Cara Daftar IMEI iPhone Untuk Menghindari Pemblokiran dari Pemerintah

Pada tahun 2020 lalu, pemerintah menerapkan pemblokiran untuk ponsel black market yang didapatkan dari merchant luar negeri. Kebijakan ini memaksa pengguna melakukan pendaftaran IMEI untuk menghindari pemblokiran.

Berbincang tentang IMEI, ada beberapa cara daftar IMEI iPhone atau Android yang dibeli di luar negeri, baik melalui toko online atau dikirim lewat jasa pengiriman. Selain itu, pendaftaran ini juga perlu dilakukan bagi Anda yang membeli secara langsung atau hand carry.

Nah, sebelum melakukan pendaftaran, Anda perlu mengetahui berbagai persyaratan yang harus dipenuhi. Selain itu, Anda juga perlu mengenal tentang IMEI itu sendiri agar bisa memahami secara keseluruhan.

Apa Itu IMEI?

apa itu imei

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh pihak GSM. IMEI umumnya dikeluarkan oleh para produsen smartphone baik yang bersistem operasi Android ataupun iOS.

Dengan demikian, ponsel yang IMEI tidak terdaftar akan dianggap ilegal dan berpotensi diblokir oleh pemerintah. Untuk itu, setiap melakukan pembelian di luar negeri Anda bisa melakukan pendaftaran secara mandiri dengan berbagai persyaratan yang ditetapkan.

Syarat Mendaftarkan IMEI

Setelah mengenal IMEI secara detail, Anda juga perlu mengetahui berbagai persyaratan untuk mendaftar IMEI secara mandiri. Berikut ulasannya:

  1. Setiap individu yang melakukan pembelian dibatasi jumlah orderannya dan maksimal dua ponsel saja.
  2. Jika pembeliannya melebihi batas maksimal maka pengguna hanya boleh membawa dua unit dan sisanya akan disita.
  3. Setiap unit yang dibeli nilainya tidak boleh lebih dari 500$ atau setara 7,3 juta rupiah.
  4. Jika nilainya melebihi angka tersebut maka dikenakan PPN 10% dan PPH 7,5% dari harga yang di-order.
  5. Bagi Anda yang melakukan pembelian melalui perusahaan jasa kirim maka tidak perlu melakukan pendaftaran secara mandiri.
  6. Proses pemberlakuan ini hanya untuk tablet, PC, smartphone dan tidak berlaku untuk laptop.
  7. Khusus turis yang memiliki SIM luar negeri maka tidak perlu melakukan registrasi di Indonesia.

Semua persyaratan di atas harus dipenuhi oleh pengguna dan berlaku untuk smartphone Android dan iPhone. Setelah semua syarat di atas terpenuhi, maka Anda bisa melakukan pendaftaran secara mandiri di situs resmi pemerintah.

Cara Daftar IMEI iPhone

Proses pendaftaran IMEI sendiri bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu mengakses situs resmi atau melalui aplikasi. Jika ingin interface yang nyaman dilihat, Anda bisa mengunduh aplikasi resmi dan mengikuti panduan berikut:

Unduh Aplikasi

Anda bisa mengunduh aplikasi dengan nama Mobile Bea Cukai di App Store melaui iPhone yang baru saja dibeli. Setelah diunduh, Anda bisa melakukan instalasi dan membukanya di smartphone.

Isi Berbagai Data

Setelah aplikasi dibuka, Anda bisa mengisi berbagai formulir yang tersedia dengan data diri yang sesuai. Berbagai data tersebut berupa data penerbangan, merk smartphone dan berbagai data diri pengguna.

Isi Detail Barang

Anda juga perlu melakukan pengisian terkait detail barang mulai dari merk, jenis, tipe dan yang lainnya. Selain detail barang itu, Anda juga perlu memasukkan nomor IMEI untuk di daftarkan di aplikasi.

Bagi Anda yang kesulitan mencari nomor IMEI di iPhone, maka bisa langsung masuk ke menu pengaturan. Selanjutnya, pilih menu Umum lalu cari nomor seri yang posisinya ada di bagian bawah.

Simpan Formulir

Setelah semua data diisi dengan lengkap, Anda bisa menyimpan formulir tersebut di smartphone dengan menekan Complete. Jika proses ini telah selesai, Anda akan mendaatkan QR Code dari aplikasi Mobile Bea Cukai.

Datang ke Kantor Bea Cukai

Setelah proses di atas, Anda bisa datang dan membawa QR code ke kantor Bea Cukai terdekat di kota Anda. Di kantor tersebut, akan dilakukan pemeriksaan dan nantinya akan mendapatkan persetujuan untuk digunakan di Indonesia.

Untuk proses pemeriksaan di kantor Bea Cukai tergantung dari antrian dan proses input data yang dilakukan. Namun proses ini dipastikan tidak akan lama dan setelah dari kantor, Anda bisa menggunakan smartphone secara legal di Indonesia.

Bahaya Menggunakan iPhone Ilegal

bahaya menggunakan iphone ilegal

Jika Anda melakukan pembelian iPhone tetapi malas melakukan pendaftaran IMEI, maka ada beberapa risiko yang akan ditanggung. Berbagai risiko atau bahaya ini jelas merugikan pengguna dan berikut ulasan selengkapnya :

Blokir IMEI

Karena IMEI tidak di daftarkan maka dalam waktu dekat pemerintah akan melakukan pemblokiran. Jika hal ini terjadi, maka semua kegiatan atau aktivitas di jaringan seluler akan dihentikan.

Artinya, pengguna tidak bisa melakukan panggilan telepon, mengirimkan pesan dan menggunakan paket data lagi. Alhasil, iPhone yang Anda miliki hanya akan menjadi hiasan dan tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Kinerjanya Tidak Maksimal

Ketika Anda menggunakan iPhone ilegal maka besar kemungkinan kinerjanya tidak maksimal karena tanpa melalui balai pengujian. Tanpa adanya pengujian ini, maka fitur wifi, bluetooth atau yang lainnya tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Tanpa Garansi

Hal terpenting lainnya adalah ponsel yang dibeli secara ilegal tidak akan disertai dengan kartu garansi. Layanan garansi ini menjadi penting karena tanpa kartu garansi Anda tidak akan mendapatkan after sale dari setiap pembelian.

Akibatnya jika terjadi kerusakan maka tidak akan mendapatkan ganti aksesoris dari pihak vendor. Dengan demikian ini menjadi kerugian tersendiri yang harus ditanggung oleh pengguna ketika tidak melakukan pendaftaran IMEI.

Jadi informasi cara daftar IMEI iPhone ini menjadi hal penting bagi pengguna yang sering melakukan pembelian di luar negeri. Pastikan, setelah membeli barang untuk langsung melakukan pendaftaran IMEI agar iPhone bisa digunakan secara legal di Indonesia.

Apakah bisa daftar IMEI sendiri?

Bagi Anda yang melakukan pembelian secara langsung atau melalui toko online bisa melakukan pendaftaran secara mandiri.

Berapa biaya daftar IMEI?

Untuk biaya pendaftaran IMEI melalui situs atau aplikasi tidak dipungut biaya alias gratis. Hanya saja pengguna akan dikenakan biaya pajak bea masuk sesuai peraturan yang berlaku.

Daftar IMEI HP di mana?

Untuk proses pendaftaran dapat dilakukan dengan mengakses situs resmi bea cukai dan melalui aplikasi Mobile Bea Cukai.

Melihat IMEI iphone di mana?

Untuk melihat bagian ini, Anda bisa masuk ke menu pengaturan lalu masuk ke umum dan melihat IMEI di bagian bawah.

Leave a Comment