Inilah Cara Gadai Laptop Di Pegadaian Tanpa Kwitansi

Terkadang, ada berbagai keperluan mendesak yang harus disegerakan pemenuhannya. Sayangnya, tidak semua orang memiliki dana darurat, sehingga tidak jarang yang berpikiran untuk menggadaikan salah satu barang pribadi agar tidak merepotkan orang lain. Laptop merupakan alternatif barang pribadi yang dapat digadaikan untuk mendapatkan dana cepat.

Sama halnya dengan HP, laptop adalah barang elektronik yang sangat berharga, mengingat nilai ekonomisnya tidak murah. Opsi ini dianggap lebih nyaman karena Anda bisa mengambil barang tersebut ketika sudah bisa melunasi pinjaman yang diambil di Pegadaian.

Lantas, bagaimana cara gadai laptop di Pegadaian tanpa kwitansi? Simak jawabannya di bawah ini.

Cara Gadai Laptop di Pegadaian Tanpa Kwitansi

ini cara gadai laptop di pegadaian tanpa kwitansi

Jika Anda ingin menggadai laptop atau barang di Pegadaian ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Kwitansi adalah salah satu komponen penting ketika ingin menggadaikan suatu barang. Namun jika Anda tidak memilikinya, apakah masih bisa? Berikut cara yang bisa diterapkan sebagai solusi dari permasalahan tersebut.

Tahap 1: Membaca Syarat & Ketentuan

Sebelum menggadai barang, Anda tentu perlu mengetahui syarat yang diberlakukan oleh Pegadaian. Tidak begitu rumit dan cenderung sangat mudah, Anda hanya perlu membawa fotocopy KTP dan laptop atau barang yang ingin digadai. Anda juga harus melakukan pengisian formulir di Pegadaian sebagai syarat tambahan.

Ada catatan penting bagi penggadai, pastikan laptop yang akan digadaikan masih bagus dan performanya baik. Sebaiknya Anda juga membawa laptop lengkap dengan tasnya yang berisi perlengkapan seperti charger dan kwitansi pembelian barang. Kwitansi ini sangat menentukan taksiran harga gadai yang diberikan oleh pihak Pegadaian. Tanpanya, pihak Pegadaian akan cukup kesulitan menentukan harga.

Belum lagi jika laptop Anda adalah keluaran lama, maka akan semakin menyulitkan pihak Pegadaian. Artinya, jika laptop yang akan digadaikan adalah keluaran terbaru maksimal 3 tahun terakhir, maka harga gadai yang diberikan Pegadaian bisa lebih tinggi

Tahap 2: Menyiapkan Dokumen

Tahapan selanjutnya adalah menyiapkan dokumen yang diperlukan seperti pada syarat dan ketentuan. Tidaklah sulit untuk menyiapkan dokumen ini karena Anda hanya perlu fotocopy KTP atau SIM dan formulir yang bisa didapatkan ketika melakukan pengajuan di Pegadaian.

Persyaratan seputar dokumen ini secara umum berlaku di Pegadaian di Indonesia. Syarat yang tersirat adalah peminjam harus berada di usia legal yaitu 18 tahun. Ini memberikan pembuktian bahwa yang melakukan peminjaman bukan anak-anak usia belia.

Tahap 3: Membawa Laptop dan Komponennya

Beberapa Pegadaian bahkan memberlakukan peraturan ketat mengenai kelengkapan barang yang akan digadai. Kendati kwitansi masuk dalam komponen wajib selain laptop dan charger, pihak yang akan menggadai harus memenuhinya.

Namun jika tidak memilikinya, Anda masih bisa melakukan gadai laptop di Pegadaian. Berikut beberapa cara gadai laptop di Pegadaian tanpa kwitansi sebagai alternatif.

  • Datanglah ke gerai tempat Anda membeli laptop sebelumnya dan minta kwitansi baru.
  • Selanjutnya, datangi kantor Pegadaian terdekat dan sampaikan tujuan Anda.
  • Isi formulir, sertakan KTP beserta laptop dan proses selesai.

Sebenarnya cara gadai laptop di Pegadaian tanpa kwitansi serupa dengan prosedur untuk barang lain. Pada beberapa Pegadaian, Anda tetap bisa melakukan gadai tanpa kwitansi dengan risiko harga barang yang rendah. Sedangkan beberapa Pegadaian lainnya tidak akan memproses pengajuan tanpa kwitansi.

Apakah Bisa Menggadaikan Laptop di Pegadaian Tanpa Kwitansi?

Jika Anda tidak memiliki kwitansi pembelian barang namun ingin menggadaikan, tentu bukan hal yang mustahil. Jika Anda kehilangan kwitansi pembelian, sebaiknya meminta kwitansi baru ke gerai tempat membeli laptop. Ini menjadi persyaratan wajib bagi sebagian besar Pegadaian di Indonesia. Ini juga sangat menentukan harga gadai barang yang digadaikan.

 

Leave a Comment