Kode iPhone II a Dari Negara Mana?

Setiap iPhone pasti memiliki kode tertentu dan bagian ini menunjukkan negara asal di mana smartphone ini diproduksi. Kode ini sengaja dibuat berbeda untuk mengindektifikasi dan membedakan perangkat tersebut.

Bukan hanya kode tetapi nomor seri, regulasi dan berbagai aksesoris yang digunakan di perangkat juga menunjukkan identifikasi masing-masing device. Salah satu contohnya adalah iPhone yang dibuat di negara Jepang, di mana kamera belakang dan depannya dibuat silent.

Kode yang digunakan di negara Jepang tentu berbeda dengan negara lain seperti Amerika Serikat, dan lainnya. Misalnya kode iPhone II a digunakan untuk negara Amerika Serikat, sementara untuk negara lain akan menggunakan kode berbeda.

Pemahaman tentang kode iPhone ini sangat penting agar Anda bisa mengetahui identifikasi smartphone yang Anda miliki. Kode ini berlaku untuk seluruh produk iPhone yang diproduksi di berbagai negara dari seluruh dunia.

Kode iPhone Berbagai Negara

kode iphone berbagai negara

Ada beberapa kode iPhone untuk negara-negara di dunia yang perlu diketahui, dan berikut ulasan selengkapnya:

  1. Kode II a biasanya digunakan untuk iPhone dari Amerika Serikat
  2. Kode zp/a berlaku untuk iPhone dari Singapura
  3. Kode iPhone pa/a dan id/a digunakan untuk iPhone dari Indonesia
  4. Kode vc/a untuk iPhone yang di produksi di negara Kanada
  5. Kode x/a merupakan iPhone yang digunakan di New Zealand dan Autralia
  6. Kode M menunjukkan jika produk tersebut tergolong baru

Dengan demikian, Anda bisa mengecek sekarang juga terkait di mana iPhone tersebut di produksi. Khusus untuk Indonesia, sebenarnya tidak terbatas pada kategori di atas, dan berikut beberapa kode lainnya:

  • iPhone LL/A
  • iPhone PA/A
  • iPhone J/A
  • iPhone ZP/A

Semua kode diatas merupakan produksi resmi iBox dan memiliki garansi resmi di Tanah Air. Sehingga ketika terjadi kerusakan atau cacat pada beberapa bagian dapat diklaim di Indonesia melalui ritel dan toko resmi Apple.

Cara Mengetahui Kode iPhone

cara mengetahui kode iphone

Nah, untuk mengetahui kode iPhone seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa melakukan pengecekan melalui berbagai cara. Langkah ini dilakukan agar Anda tidak kesulitan dalam menemukan kode tersebut. Berikut ulasannya.

Pengecekan Via Pengaturan

Salah satu cara untuk mengecek kode iPhone II a dapat Anda lakukan dari menu pengaturan dan berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu pengaturan pada iPhone yang Anda miliki
  2. Scroll ke bawah lalu pilih menu general kemudian pilih mengenai
  3. Anda bisa melihat nomor model di bagian menu tersebut

Dari nomor model yang ditampilkan, Anda bisa melakukan pengecekan pada tiga kode terakhir yang ada di iPhone. Kode yang ditampilkan tersebut dapat Anda cocokkan dengan kode iPhone untuk masing-masing negara.

Via Dushbox

Selain dari menu pengaturan, Anda bisa melakukan pengecekan melalui dushbox. Kode ini akan tercantum pada dushbox bagian belakang.

Belakang Smartphone

Selain dari kedua cara di atas, Anda bisa melakukan pengecekan melalui body belakang iPhone. Cara ini akan mempermudah Anda untuk tidak melakukan via pengaturan.

Ketiga cara di atas dapat Anda lakukan untuk bisa mengecek kode iPhone yang digunakan secara detail. Tetapi umumnya, pengecekan yang paling mudah dapat dilakukan via dushbox karena informasi bisa langsung dilihat tanpa harus membuka kemasan ponsel terlebih dahulu.

Fungsi Kode iPhone

fungsi kode iphone

Beberapa orang terkadang berpikir, untuk apa kode iPhone ini dilakukan pengecekan dengan berbagai cara di atas. Untuk fungsi utamanya adalah, agar Anda bisa mengetahui dari negara mana iPhone tersebut dibuat atau diproduksi.

Fungsi lainnya yaitu sebagai syarat utama yang diperlukan ketika akan melakukan klaim produk. Misalnya, Anda melakukan pembelian iPhone dengan kode Singapura maka proses klaim hanya bisa dilakukan di Singapura.

Untuk itu, Anda yang jarang pergi ke luar negeri, sebaiknya memilih iPhone dengan kode negara Indonesia. Tujuannya adalah ketika terjadi masalah pada iPhone maka bisa langsung diklaim di berbagai market di Indonesia.

Inilah pentingnya Anda perlu melakukan pengecekan iPhone sebelum melakukan pembelian di berbagai market. Risikonya jika Anda mengabaikan kode tersebut, maka Anda harus melakukan klaim di negara tempat iPhone ini di produksi.

Bisakah Kode iPhone Diubah?

Pernyataan terkait bisa tidaknya proses perubahan kode iPhone memang sering ditanyakan di oleh para pengguna. Beruntungnya, kode iPhone bisa saja diubah dan dapat dilakukan dengan software khusus.

Meski proses penggantian ini bisa dilakukan secara mandiri, namun cara ini tidak direkomendasikan untuk semua pengguna iPhone. Alasannya adalah karena kode iPhone dapat diganti tetapi nomor IMEI yang tertera di iPhone tidak dapat diubah oleh siapapun.

Selain itu, proses penggantian ini dirasa percuma karena iPhone di negara berbeda umumnya tidak dapat terkoneksi di Indonesia. Hal ini dikarenakan IMEI yang tertera pada iPhone tersebut tidak dapat didaftarkan di Indonesia.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa kode iPhone II a merupakan smartphone yang digunakan untuk negara Amerika Serikat. Sedangkan kode iPhone untuk negara Indonesia bermacam-macam diantaranya LL/A, ZP/A, PA/A, J/A dan berbagai kode lainnya.

Apa itu iPhone seri LL A?

iPhone dengan seri LL A merupakan smartphone yang berasal dari negara Amerika Serikat.

Apa itu iPhone j A?

Kode tersebut umumnya digunakan di negara Jepang dan ciri khasnya semua kamera baik depan dan belakang di silent.

Apa itu kode Zpa pada iPhone?

Untuk kode di atas biasanya digunakan untuk iPhone yang berasal dari Hongkong dan Singapura.

Leave a Comment