Cara Masuk Ke Bios Laptop Acer Dengan Mudah Tanpa Pusing

Apakah Anda pernah mendengar tentang istilah bios dalam sistem laptop? Ya, terkadang, ada kalanya jika Anda harus memasuki bios pada laptop yang digunakan untuk melakukan konfigurasi pada hardware atau sistem, melakukan pembaruan pada bios ataupun melakukan pembersihan dari bug yang membuat laptop cenderung lambat.

Karena merupakan bahasa sistem, bisa jadi pengguna awam cenderung kebingungan ketika harus memasuki bios untuk melakukan penyesuaian atau perbaikan pada sistem. Terlebih, setiap merek laptop umumnya memiliki cara yang berbeda untuk memasuki bios.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang cara masuk ke bios laptop Acer dengan mudah tanpa membuat Anda merasa repot. Tentu, mengetahui cara ini cukup penting agar nantinya Anda bisa menjaga performa laptop dengan baik sesuai keinginan.

Daftar isi

Apa Itu Bios?

Sebelum membahas tentang cara untuk masuk bios menggunakan laptop Acer, tentu Anda perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan bios. Hal ini cukup krusial untuk memberikan gambaran pada Anda mengenai istilah tersebut.

Sekilas, bios adalah singkatan dari basic input output system. Bisa dikatakan bahwa bios adalah sebuah firmware yang disimpan dalam bentuk chip pada sebuah motherboard di laptop.

Secara fungsi, bios berguna untuk mengatur booting system dan juga mengatur fungsi dasar dari hardware yang digunakan pada laptop. Selain itu, bios juga memiliki kegunaan yang sangat penting untuk melakukan identifikasi pada setiap komponen perangkat terutama ketika proses booting.

Bisa dikatakan bahwa bios memiliki fungsi yang cukup krusial dan penting, terutama dalam sistem. Hanya saja, cukup banyak pengguna laptop yang kurang familiar dengan istilah ini dan tidak mengetahuinya. Hal ini dikarenakan tidak cukup banyak pengguna yang mengoperasikan bios, kecuali ketika laptop yang mereka gunakan bermasalah.

Fungsi Bios pada Sistem Laptop

fungsi bios pada sistem laptop

Bios tersimpan di dalam RAM atau Random Access Memory pada unit laptop dan di Complementary Metal Oxide Semiconductor atau CMOS yang ada di dalam motherboard. Apabila pengguna menyalakan device -dalam hal ini laptop Acer, maka bios akan berjalan melalui proses Power-On Self-Test atau POST, dan akan menentukan apakah unit laptop tersebut sudah beroperasi dengan benar atau belum.

BACA JUGA  Cara Mengetik Simbol di Laptop dengan Mudah

Untuk tambahan gambaran, ada beberapa fungsi penting dari bios yang sebaiknya Anda ketahui. Berikut ini beberapa fungsi dari bios pada sistem laptop:

  • Memberikan informasi dasar sistem komputer

Salah satu fungsi penting dari bios adalah untuk memberikan informasi dasar mengenai sistem komputer kepada pengguna. Dengan menggunakan bios, maka pengguna bisa melihat detail spesifikasi device yang mereka gunakan. Tidak hanya itu, informasi tentang tahapan interaksi hardware pun juga akan disajikan.

  • Mengatur konfigurasi dasar sistem komputer

Selain memberikan informasi dasar tentang sistem komputer, bios juga sangat penting untuk mengatur konfigurasi dasar sistem komputer. Beberapa hal seperti mengaktifkan atau menonaktifkan perangkat yang terpasang pada komputer sesuai kebutuhan bisa dilakukan melalui bios.

Juga, terkait konfigurasi, bios berguna untuk mengatur waktu dan tanggal. Pun demikian juga mengatur proses booting laptop yang digunakan.

  • Menjalankan perintah Power On Self-Test

Fungsi lain dari bios adalah menjalankan perintah Power On Self-Test atau POST. Perintah ini digunakan dengan tujuan membantu pengguna untuk mengetahui tingkat compatibility dari sistem operasi yang nantinya akan digunakan untuk menjalankan laptop.

