga bisa mnghapus cache secara manual. Cara untuk membersihkan data cache dalam iPhone cukup mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan.

Cara Menghapus Cache di iPhone pada Aplikasi

Berikut panduannya:

  • Pergi ke Setting
  • Kemudian pilih opsi “Umum” atau “General”
  • Gulir ke bawah dan pilih opsi “Penyimpanan iPhone”
  • Lalu pilih aplikasi yang dirasa terlalu banyak menghabiskan banyak ruang
  • Setelah itu, klik opsi “Hapus App”
  • Semua cache akan terhapus dengan klik opsi tersebut
  • Setelah cache terhapus, penguna bisa menginstall ulang aplikasi yang tadi telah di hapus.

Cara Menghapus Cache iPhone Pada Situs Web

  • Buka Setting pada device iPhone
  • Gulir ke bawah hingga menemukan opsi browser “Safari” lalu klik
  • Kemudan, cari dan pilih opsi “Bersihkan Riwayat dan Data Situs Web”
BACA JUGA  Cara Screen Mirroring iPhone ke Perangkat TV Dengan Mudah

Ada juga opsi lain selain kedua cara menghapus cache di iPhone, yaitu dengan memuat ulang perangkat. Cara ini bisa menghapus data sementara yang sifatnya lebih ringan, seperti perintah pemrograman yang berjalan di iPhone dan kode.

Dengan memuat ulang iPhon,e data cache yang terhapus hanyalah data yang bersifat ringan, sedangkan cache yang berisi aktivitas pengguna pada situs web atau aplikasi akan tetap ada.

Berbincang tentang restart iPhone, setiap seri perangkat iPhone memiliki cara memuat ulang yang berbeda.

Untuk perangkat iPhone dengan seri Touch ID, Anda cukup menekan tombol power lalu pilih “geser-matikan”. Lalu untuk menyalakan kembali dengan klik dan tahan tombol power hingga logo Apple muncul.

Lalu untuk cara muat ulang perangkat iPhone seri Face ID dapat dilakukan dengan menekan tombol power dan volume bawah. Setelah itu, pilih “geser-matikan” dan perangkat iPhone pun akan mati. Dan untuk menghidupkan kembali, klik dan tahan tombol power hingga logo Apple muncul. Berbeda versi system operasi iOS, mungkin akan berbeda juga letak opsinya.

BACA JUGA  5 Aplikasi Edit Foto iPhone Ala Selebgram Aesthetic Dan Unik

Itulah cara menghapus cache di iPhone, tentu Anda perlu melakukan penghapusan secara berkala agar kinerja device tetap optimal.

Apa pengaruhnya jika dihapus cache?

Kinerja ponsel yang meningkat, namun di sisi lain baterai akan cepat terkuras pasca penghapusan cache. Pasalnya, ponsel akan melakukan kinerja dari nol kembali dan kapasitas baterai yang dibutuhkan untuk aktivitas ini cukup besar.

Apakah cahce aman dihapus?

Ya, namun sebelumnya Anda bisa memback-up data-data penting yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Kenapa memori iPhone penuh padahal aplikasi sedikit?

Alasan yang paling umum yaitu karena adanya data “tersembunyi” dengan kapasitas cukup besar, sehingga memakan memori device.

Leave a Comment