Cara Gadai Laptop di Pegadaian dengan Aman, Mudah dan Cepat

Laptop merupakan salah satu barang berharga dan penting bagi beberapa orang. Dengan laptop Anda bisa belajar, menonton film dan tentu saja menyelesaikan pekerjaan. Akan tetapi, pada kondisi mendesak seperti saat membutuhkan asupan dana, laptop menjadi sasaran empuk untuk dijual.

Hal ini dikarenakan laptop memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan biasanya dapat terjual dengan cepat. Namun mengingat usaha untuk mendapatkan laptop dan pentingnya laptop untuk kehidupan Anda, sepertinya menjual laptop bukanlah satu-satunya jalan keluar untuk mendapatkan sejumlah uang.

Menggadaikan laptop adalah salah satu alternatif untuk mendapatkan uang tunai dengan cepat tanpa harus menjualnya. Dengan begitu, setelah Anda memiliki cukup uang untuk melunasi hutang maka Anda dapat menebus laptop tersebut kembali.

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya apakah bisa laptop digadaikan? Tentu saja bisa, simak cara gadai laptop di pegadaian berikut ini.

Cara Gadai Laptop di Pegadaian

cara gadai laptop di pegadaian dengan aman

Pegadaian adalah salah satu lembaga keuangan milik pemerintah yang resmi dan sangat mudah untuk Anda mendapatkan pinjaman. Sesuai dengan namanya, Anda akan memperoleh pinjaman dengan menggadaikan barang seperti barang elektronik, surat berharga, kendaraan, emas dan lain sebagainya.

Hampir sama seperti gadai barang pada umumnya, untuk menggadaikan laptop Anda juga harus mengetahui prosedur, sistem pembayaran dan juga syarat-syaratnya terlebih dahulu. Dengan begitu Anda akan terhindar dari kesalahpaham dan ekspektasi yang berlebihan.

Selain itu, Anda juga dapat menerapkan beberapa tips sebelum akhirnya memutuskan untuk menggadaikan laptop di pegadaian. Lantas apa saja tips serta syarat dan juga cara gadai laptop di Pegadaian? Berikut informasinya:

Tips Gadai Laptop di Pegadaian

Melakukan gadai laptop di Pegadaian bukanlah hal rumit dilakukan, bahkan bisa dibilang sangat mudah dan cepat karena hanya membutuhkan KTP, barang gadai dan kwitansi pembelian barang saja. Namun akan lebih baik jika Anda mengetahui bagaimana tipsnya melakukan gadai di Pegadaian bukan? Seperti berikut ini:

Survei Harga Terlebih Dahulu

Tips yang pertama adalah pastikan bahwa Anda telah melakukan survei sebelum memutuskan untuk menggadaikan laptop di Pegadaian. Survey yang dimaksud adalah besaran pinjaman yang mungkin didapatkan dengan kondisi laptop Anda saat ini.

Anda dapat menanyakan terlebih dahulu kepada petugas Pegadaian, hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahpahaman serta ekspektasi yang berlebihan menyangkut besar pinjaman yang ingin Anda ajukan.

Siapkan Barang Gadai dan Dokumen yang Diperlukan

Siapkan laptop yang ingin Anda gadaikan beserta dengan kwitansi atau nota pembelian laptop tersebut. Kwitansi tersebut merupakan bukti bahwa Anda telah membeli laptop pada toko tertentu dan dengan harga yang sesuai, sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan saat menggadaikan laptop.

Selain itu, siapkan juga dokumen pendukung yang diperlukan yaitu kartu identitas seperti KTP atau SIM asli dan juga salinannya. Setelah itu Anda juga akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan kredit.

Mengetahui Sistem Gadai Laptop di Pegadaian

Setiap mengajukan pinjaman dengan sistem gadai barang maka pihak Pegadaian tentu saja memiliki persyaratan pada masing-masing barang gadai. Untuk gadai laptop itu sendiri secara umum memiliki sistem yang sama dengan gadai kendaraan atau gadai emas.

Jadi sebelum memutuskan untuk menggadaikan laptop, sebaiknya Anda baca dan pelajari terlebih dahulu sistem gadai laptop di Pegadaian. Jika ada yang kurang jelas, Anda dapat menanyakannya kepada petugas Pegadaian, Anda juga dapat menanyakan sekaligus besaran pinjamanan yang akan didapat serta cara pengembaliannya.

Pahami Sistem Pembayaran di Pegadaian

Tips selanjutnya yang harus Anda pahami adalah mengenai sistem pembayaran yang berlaku di Pegadaian. Sewa modal atau bunga diterapkan per 15 hari dengan jangka waktu pinjaman 4 bulan dan dapat diperpanjang hingga berkali-kali.

Nantinya besarnya sewa modal akan diperhitungkan selama masa pinjaman berjalan. Sebagai nasabah Anda juga dapat melakukan pelunasan kapan saja atau sewaktu-waktu. Sementara itu, pinjaman dapat diterima dalam bentuk tunai atau ditransfer ke rekening nasabah.

