Ini Cara Cek Hardisk Laptop dengan Mudah

Kemajuan teknologi yang sangat pesat tentunya membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat. Bahkan bisa dikatakan hampir di setiap aktivitas masyarakat memerlukan dukungan teknologi.

Salah satu teknologi yang sangat berperan penting untuk menunjang segala aktivitas masyarakat adalah laptop. Barang elektronik satu ini memiliki beragam fungsi untuk memudahkan pekerjaan banyak orang, terutama para pelajar, dan mereka yang bekerja di ranah digital.

Namun, terkadang seseorang tentunya ingin mengetahui seberapa besar kemampuan laptop yang dimilikinya. Tidak terkecuali dengan sebuah sistem kapasitasnya yang terdiri dari RAM, Processor dan Hardisk.

Mengenal Jenis-Jenis Hardisk Laptop

jenis hardisk laptop

Hardisk merupakan perangkat keras laptop yang fungsinya sangat penting. Sebab, tanpa adanya hardisk, laptop atau komputer tidak akan bisa berjalan dengan baik. Meskipun saat ini hardisk terus mengalami perubahan di mana ukurannya cenderung kecil, tetapi kapasitas yang dimiliki masih sangat besar.

BACA JUGA  Download Software PDF Gratis Full Version Ini, Dijamin Terbaik dan Banyak Fungsi

Untuk itu, bagi Anda yang ingin memiliki laptop dengan hardisk terbaik, sebaiknya terlebih dulu mengetahui jenis-jenis hardisk agar nantinya Anda tidak bingung ketika menentukan pilihan. Berikut selengkapnya.

1. Hardisk Konvensional

Hardisk konvensional adalah salah satu jenis hardisk yang paling umum dan banyak ditemukan di pasaran dengan beragam ukuran. Akan tetapi hardisk jenis ini mempunyai kelemahan yang cukup mengganggu, yakni daya tahan atau durabilitasnya.

Meskipun begitu, tetapi hardisk konvensional masih memiliki keunggulan, yaitu dapat mengurangi kerentanan kerusakan dengan suatu tip. Selain itu, harganya pun cenderung lebih murah dibandingkan dengan tipe lain.

2. Hardisk SSD (Solid State Drive)

Jenis hardisk selanjutnya yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah hardisk jenis SSD. Meskipun jenis hardisk ini tidak menggunakan piringan atau cakram untuk kinerjanya, tetapi, SSD dilengkapi dengan sebuah chip yang berfungsi sebagai space penyimpanan.

BACA JUGA  5 Cara Memasang WiFi di Laptop Untuk Menyambungkan Jaringan

Karena performanya dalam membaca dan menyalin data cenderung lebih stabil, SSD lebih banyak diminati saat ini. Namun, dari segi harga hardisk ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal untuk penyimpanan yang tidak terlalu besar.

3. Hardisk SATA

Hardisk SATA merupakan jenis hardisk yang juga banyak digunakan pada perangkat komputer atau laptop konvensional. Hanya saja, hardisk jenis ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan hardisk dengan interface PATA.

Namun tentunya hardisk serial Advanced Technology Attachment ini memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat.

4. Hardisk SCSI

Berikutnya ada hardisk SCSI (Small Computer System Interface). Jenis hardisk yang satu ini memiliki kecepatan membaca yang lebih tinggi dengan kapasitas yang tinggi pula. Memang, hardisk jenis ini dikenal mempunyai harga yang lebih mahal, namun menawarkan sensasi performa yang lebih baik.

BACA JUGA  Ini Cara Download Smadav di Laptop Paling Mudah

Cara Cek Hardisk Laptop

cara cek hardisk laptop dengan mudah

Memang hardisk dikenal sebagai komponen yang paling penting dalam laptop. Sebab, berfungsi untuk penyimpanan data. Tetapi alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui kapasitas hardisk yang laptop Anda miliki. Berikut ini akan dijelaskan cara cek hardisk laptop dengan mudah. Simaklah ulasannya di bawah ini.

1. Menggunakan File Explorer

Cara cek hardisk laptop yang pertama adalah menggunakan File Explorer. Di mana File Explorer adalah sebuah aplikasi bawaan Windows yang digunakan untuk manajemen file.

Memang segala aktivitas yang berkaitan dengan pengelolaan file dilakukan pada File Explorer. Maka dari itu, media penyimpanan yang terhubung dengan laptop juga dapat mengecek Memori Card ataupun hardisk. Untuk mengecek hardisk menggunakan File Explorer caranya sangat mudah. Berikut penjelasannya:

  • Pertama silahkan buka File Explorer
  • Ketika File Explorer sudah terbuka, maka selanjutnya silahkan arahkan ke This PC/My Computer
  • Setelah itu, hardisk akan ditampilkan beserta kapasitas dan partisi yang digunakan
BACA JUGA  Download Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik 2022, Dijamin Paling Work!

2. Menggunakan Disk Management

Jika cara yang sebelumnya gagal, maka Anda bisa mencoba menggunakan Disk Management. Cara ini bisa membantu Anda untuk mengecek hardisk bahkan menampilkan kapasitas hardisk yang lebih lengkap di laptop Anda.

Hanya saja cara ini sedikit lebih ribet dibandingkan dengan cara sebelumnya. Untuk melihatnya berikut ini Langkah-langkahnya:

  • Pertama buka Windows Search atau bisa juga menggunakan cara cepat dengan menekan tombol Windows + S
  • Selanjutnya, klik Disk Management pada Windows Search
  • Setelah itu, klik Create and Format Hard Disk Partitions
  • Ketika Disk Management sudah terbuka, maka pilihlah Hardisk yang akan di cek
  • Kemudian klik Volumes jika ingin melihat kapasitas hardisk laptop Anda

3. Menggunakan Task Manager

Cara mengecek hardisk laptop yang terakhir adalah menggunakan Task Manager. Dengan tools yang satu ini Anda bisa mengecek hardisk laptop Anda sekaligus performa laptop atau komputer Anda. Untuk itu simaklah Langkah-langkanya di bawah ini:

  • Langkah pertama silahkan tekan tombol CTRL + ALT + DELETE pada keyboar secara bersamaan
  • Setelah itu pilih Task Manager
  • Ketika Task Manager sudah terbuka, maka pilihlah “more details”
  • kemudian, klik Tab Performance
  • Selanjutnya pilih Hardisk yang digunakan
BACA JUGA  7 Rekomendasi Aplikasi Kolase Foto Untuk PC Terbaik dan Gratis

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa Anda gunakan untuk mengecek hardisk laptop Anda. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi ketika ingin mengecek hardisk laptop karena Anda bisa mencoba beberapa cara di atas.

Manakah yang lebih efektif untuk mengecek hardisk laptop yang menggunakan Windows 10?

Pada dasarnya cara cek hardisk laptop yang menggunakan windows 10 tetap bisa menggunakan File Explore, Disk Manager ataupun Task Manager. Tetapi lebih efektifnya jika menggunakan System Information.

Leave a Comment