  • Memuat dan menjalankan sistem operasi

Ketika laptop dinyalakan, maka program pertama yang akan berjalan adalah bios. Setelah berjalan, bios nantinya akan mengecek kesiapan dari sistem operasi yang tersimpan. Dengan demikian, sistem tersimpan akan dimuat dan selanjutnya akan dijalankan.

BACA JUGA  Inilah Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi di Laptop, Dijamin Mudah dan Praktis

Beberapa hal di atas adalah fungsi bios secara umum. Sebagai tambahan, bios juga memiliki peran penting untuk mengatur sistem operasi serta aplikasi yang digunakan dan diinstal di dalam unit laptop.

Cara Masuk Ke Bios Laptop Acer

ini cara masuk sistem bios laptop acer

Setelah mengetahui beberapa hal penting terkait bios, tentu kini Anda sudah memiliki gambaran bagaimana peran dari sistem ini.

Nah, untuk Anda pengguna laptop Acer dan ingin masuk ke sistem bios, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan sebelumnya, yakni sebagai berikut:

  • Tekan power ON untuk menyalakan laptop Acer yang Anda gunakan
  • Setelah itu, tekan tombol F2 dengan cepat ketika laptop menyala beberapa kali
  • Tampilan layar laptop Acer Anda akan langsung beralih ke tampilan bios

Dengan mengikuti cara di atas, Anda sudah bisa masuk ke sistem bios laptop Acer. Tentu saja, dari langkah di atas, Anda bisa melihat bahwa cara masuk sistem bios Acer sangat mudah.

BACA JUGA  Arti Startup Repair dan Ini Penyebabnya!

Hanya saja, cara di atas cenderung agak susah jika digunakan pada laptop Acer yang menggunakan sistem Windows 10. Alasannya yaitu karena adanya fitur startup sehingga Anda perlu menekan tombol F2 secara cepat sebelum muncul logo Windows.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara lain yang bisa dilakukan. Adapun cara untuk masuk bios laptop Acer menggunakan Windows 10 adalah sebagai berikut:

  • Pilih menu start dan kemudian buka setting
  • Pilih opsi update & security
  • Jika sudah, akan muncul menu opsi yang tersedia
  • Pilih opsi troubleshoot
  • Kemudian, pilih advanced options dan kemudian klik UEFI firmware settings
  • Pilih restart
  • Selesai dan tampilan bios akan muncul di layar laptop Acer Anda

Berbekal cara di atas, Anda bisa masuk ke sistem bios laptop Acer dengan mudah. Setelah berada di dalam sistem bios, Anda bisa melakukan beberapa tindakan yang diperlukan, termasuk setting booting.

Cara Setting Booting Bios Acer

cara setting booting bios acer

Untuk mengatur setting booting laptop Acer, ada beberapa langkah mudah yang perlu Anda lakukan, yaitu:

  • Pastikan Anda sudah berada di sistem bios menggunakan cara yang sudah dibahas sebelumnya
  • Jika sudah, masuk ke boot menu
  • Lakukan cek pada boot options dan pilih boot option #1
  • Pindah dengan menaikkan boot priority flash disk atau DVD yang akan digunakan untuk booting
  • Selanjutnya, masuk ke bagian tab menu save & exit
  • Pilih opsi save & exit setup lalu pilih yes
  • Setelah itu, laptop akan melakukan restart dan langsung booting ke flash disk atau DVD instalasi yang Anda gunakan tadi
BACA JUGA  Ini Cara Cek Hardisk Laptop dengan Mudah

Apakah bios terdiri dari beberapa jenis?

Ya, ada beberapa jenis bios yang bisa ditemukan pada sistem laptop. Beberapa diantaranya adalah IBM Bios, Phoenix Bios, Award Bios, dan juga AMI Bios.

Apakah cara masuk bios Acer bisa digunakan pada seluruh produk laptop Acer?

Secara umum bisa. Perbedaan seri laptop Acer tidak berpengaruh pada cara yang digunakan. Hanya saja, perbedaan OS yang digunakan mungkin akan berpengaruh. Oleh karenanya, Anda perlu mencari informasi lebih detail mengenai hal ini. Terlepas jika manajemen Acer melakukan pembaruan pada tombol perintah yang digunakan.

Leave a Comment