Syarat Gadai Laptop di Pegadaian

syarat gadai laptop

Pegadaian mempunyai banyak sekali jenis pinjaman yang bisa Anda pilih, mulai dari pinjaman Konvensional hingga pinjaman syariah. Namun bagi Anda yang membutuhkan dana cepat, Anda dapat memilih jenis kredit KCA (Kredit Cepat Aman). Sebelum datang ke kantor Pegadaian, pastikan terlebih terlebih dahulu Anda telah memenuhi semua syarat di bawah ini:

  • Membawa kartu identitas seperti KTP, SIM atau Passport.
  • Membawa barang gadai, dalam hal ini adalah laptop.
  • Kwitansi atau nota pembelian laptop supaya pihak Pegadaian dapat dengan mudah memperkirakan harga laptop tersebut saat ini.
  • Rekening bank pribadi jika pencairan ingin dilakukan melalui transfer bank.
  • Bersedia menandatangani SBK atau Surat Bukti Kredit.

Cara Gadai Laptop di Pegadaian dengan Cepat Hanya 15 Menit

Setelah memenuhi semua syarat di atas, selanjutnya Anda dapat melanjutkan proses gadai. Proses gadai laptop hanya membutuhkan waktu 15 menit saja, karena harga laptop ditaksir sendiri dengan cepat oleh pihak Pegadaian. Nah untuk lebih jelasnya Anda dapat memperhatikan cara gadai laptop di Pegadaian berikut ini:

  • Pertama, pastikan Anda membawa persyaratan yang telah disebutkan di atas yakni KTP, laptop sebagai barang gadai dan juga kwitansi pembelian laptop.
  • Setelah itu, silahkan datang ke kantor cabang Pegadaian terdekat.
  • Utarakan maksud dan tujuan Anda datang kepada petugas. Kemudian Anda akan diminta mengisi formulir pengajuan pinjaman KCA di kantor Pegadaian.
  • Setelah itu serahkan barang gadai dan laptop Anda akan ditaksir oleh penaksir harga dari Pegadaian.
  • Jika disetujui, Anda akan diminta menandatangani Surat Bukti Kredit (SBK) dan Anda akan menerima uang dalam bentuk cash atau transfer ke rekening.
  • Bawa pulang SBK dan bawa kembali saat pelunasan hutang.

Cara gadai laptop di Pengadilan sebenarnya sangat mudah dan cepat. Jadi menggadaikan barang elektronik khususnya laptop sepertinya menjadi alternatif jalan yang paling tepat ketimbang harus menjualnya bukan?.

Untuk besaran pinjaman yang akan Anda dapatkan ditentukan langsung oleh pihak Pegadaian, yang mana nilai tersebut sesuai dengan kondisi laptop Anda. Jika kondisi laptop sudah dalam pemakaian lebih dari 1 tahun, diperkirakan jumlah uang pinjaman cukup kecil.

Namun jika laptop yang Anda gadaikan masih dalam keadaan mulus dan belum dipakai lebih dari 1 tahun, maka besaran pinjaman yang didapatkan akan lebih besar.

Besaran Bunga Pinjaman Gadai Laptop di Pegadaian

besaran bunga pinjaman gadai laptop di pegadaian

Bunga adalah satu hal yang sangat melekat dengan pinjaman, untuk Pegadaian sendiri menggunakan istilah sewa modal sebagai pengganti bunga. Sehingga setiap nasabah yang mengambil pinjaman dari gadai barang akan dikenakan sewa modal atau bunga pada setiap periode tertentu sesuai dengan jenis pinjaman yang dipilih.

Untuk jenis pinjaman konvensional maka sewa modal akan dikenakan setiap per periode 15 hari, sementara untuk pinjaman atau kredit syariah maka sewa modal akan dikenakan per 15 hari. Besar bunga yang dibebankan adalah 0,75 % per periode atau setara dengan 1,5% per bulan.

Selain itu, peminjam juga akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 2 ribu hingga Rp. 125 ribu. Jika dilihat dari segi keamanan dan kecepatannya, besar bunga yang ditetapkan termasuk ringan dan bukan masalah bukan?.

Apakah gadai laptop bisa dilakukan tanpa kwitansi pembelian?

Sebenarnya bisa, hanya saja Anda akan mengalami sedikit kendala serta besaran pinjaman yang akan diterima jelas jauh lebih kecil jika dibandingkan menyertakan kwitansi pembelian laptop.

Apakah gadai laptop bisa dilakukan di Pegadaian Digital?

Bisa, yaitu melalui aplikasi Pegadaian.

Apa saja yang bisa digadaikan untuk mendapatkan pinjaman KCA di Pegadaian?

Jika Anda memilih jenis pinjaman KCA atau Kredit Cepat Aman maka Anda dapat menggadaikan emas, barang elektronik, kendaraan bermotor dan juga gadget seperti smartphone, notebook, laptop dan lain sebagainya.

Leave a Comment