Kode iPhone Refurbish, Produk Resmi dari Apple dengan Harga Miring

Menjadi salah satu perusahaan produsen ponsel terbaik, iPhone dikenal akan produk-produknya yang dibandrol dengan harga selangit.

Melihat tingginya harga dari setiap seri terbaru iPhone, lantas produsen ini menawarkan alternative bagi kalangan menengah ke bawah. Ya, di pasaran banyak tersedia iPhone original, refurbish dan palsu. Ketiganya tentu memiliki harga, ciri-ciri dan kode iPhone yang berbeda agar mudah dikenali oleh setiap penggunanya.

Dengan demikian, kode iPhone refurbish tidak sama dengan kode iPhone versi original. Selain kode ini, banyak juga yang kurang memahami dan sering menyamakan refurbish dengan produk palsu.

Padahal keduanya jelas berbeda baik dari sisi aksesoris dan berbagai bahan yang disematkan di dalam smartphone. Namun sebelum itu, Anda perlu memahami terlebih dahulu tentang iPhone refurbish.

Apa Itu iPhone Refurbish?

apa itu iphone refurbish

iPhone refurbish merupakan produk resmi Apple yang ditarik kembali dari berbagai pelanggan karena mengalamai kerusakan. Pelanggan yang melakukan klaim tersebut nantinya bisa mendapatkan produk baru dari iPhone secara cuma-cuma alias gratis

Dari kerusakan inilah nantinya developer iPhone akan memperbaiki kembali ponsel ini dan dijual di pasaran dengan label refurbished. Meskipun berstatus demikian, produk tersebut tergolong asli dan ada garansi resmi dari iPhone.

Jika sudah bergaransi otomatis, keaslian dari produk tersebut tidak diragukan lagi dan sudah mendapatkan sertifikat asli dari Apple.

Produk seperti ini bukan hal baru karena sudah dilakukan sejak tahun 2016 yang lalu. Dan baru-baru ini, iPhone kembali merilis produk refurbish dari Apple X dengan harga yang lebih terjangkau dari produk asli. Untuk iPhone X 64GB dibanderol dengan harga 10 juta rupiah dan yang memori internal 256GB dibanderol dengan harga 12,5 juta rupiah.

BACA JUGA  Cara Backup WhatsApp iPhone Tanpa iCloud

Dengan harga tersebut, diharapkan banyak kalangan bisa menikmati sensasi iPhone X. Meski berstatus ponsel bekas tetapi berbagai fitur yang disematkan di dalamnya tidak berbeda jauh dari produk originalnya.

Cara Mengecek Kode iPhone Refurbish

cara mengecek kode iphone refurbish

Setiap Anda membeli produk refurbish maka perlu dilakukan pengecekan terkait kode atau nomor seri dengan sebagai berikut :

Situs Resmi Apple

Ketika memutuskan membeli produk iPhone refurbish maka perlu dilakukan pengecekan melalui situs resminya. Langkah ini merupakan yang terbaik untuk memastikan produk tersebut refurbish ataukah tiruan.

Dalam proses pengecekannya sangatlah mudah dan Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Buka Google Chrome lalu kunjungi situs berikut https://checkcoverage.apple.com/
  2. Kemudian Anda bisa melakukan pengecekan nomor seri yang ada di bagian books
  3. Dari nomor tersebut, Anda bisa memasukkan ke kolom yang tersedia pada situs di atas

Dengan pengecekan melalui langkah di atas, Anda akan mendapatkan informasi terkait refurbish atau bukan. Jika produk tersebut asli dan resmi dari Apple maka akan ada keterangan belum diaktifkan atau pertama kali mengaktifkan.

BACA JUGA  Kenali Spesifikasi iPhone XS Max 256GB dan Berbagai Kelebihan serta Kekurangannya

Cek Huruf Depan di Nomor Model

Langkah lain untuk mengecek kode iPhone adalah dengan mengetahui huruf depannya. Ada beberapa huruf depan di nomor model yang perlu Anda pahami dan berikut daftar huruf-hurufnya:

Kode M : Kode tersebut berlaku bagi iPhone yang dijual melalui toko ritel secara resmi dan produknya baru

Kode P : Digunakan pada iPhone khusus yang namanya diukir oleh pembeli

Kode F : Digunakan pada iPhone refurbish resmi dari ritel Apple secara langsung atau melalui operator penjual. Setiap iPhone dengan kode tersebut umumnya selalu disertai dengan tulisan Apple Cerified

Kode N : Untuk kode N ini biasa digunakan sebagai kode pengganti karena klaim atas garansinya

Dengan demikian, kode iPhone untuk yang berstatus refurbish adalah F dan selalu diikuti dengan tulisan sertifikat Apple. Jadi pastikan huruf tersebut tertera saat Anda memutuskan untuk membeli produk refurbish ini.

BACA JUGA  Yuk Ketahui Perbedaan iPhone X dan XS Max sebelum Membeli

Menyesuaikan Nomor Seri

Selain langkah di atas, Anda juga bisa melakukan penyesuain nomor seri yang tertera pada produk dan books. Pastikan produk tersebut sama antara yang di perangkat dengan nomor yang tertera pada books.

Cek Kemasan

Selanjutnya, Anda bisa melakukan pengecekan pada kemasan yang ada pada books saat akan order.

Setiap iPhone refurbish umumnya selalu disertai dengan tulisan Apple Certified Pre-Owned. Dengan demikian, Anda harus memastikan tulisan ini tertera pada bagian luar agar iPhone yang Anda beli benar-benar bukan rekondisi.

Dari proses pengecekan di atas, Anda sangat disarankan untuk melakukan pembelian di distributor resmi Apple. Anda bisa mencari lokasi iBox terdekat dari lokasi Anda.

Ketika melakukan pembelian melalui distributor resmi, produk yang Anda beli dapat dipastikan refurbish dan terhindar dari produk palsu. Selain itu, pada ritel tersebut Anda akan mendapatkan garansi resmi secara langsung dari Apple.

BACA JUGA  Cara Screen Mirroring iPhone ke Perangkat TV Dengan Mudah

Apakah iPhone refurbished itu asli?

iPhone refurbished sudah terjamin keasliannya karena dikeluarkan langsung oleh pihak Apple. Meski statusnya barang bekas tetapi iPhone ini sudah mendapatkan sertifikat dari Apple dan dapat di order di situs resmi atau melalui distributor.

Apa arti kode N di iPhone?

Untuk kode N pada iPhone menandakan bahwa produk tersebut adalah replacement atau pengganti. Jadi pengguna melakukan klaim dari produk yang telah dibeli karena mengalami cacat atau kerusakan pada bagian tertentu.

Apakah HP refurbish bagus?

Semua HP yang berstatus refurbish bisa dipastikan kualitasnya karena proses perbaikan dilakukan oleh Apple sendiri dan bukan pihak ketiga.

iPhone KW namanya apa?

Untuk iPhone kw sering disebut rekondisi atau handset supercopy yang proses perbaikannya bukan ditangani oleh pabrikan Apple. Artinya, produk ini illegal dan tidak ada garansi resmi dari Apple.

Leave a Comment